Hallo, Takaiters!

Nama Baiq Nuril tiba-tiba ramai jadi perbincangan banyak orang dalam seminggu ini. Pasalnya, dia dijatuhi hukuman oleh MK 6 bulan penjara dan denda sebesar 500 juta rupiah. Kasus ini berawal dari rekaman percakapan telepon antara Baiq Nuril dengan atasannya Berinisial M yang tersebar.

M yang tak terima pembicaraan pribadinya menjadi konsumsi publik melaporkan Baiq Nuril Maknun ke polisi. Akhirnya Baiq Nuril dinyatakan bersalah oleh Mahkamah Agung dengan tuduhan telah menyebarkan rekaman bermuatan kesusilaan.

Tapi sampai sekarang kasus ini masih bergulir,Guys, karena Baiq Nuril merasa dirinya adalah korban. Baiq Nuril mengatakan dia hanya merekam pembicaraan itu dan tidak pernah menyebarkannya untuk menjadi konsumsi publik.

Nah, Selain Baiq Nuril ternyata UU ITE juga pernah menjerat Ibu Rumah Tangga, artis hingga pengacara terkenal, Guys. Siapa sajakah mereka? Kita simak, yuk!

1.Prita Mulyasari

Foto: defamationkelompok1.blogspot.com

Tahun 2008 seorang Ibu rumah tangga bernama Prita Mulyasari yang berasal dari Tangerang, dipolisikan oleh rumah sakit Omni Internasiol, karena Prita dianggap telah mencemarkan nama baik rumah sakit Omni Internasional. Kasus ini berawal saat Prita menuliskan keluh kesahnya pada rubrik surat pembaca di sebuah media.

Prita di denda sebesar 204 juta rupiah. Kasus Prita saat itu juga menyita perhatian warganet yang kemudian menggagas gerakan koin untuk Prita.Kasus ini berakhir dengan kemenangan untuk Prita saat pengadilan menyatakan Prita tidak bersalah dan dibebaskan dari segala tuntutan.

2. Ariel Noah

Foto: kapanlagi.com

Ariel Noah harus merasakan dinginnya penjara juga kerena terjerat UU ITE, kasus ini terjadi tahun 2010, bermula saat video yang merupakan koleksi pribadinya tersebar di dunia maya. Ariel dianggap bersalah telah dengan sengaja membuat konten bermuatan kesusilaan.

3. Farhat Abbas

Foto: suara.com

Pengacara kondang Farhat Abbas juga pernah berurusan dengan hukum karena cuitannya di media sosial yang dianggap bermuatan SARA. Tahun 2013 Farhat Abbas harus berhadapan dengan Ahok di pengadilan.

Sebenarnya UU ITE di buat untuk melindungi hak setiap warga negara. Jangan sembarangan saat memposting dan menyebarkan berita di media sosial, kita juga patut berhati-hati saat memberikan komentar. So, bijaklah dalam bersosial media karena kebebasan kita berbatasan dengan kebebasan orang lain.