Hai, Takaiters!

Rapublik Ngapak adalah sebutan untuk kota-kota yang berada di wilayah Jawa ujung kulon. Bahasa yang Ngapak membuat wilayah ini terkenal dengan sebutan Ngapakers. Wilayah itu antara lain, Banyumas, Banjarnegara, Kebumen, Cilacap dan Purbalingga.

Nah Takaiters, berikut 5 destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi di Republik Ngapak.

1. Baturaden

Foto: ikaputri96.worpress.com

Kawasan wisata yang terletak di kabupaten Banyumas ini memberikan suasana yang sejuk dan alami. Di sini ada kebun bunga, adventure park, hutan wisata dan pancuran air hangat belerang.

Kawasan ini cukup luas dan selalu ramai dikunjungi wisatawan saat liburan baik dari dalam maupun luar daerah dan luar negeri. Sekitar area Baturaden juga banyak toko oleh-oleh dan cinderamata yang bisa dijadikan buah tangan untuk keluarga.

2. Pantai Pasir Putih Nusakambangan

Foto: flickr.com

Nusakambangan terkenal dengan penjara untuk penjahat kategori berat. Hampir semua orang tahu akan keseraman dari pulau ini. Namun, di balik keseramannya pulau ini menyimpan keindahan.

Pasir putih di pantai Nusakambangan sangat indah dipandang. Selain itu, ada gundukan batu karang dengan pedang terbalik semakin menambah keanggunan dan keindahan pantainya. Lokasi pantai ini berada di kota Cilacap. Perjalanan dari pusat kota memakan waktu kurang lebih satu jam untuk mencapai lokasi pulau Nusakambangan.

3. Owabong

Foto: tripsjalan-jalan.com

Obyek wisata wahana air yang berada di desa Bojongsari Purbalingga ini cukup ramai saat liburan. Berbagai suguhan wahana air berada di kawasan ini. Jarak dari pusat kota hanya memakan waktu 10 menit.

Di Owabong terdapat kolam renang dengan arus dan ombak layaknya di pantai, ada juga flying fox, bola air, ember tumpah, dan lain sebagainya. Airnya sejuk karena berasal dari mata air lokal yang melimpah.

4. Kawasan Wisata Dieng

Foto: travelboy.wordpress.com

Kawasan ini terletak di perbatasan kota Banjarnegara dan Wonosobo. Kawasan wisata Dieng terdapat banyak candi kecil dan danau 7 warna yang semakin menambah keindahan kawasan tersebut. Saat bulan Agustus biasanya ada peristiwa pencukuran rambut gimbal. Acara ini menjadi acara yang ditunggu oleh wisatawan terutama wisatawan mancanegara. Keunikan acara ditunggu oleh banyak orang.

5. Pantai Menganti

Foto: zonakebumen.blogspot.com

Pantai yang terletak di wilayah kabupaten Kebumen ini selalu menjadi idola saat liburan tiba. Keindahan pantai dengan pinggiran perbukitan semakin membuat mata merasa takjub karenanya. Walaupun lokasi yang cukup jauh dari ibukota kabupaten tak menyurutkan langkah wisatawan untuk menuju ke lokasi. Semua lelah dan kebosanan dalam perjalanan akan terbayar dengan keindahan pantai yang ada di depan mata.

Nah, Takaiters, itulah 5 destinasi wisata di republik ngapak yang bisa kamu kunjungi saat liburan nanti. Semoga bermanfaat.