Halo, Takaiters!

Ibadah haji merupakan kewajiban seorang muslim bagi yang sudah mampu. Mampu secara finansial maupun fisik. Ibadah haji memerlukan finansial yang tak sedikit, juga fisik yang harus kuat.

Bagi kamu yang berniat melaksanakan ibadah haji harus dipersiapkan finansial maupun fisiknya mulai sekarang. Tentunya setiap muslim pasti merindukan untuk pergi melaksanakan ibadah haji, berkumpul dengan seluruh muslim di dunia.

Jika suatu hari nanti kamu melaksanakan ibadah haji, tentunya kamu harus mengetahui 3 tempat yang wajib kamu kunjungi. Berikut adalah tempat yang wajib dikunjungi ketika melaksanakan ibadah haji.

1. Arafah

Foto: kabar.news

Arafah adalah padang pasir yang sangat luas, berada di sebelah Timur kota Makkah. Arafah tempat berkumpulnya semua jemaah haji dari seluruh penjuru dunia untuk melaksananakan wukuf. Inilah puncak dari ibadah haji.

Oh, ya, Guys. Wukuf di Padang Arafah merupakan momentum yang paling ditunggu oleh seluruh jemaah. Rasa sedih tak tertahankan karena Arafah merupakan gambaran Padang Mahsyar kelak.

Jabal Rahmah pun berada di Arafah, yaitu tempat bertemunya nenek moyang manusia Nabi Adam dan Siti Hawa di muka bumi.

2. Mina

Foto: yemen-now.com

Mina disebut juga kota Tenda, karena berisi tenda-tenda untuk menampung jutaan jemaah haji seluruh dunia. Mina berada di padang pasir terletak di sebelah timur kota Makkah.

Mina adalah tempat untuk melempar jamrah. Guys, melempar jamrah itu merupakan simbol perlawanan manusia kepada setan. Melempar jamrah ada tiga yaitu jamrah aqabah, wustha, dan ula.

Mina juga tempat untuk menyembelih hewan kurban. Di Mina jemaah wajib bermalam atau melaksanakan mabit.

3. Muzdalifah

    Foto: id.wikipedia.org

Guys, Muzdalifah adalah daerah terbuka, berada antara Makkah dan Madinah. Jemaah diperintahkan untuk singgah dan bermalam di Muzdalifah.

Jemaah haji yang telah melaksanakan wukuf di Arafah bergerak menuju Muzdalifah setelah terbenamnya matahari (waktu magrib). Bermalam di Muzdalifah hukumnya wajib.

Itulah tempat-tempat yang wajib kamu kunjungi ketika melaksanakan ibadah haji. Tempat tersebut merupakan tempat-tempat mustajab (dikabulkannya semua permintaan). Banyak di antara kita yang menitipkan doa ketika ada sanak saudara atau kerabat yang pergi untuk melaksanakan ibadah haji, karena tempat tersebut suci sehingga tidak ada penghalang untuk dikabulkannya permintaan (doa).

Semoga kamu yang belum bisa melaksanakan ibdah haji suatu saat nanti bisa melakasanakan rukun Islam yang ke-5 ini, dan bagi kamu yang kini sedang melaksanakan ibadah haji semoga menjadi Haji Mabrur. Aamiin.