Hola Takaiters,

Kamu tahu kan, arti penting bandara bagi sebuah negara atau wilayah? Sebagai pintu masuk, bandara layaknya etalase yang akan menampilkan wajah perekonomian dan peradaban negara atau wilayah tersebut. Karena itu, beberapa negara berlomba-lomba memajukan bandaranya agar dapat tercatat sebagai bandara terbaik di dunia.

Namun, kondisi wilayah kerap menjadikan sebuah negara memiliki bandara dengan ciri khas tersendiri. Tak urung, beberapa bandara itu pun tercatat sebagai bandara unik di dunia.

  1. Bandara Internasional Gibraltar, Inggris.

bandara yang unik di dunia
Foto: reddit.com

Kereta melintas di tengah jalan itu sudah biasa. Namun, tentu luar biasa jika yang melintas adalah pesawat terbang. Itulah yang terjadi di sebuah jalan raya yang menghubungkan Inggris dan Spanyol. Salah satu landasan Bandara Gibraltar melintas di jalan tersebut. Seperti halnya saat kereta akan lewat, jalan ditutup saat ada pesawat yang akan terbang atau mendarat.

  1. Bandara Princess Juliana, Saint Martin

bandara terbesar di dunia saat ini
Foto: adventuretravel.co.id

Bila kamu berwisata ke Pantai Maho di Kepulauan Karibia, jangan kaget jika ada pesawat yang melintas cukup dekat di atas kepala. Yapt, lokasi Bandara Princess Juliana berdekatan dengan Pantai Maho. Landasan pacu yang pendek membuat pesawat harus terbang rendah untuk mencapai landasan.

Meski terlihat berbahaya, dikabarkan ketinggian pesawat sudah diperhitungkan bagi keselamatan pengunjung pantai. Mereka juga terlihat senang dan justru menjadikannya latar belakang untuk berfoto.

  1. Bandara Barra, Skotlandia

bandara paling unik di dunia
Foto: adventuretravel.co.id

Umumnya, landasan pacu di bandara adalah landasan beraspal. Namun, tidak demikian dengan Bandara Barra, Skotlandia. Landasan pacu bandara ini adalah pantai berpasir. Bandara yang terletak di Pantai Traigh Mhor ini hanya bisa digunakan saat air laut sedang surut. Jika pasang, landasan akan tertutup oleh air laut.

  1. Sea Ice Runway, Antartika

bandara terbesar di dunia 2020
Foto: atlasobscura.com

Bandara ini berada dekat dengan Stasiun McMurdo, sebuah tempat penelitian Antartika milik Amerika Serikat. Sesuai dengan lokasinya, landasan bandara ini berupa lapisan es. Pilot harus memiliki keahlian untuk dapat mendaratkan pesawatnya di landasan yang licin dan memiliki kemungkinan retak. Satu hal yang tidak kalah unik adalah adanya penguin yang kerap mendatangi area runway ini, seolah menyambut orang-orang yang datang.

  1. Bandara Don Mueang, Thailand

Foto: travelmaker.id

Bandara yang dibuka resmi pada tahun 1914 ini, dulunya adalah Bandara Internasional kota Bangkok. Namun, sejak selesai direnovasi pada tahun 2007, bandara ini khusus untuk penerbangan domestik. Keunikan bandara ini adalah adanya lapangan golf di antara dua landasan pacu. Tidak ada pagar atau batas pemisah antara lapangan golf dan landasan. Pemain golf yang beraktivitas akan diatur oleh kode lampu.

  1. Bandara Courchevel, Pegunungan Alpen – Perancis

Foto: airport.id

Guys, pernahkah kamu menonton film “Tomorrow Never Dies”? Di salah satu adegannya, Pierce Brosnan pemeran James Bond, melakukan pendaratan pesawat di bandara ini. Bandara Courchevel terletak di atas Pegunungan Alpen, Perancis, tepatnya di wilayah Courchevel, sebuah area resor ski yang terkenal di Eropa.

Landasan pacu yang sangat pendek, curam, dan memiliki kemiringan sekitar 18,5 derajat, menjadikannya sebagai salah satu landasan paling berbahaya di dunia.

Buat kamu para traveller, kalau suatu saat kamu mengunjungi bandara unik di dunia ini, jangan lupa abadikan dalam foto, yaa, Takaiters! Hehe