Halo, Takaiters!

Berumah tangga berarti menempuh kehidupan baru dan tak lagi bergantung pada orang tua, termasuk bertempat tinggal. Sudah selayaknya pasangan suami istri memiliki rumah mereka sendiri walau dengan mengontrak terlebih dahulu.

Namun,  ada beberapa keadaan yang mengharuskan suami istri tersebut masih serumah dengan orang tua. Untuk para menantu laki-laki selama ia bekerja, sepertinya tidak terlalu banyak masalah yang timbul ketika ia harus menumpang di rumah mertua. Permasalahan yang sering terjadi adalah ketika menantu perempuan yang harus tinggal di rumah orang tua suaminya.

Ini adalah beberapa hal yang harus menantu perempuan siapkan ketika menumpang di rumah mertua.

1. Siapkan Bekal Agama

Foto: pexels.com

Ya, pengetahuan agama bisa menjadi dasar para menantu perempuan dalam menyikapi sikap mertua yang mungkin tidak sejalan. Belajar membekali diri dengan ilmu agama, bisa membantu mengontrol emosi. Insya Allah.

2. Belajar Adaptasi

Foto: stock.adobe.com

Tentu semua manusia ingin memiliki kehidupan yang damai. Namun, serumah dengan mertua bisa menjadi salah satu pemantik perselisihan. Oleh sebab itu, sedari awal semampunya para menantu belajar beradaptasi dengan keadaan dan orang-orang yang baru.

Pasti akan ada satu dua hal di mana kamu dihadapkan dengan perbedaan pendapat, salah paham, dan lain-lainl. Tanamkan dalam diri bahwa mertua adalah orang tua kamu juga. Beliau yang telah melahirkan, membesarkan, dan mendidik suami kamu.

3. Siapkan Mental

Foto: th.nctodo.com

Mental pun tak kalah pentingnya untuk dipersiapkan. Terlebih jika ternyata sifat mertua yang tidak sesuai dengan harapan kamu. Pasti ada. Sebagai menantu perempuan, kamu harus mempunyai mental baja ketika berhadapan dengan ibu mertua yang jika bicara kadang menusuk telinga dan hati. Yaitu mental untuk tidak melawan, karena bagaimanapun beliau adalah orang tua kamu juga.

4. Siapkan Hati

Foto: unsplash.com

Jagalah hati, jangan kau kotori. Jagalah hati, lentera hidup ini. Benar sekali ucap Aa Gym dalam lagunya. Tidak semua orang berlaku seperti apa yang kamu mau. Beda kepala, beda pula isinya. Menghadapi mertua yang kasar, cerewet, dan selalu berkomentar memang membuat para menantu perempuan tidak betah serumah dengan beliau. Siapkan hati yang bersih dan luas untuk mengendalikan perasaan sedih atau marah.

5. Siapkan Budget Lebih

Foto: pexels.com

Ya, budget di sini untuk menyenangkan hati mereka dengan membelikan sesuatu yang membuat mereka bahagia sehingga lambat laun mereka lebih menghargai kamu.
Budget di sini bisa juga untuk menyewa asisten rumah tangga. Jangan sampai mereka repot mengurus anak-anak, karena kesibukan ayah ibunya bekerja, dan lain-lain.

Yup, itu tadi 5 hal yang harus disiapkan para menantu perempuan jika harus serumah dengan mertua versi Takaitu. Semoga bermanfaat, ya, Guys!