Halo, Takaiters!

Sebentar lagi Bangsa Indonesia akan merayakan hari kemerdekaan yang ke-73. Suasana meriah sudah terasa mulai tanggal 1 Agustus. Tanggal 17 Agustus adalah hari yang sangat sakral bagi bangsa Indonesia. Semua warga bersuka cita untuk menyambutnya. Bendera merah putih berkibar di sepanjang jalan, berbagai hiasan terlihat meriah, kreativitas tiap kampung diperlihatkan. Betapa semarak dan antusiasnya semua rakyat Indonesia.

Abad 21 adalah era generasi milenial. Tentunya kamu adalah salah satu dari generasi milenial tersebut, terdiri dari barisan para pemuda yang kritis, terbuka, dan berpendidikan tinggi.  Kecanggihan informasi  dan teknologi ikut mengimbangi kehadiran generasi milenial. Dunia bagaikan dalam genggaman, berbagai kemudahan fasilitas dapat digunakan untuk menunjang sebuah pekerjaan.

Guys, saat ini kita tidak berperang menggunakan bambu runcing ataupun senjata lainnya. Tetapi kini berperang menggunakan kecanggihan teknologi, berperang dengan menggunakan jari-jari di atas keyboard gedget ataupun laptop. Sebagai generasi milineal, ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk mengisi kemerdekaan ini. Kita simak, yuk!

1. Bijak Menggunakan Media Sosial

Foto: pexels.com

Arus globalisasi tidak bisa kita bendung, semua dapat diakses dengan mudah. Tinggal klik, maka akan muncul berbagai informasi dari seluruh penjuru dunia. Tidak semua yang di akses mendatangkan manfaat, kamu harus pandai memilah dan memilih mana yang layak untuk  di akses dan mana yang tidak layak.

2. Hoax

Foto: news.detik.com

Guys, akhir-akhir ini pasti kamu sering mendengar tentang berita-berita yang berseliweran di setiap media, baik cetak maupun elektronik. Dengan kecanggihan teknologi sekarang ini, tinggal klik maka semua berita akan tersebar.

Nah, Guys. Tugas kita adalah menelusuri dulu kebenaran berita tersebut, atau biasa dikenal istilah tabayyun. Sebelum benar-benar tahu berita tersebut valid atau tidak, maka jangan dulu disebarkan beritanya. Kalau belum tahu kebenaran suatu berita kemudian kita menyebarkannya, berarti ikut membodohi masyarakat.

3. Stop Ujaran Kebencian dan Provokasi

Foto: suarapemred.com

Jarimu Harimaumu, ungkapan tersebut sangat cocok. Banyak kasus yang berujung di pengadilan karena terkena kasus ujaran kebencian. Sebagai generasi milenial, kita harus lebih berhati-hati dalam memilih kalimat agar tidak menyakiti orang lain.

Tidak memprovokasi untuk berbuat anarkis, sehingga Indonesia aman tentram gemah ripah loh jinawi. Selalu menciptakan rasa aman, senantiasa menjadi contoh bagi generasi yang lainnya.

4. Kreativitas Tanpa Batas

Foto: pexels.com

Guys, sebagai generasi milenial tentunya dituntut untuk selalu berkreativitas agar bangsa Indonesia lebih maju dan kuat dari bangsa lain. Selalu memiliki inovasi demi kemajuan bangsa. Orang kreatif selalu bertindak di luar kebiasaan, tentunya untuk kemajuan bangsa dan negara.

5. Menjaga Persatuan dan Kesatuan

Foto: liputan6.com

NKRI Harga Mati! Guys, semboyan tersebut sangat cocok untuk kita para generasi milenial. Tugas utama adalah menjaga kesatuan negara Republik Indonesia. Kita harus selalu waspada dari orang yang merongrong kedaulatan Indonesia. Jangan mau di pecah belah, perkokoh persatuan, jangan berikan sejengkal pun bumi Indonesia di kuasai oleh penjajah.

Itulah cara mengisi kemerdekan bagi generasi milenial, Takaiters. Satukan langkah, samakan persepsi. Biarkan para Pahlawan tersenyum melihat generasi milenial  mengisi kemerdekaan Republik Indonesia dengan berbagai kreativitasnya. Selamat merayakan hari kemerdekaan Republik Indonesia. Merdeka!