Hola Takaiters! Matrilineal adalah adat masyarakat yang mengatur alur keturunan berasal dari pihak ibu. Di Indonesia, Suku Minangkabau terkenal menganut adat ini. Sementara kebanyakan tradisi di dunia, menjalankan sistem patrilineal dimana laki-laki memainkan peran dominan dalam berbagai aspek kehidupan.

Tapi, ternyata suku Minang tidak sendirian. Beberapa suku di berbagai belahan dunia ini ternyata juga menjalani pola matrilineal dimana ciri khasnya : harta pusaka diwariskan pada anak perempuan, anak-anak menggunakan nama suku ibunya dan suami dianggap anggota baru/tamu di keluarga istrinya.

Suku Khasi – India

suku matrilineal di dunia
Foto : analisadaily.com

Tidak seperti yang sering kita tonton dalam film-film India di televisi, dimana budaya patrilinealnya sangat mengemuka, suku Khasi yang terletak di propinsi Maghalaya, India ini, menganut garis keturunan ibu. Ada beberapa klan (suku) yang akan diwariskan pada anak-anak perempuan. Demikian juga kepemilikan harta warisan.

Suku Mosuo – Cina

suku matrilineal di dunia
Foto: garudacitizen.com

Terletak di provinsi Yunnan dan Sichuan di China, suku Mosuo beranggapan bahwa inti kemanusiaan terletak pada cinta seorang ibu. Sehingga anak-anak, warisan dan kekerabatan akan diturunkan melalui garis keturunan keluarga ibu.

Pilihan Editor

Suku Amis – Taiwan

suku matrilineal di dunia
Foto : immigration.gov.tw

Mendiami daerah Chenggong dan Taitung Plain di Taiwan. Berpegang pada adat dimana harta pusaka diwariskan pada putri sulung sebuah keluarga. Perempuan akan memiliki kekayaan sementara laki-laki berpartisipasi dalam membela negara seperti tercantum pada undang-undang suku yang berlaku.

Suku Lao – Thailand

suku matrilineal di dunia
Foto : hdspicture

Suku yang tinggal di wilayah timur laut Thailand ini juga menganut kekerabatan matrilineal. Putri bungsu sebuah keluarga akan mewarisi harta pusaka. Para pria setelah menikah juga akan pindah ke keluarga istrinya sebagai anggota baru keluarga.

Suku Ovambo – Namibia

suku matrilineal di dunia
Foto : wikimedia

Merupakan suku terbesar di Namibia. Sistem keturunan suku ini berbeda dengan suku negara Afrika yang umumnya menjalankan pola kekerabatan patrilineal. Suku Ovambo memiliki keturunan matrilineal yang mana akan mewariskan harta dan kekuasaan pada anak-anak perempuan.

Suku Bijagos – Guinea Bissau

suku matrilineal di dunia
Foto : pinterest

Mendiami negara Guinea Bissau yang terletak di Afrika Barat, suku Bijagos menganut sistem kekerabatan matrilineal. Perempuan suku ini berhak memilih suami dan menyudahi pernikahan yang tak diinginkan lagi. Perempuan juga dominan dalam mengelola harta pusaka dan rumah tangga, meski pada aspek sosial, politik dan hukum tetap didominasi laki-laki.

Suku Garo – India

suku matrilineal di dunia
Foto : wikimedia

Mendiami kawasan timur laut India, suku Garo mempunyai pola kekerabatan matrilineal. Putri bungsu sebuah keluarga akan mewarisi harta pusaka dari ibunya. Nama klan (suku) juga diwariskan dari pihak ibu. Sementara laki-laki yang akan mengelola dan mengatur urusan masyarakatnya.

Nah, itulah beberapa suku yang menganut sisitem kekerabatan matrilineal sama seperti suku Minang. Hanya sayangnya keberlangsungan pola kekerabatan ini semakin tergerus oleh budaya modern yang menjadikan beberapa suku tak sepenuhnya menerapkan lagi saat ini.