Batuk sangat mengganggu baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Tidur jadi tidak nyenyak dan makan pun tidak enak. Sebenarnya untuk mengobati sakit batuk itu sangat mudah karena Takaiters bisa mengolah ramuan obat tradisional yang sangat melimpah. Berikut ini adalah obat batuk herbal yang terbukti sangat manjur dan sudah dipercaya secara turun-temurun di Indonesia.

Sebelum membahas lebih jauh alangkah baiknya jika Takaiter mengetahui tentang penyakit batuk terlebih dahulu.


1. Tidak pandang musim, batuk bisa menyerang kapan saja

kencur obat batuk herbal alami ampuh
Foto : getty images

Batuk memang tidak pandang bulu karena bisa menyerang siapa saja. Selain itu, batuk tidak pandang waktu karena bisa menyerang pada musim kemarau atau musim hujan. Tapi biasanya batuk banyak menyerang pada musim pancaroba. Penyebab batuk lainnya bisa karena virus, tertular dengan penderita batuk, atau dari makanan dan minuman yang tidak sehat.

Batuk juga ternyata memiliki beberapa pantangan, yaitu makanan atau minuman yang berminyak, pedas, dan manis. Makanan atau minuman yang bersifat manis disini, yaitu yang mengandung gula pasir dan pemanis buatan. Sedangkan makanan atau minuman yang bersifat manis alami tidak apa-apa, seperti yang mengandung gula aren asli atau madu asli.

Jika pantangan tersebut dilanggar, maka akan memperparah batuk. Sehingga batuk sulit sembuh. Memang harus patuh untuk tidak melanggar pantangan ya, Takaiters!

2. Jika mengalami batuk yang nggak kunjung sembuh lebih dari 2 minggu, segeralah kamu menanganinya

kencur obat batuk herbal alami ampuh
Foto : getty images

Takaiters, bila batuk menyerang harus segera diobati. Jangan biarkan sakit ini lebih dari 2 minggu, apa lagi sampai 1 bulan. Seandainya lebih dari rentang waktu itu, Takaiters harus segera memeriksanya ke dokter. Karena khawatir menyerang paru-paru seperti bronkhitis, asma, TBC, dan lain-lain. Apa lagi jika yang batuk itu anak-anak, maka harus segera diperiksa, karena akan mempengaruhi pertumbuhannya.

Pilihan Editor



3. Kencur, obat batuk herbal paling ampuh dibandingkan obat-obatan modern lainnya

Foto : 1.blogspot.com

Disisi lain, daripada mengkonsumsi obat modern berbahan kimia, alangkah baiknya kita mencoba obat herbal terlebih dahulu ya guys. Obat herbal untuk menangani batuk itu biasanya adalah kencur (Kaempferia galanga L).

Kencur yang digunakan disesuaikan dengan besar jempol pasien. Artinya jika yang batuk itu orang dewasa maka kencur sebesar jempol orang dewasa. Bila yang batuk itu anak-anak, maka kencur sebesar jempol anak-anak.

Caranya yaitu, cuci bersih kencur tersebut. Lalu geprek sampai halus. Beri air 2 sendok makan. Saring airnya lalu beri gula aren asli. Bila tidak ada, boleh diganti dengan madu. Tujuannya yaitu agar rasanya lebih enak. Setelah sarinya mengendap lalu minum ramuan tersebut.

Kencur mengandung expektoran yang khasiat untuk mengencerkan dahak, meredakan batuk dan menghangatkan badan. Oleh karena itu, kencur dipercaya secara turun temurun sebagai obat tradisional untuk mengobati batuk di Indonesia.


Mudahkan Takaiters? Monggo dicoba ramuan alaminya bila terserang batuk. Insyaallah sembuh.