Halo Takaiters, semua tahu, ya, kalau sebagai manusia kita adalah makhluk sosial. Artinya kita tak dapat hidup tanpa bantuan orang lain. Dalam segala aspek kita saling membutuhkan.

Atas dasar inilah, sudah selayaknya kita saling tolong-menolong. Si kaya menolong si miskin. Yang berkelebihan materi manyantuni yang kekurangan. Efeknya,  baik si pemberi, maupun si penerima akan merasakan kebahagiaan. Si pemberi merasa bahagia bahkan bertambah berkah karena kebaikannya. Sebaliknya, si penerima juga ikut bahagia karena mendapat pertolongan.

Umat muslim mengenal konsep ini dengan sedekah. Dilansir dari wikipedia, sedekah adalah pemberian seorang muslim kepada orang lain secara sukarela dan ikhlas tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu.

Definisi di atas jelas menyiratkan bahwa sedekah tak harus berupa materi. Perbuatan baik kita kepada orang lain juga termasuk sedekah. Bahkan dalam sebuah hadits digambarkan bahwa memberikan senyuman kepada saudaramu adalah sedekah.

Nah, Guys, di era millenium saat ini ada banyak cara dan inspirasi unik dalam bersedekah yang patut dicoba.  Yuk, simak ulasannya berikut!

 Menjadi Tenaga Sukarela di Yayasan Sosial

Hasil gambar untuk volunteer
Foto: pexels.com

Untuk kamu yang memiliki keahlian, seperti keterampilan membuat kerajinan tangan, kemampuan bahasa atau ketrampilan lainnya yang bermanfaat, kamu dapat menjadi sukarelawan di yayasan sosial. Kamu bisa mengajarkan ilmumu pada mereka.

Akan lebih lagi jika kamu mengajak teman atau kerabat yang memiliki empati, dan visi yang sama denganmu. Selain menambah sahabat baru, kegiatan ini juga baik untuk keberlangsungan ilmu yang kamu miliki.

Bukankah keberkahan itu akan didapat bila kita mampu membagi ilmu yang kita miliki? Percaya deh, jika niatmu tulus dan sungguh-sungguh semua kebaikan ini akan memberi kebahagiaan juga di hatimu.

2. Bersedekah di Tempat Kajian Ilmu

cara sedekah
Foto: twitter.com/Terry Perdanawati

Problematika hidup yang banyak terjadi menuntut kita untuk membekali diri dengan ilmu. Hal inilah yang melatarbelakangi maraknya kajian ilmu agama yang diselenggarakan secara gratis.

Nah, ini bisa jadi kesempatan baik buatmu untuk bersedekah, Guys!

Cobalah untuk menghubungi panitia penyelenggara agar kamu tahu berapa jumlah peserta yang hadir. Jadi kamu bisa memperkirakan berapa banyak minuman, dan makanan ringan yang harus kamu sediakan. Akan lebih baik lagi bila jumlah yang kamu berikan lebih. Karena, mungkin saja jumlah yang datang melebihi dari perkiraan panitia.

3. Memberi Tip pada Sopir Layanan Transportasi Online

Gambar terkait
Foto: grab.com

Pesatnya perkembangan teknologi saat ini selalu memberi kesempatan baru. Salah satunya pada layanan transportasi online. Buat kamu pengguna layanan ini, baik sekali memanfaatkannya untuk berbagi. Misal, saat kamu memberi uang Rp20,000,00 sedang jumlah yang harus kamu bayar hanya Rp18,000,00 biasakanlah untuk tak menerima kembaliannya.

Atau, kalau kamu memakai fasilitas pembayaran elektronik, kamu bisa secara khusus memberikan uang tip. Bisa pilih sesuai dengan keikhlasanmu, mulai dari Rp2,000,00 sampai jumlah tertinggi.

Kemudian, bagi yang menggunakan jasa antar makanan seperti go food atau grab food, kamu bisa juga memberi secara gratis apa yang kamu pesan untuk si sopir. Bisa dibayangkan, ya, senyum kebahagiaan di wajah si pengemudi saat itu.

4. Berbagi Makanan di Kantor

Hasil gambar untuk eat office
Foto: pexels.com

Kebersamaan itu indah, Guys! Apalagi momen itu dirayakan bersama sahabat di kantor setelah libur lebaran. Suasana kehangatan pasca lebaran pasti masih terasa di hari pertama bekerja. Momen ini bisa banget kamu manfaatkan untuk semakin mempererat hubungan kekeluargaan. Kamu bisa berbagi kue, makanan ringan, dan minuman pasca lebaran ke kantor.

Bukankah suasana bercanda, ngobrol bersama teman sekantor akan bertambah dekat dengan cemilan? Indah sekali, ya.

5. Memberi Makanan di Etalase Masjid

Hasil gambar untuk eat mosque
Foto: vox.com

Etalase berbagi sekarang sangat booming. Tak heran, ini membuka kesempatan siapa saja untuk berbagi. Kamu bisa turut ambil bagian, Guys. Banyak pilihan makanan dan minuman yang bisa disumbangkan. Mulai dari aqua, makanan ringan hingga berat.

Biasanya etalase yang berada di mesjid  ini dibuka pada hari jumat, Guys! Jadi bagus sekali kan sedekah di hari jumat. Bukankah salah satu sunnah di hari jumat adalah sedekah?

Yuk, Takaiters, bersegera meraih kebaikan melalui sedekah!