Siapa tak kenal Samurai? Pasukan elit dari Jepang ini sangat termashyur dengan kemampuan bertarungnya yang mumpuni. Tak hanya di dalam negeri, pasukan samurai ini juga disegani lho di mancanegara.

Sebagai kelompok elit, Samurai tentu saja memiliki kode etik yang ketat. Takaiters tahu nggak, ternyata ada beberapa kode etik mereka yang layak untuk kita jadikan teladan loh. Nggak percaya? Nih buktinya:

1. Integritas

Seorang Samurai selalu menjaga integritasnya. Kata integritas di sini mengandung arti jujur dan utuh. Jadi, anggota samurai akan senantiasa menjaga keutuhan dari seluruh aspek kehidupannya, meliputi pikiran, sikap, perkataan dan perbuatan. Mereka juga wajib memahami nilai-nilai moral dan etika yang berlaku.

Pilihan Editor

2. Berani

Keberanian adalah karakter yang harus dimiliki seorang Samurai. Terlebih, mereka harus berani mempertahankan prinsip kebenaran yang diyakini, meski mendapat tekanan dan berbagai kesulitan. Mereka siap menerima segala risiko, termasuk mempertaruhkan nyawanya demi mempertahankan keyakinan.

Wah, hal ini sangat patut kita tiru ya, Guys, terutama untuk menghadapi tantangan hidup yang ada. Namun, tentu saja keberanian kita harus dilandasi dengan pemahaman dan keyakinan yang benar dong. Jangan membabi buta dalam meyakini segala sesuatu.

3. Hormat dan santun

Samurai memegang teguh etika sopan santun dan kehormatan. Hal ini ditunjukkan lewat sikap dan perilaku, cara duduk dan berbicara, menerima tamu, memperlakukan tamu serta orang yang lebih tua, bahkan benda dan juga senjata. Semua ada tatakramanya.

4. Jujur dan tulus

Bagi seorang Samurai, adalah hal wajib untuk bersikap jujur dan tulus baik dalam perkataan maupun perbuatan. Mereka harus menyampaikan informasi yang benar, sesuai kenyataan. Selain itu, mereka juga harus menjauhkan diri dari bergunjing atau menyampaikan hal-hal buruk tentang orang lain.

5. Murah hati

Meski Samurai sangat lihai dalam hal bela diri, namun mereka juga memiliki sisi feminin yang ditandai dengan kepedulian pada sesama, mau memaafkan dan kasih sayang.

6. Setia

Untuk yang satu ini, nggak perlu ditanyakan lagi, Guys. Samurai dikenal sangat loyal dan setia kepada pemimpin dan kelompoknya. Nggak ada tuh kamus berkhianat bagi mereka.

7. Harga diri

Seorang Samurai akan menjaga harga dirinya sampai mati. Itulah sebabnya mereka selalu berperilaku terhormat dalam masyarakat.

Wah, kalau ketujuh hal tersebut dapat diterapkan tentunya sangat bagus untuk masyarakat kita juga ya, Takaiters!