Hai, Guys!

Tidak terasa sebentar lagi musim liburan akan segera tiba, sudah punya tujuan wisata? Atau mungkin kamu bosan liburan ke pantai? Atau bosan bermalam di villa? Ingin mencoba wisata lain? Yuk, sekali-kali cobain tidur di alam terbuka, bermalam di tenda memakai sleeping bag?

Nah, berikut 7 camping ground yang bisa jadi pilihan kamu:

1. Grafika Cikole Camping

tempat camping palig enak tahun baru
Foto: 3teddies2bears.com

Disini juga disediakan sarana outbound, lho! Lengkap buat anak-anak, rombongan sekolah atau dewasa, tinggal pilih, kamu termasuk yang mana? Tempat ini berkapasitas untuk 1000 orang, pengelola juga menyewakan tenda jika kamu tidak membawanya.

Dengan membayar Rp. 400.000 kamu sudah bisa sewa tenda dengan kapasitas 4 orang plus kasur, 4 buah sleeping bag 4, dan satu ikat kayu bakar. Wisata ini terletak di jalan Tangkuban Perahu KM8, Desa Cikole Kec. Lembang Kab. Bandung, Barat Jawa Barat.

2. Mandalawangi Camping Ground

tempat camping keluarga
Foto: ulinulin.com

Berada di kawasan Wisata Cibodas, di kaki Gunung Pangrango, area camping ini dekat dengan pintu masuk Kebun Raya Cibodas. Kamu bisa menikmati wisata danau, jungle track dan air terjun Rawa Gede disini.

Terdapat patung Komodo dengan mulut terbuka di depan sebagai terowongan untuk masuk, sehingga tempat ini dikenal juga dengan nama Taman Komodo.

3. Situ Gunung

camping situ gunung
Foto: jejakpiknik.com

Yang unik dari Situ Gunung adalah jembatan gantung yang katanya terpanjang se-Asia Tenggara, dengan panjang 250 meter, lebar 2 meter, dan tinggi 150m, Wow! Terbayang betapa panjangnya kan, Guys?

Lokasinya di kaki Gunung Pangrango sekitar 1 jam dari Sukabumi, tepatnya Desa Suka Manis, Kec. Kadu Dampit. Buat Kamu yang senang dengan air terjun, di sini juga terdapat Curug Sawer, tapi siap-siap saja kaki pegal, Guys, karena jalannya menanjak terus.

4. Camping Gunung Pancar

camping keluarga di gunung
Foto: nizarnizar.com

Berikutnya adalah Gunung Pancar. Tempat ini terkenal dengan hutan pinusnya, pemandian air panas dan kawah merah. Jangan khawatir buat yang tidak bawa tenda, disana kamu bisa sewa dengan biaya Rp.250.000/tenda.

5. Curug Nangka

camping ground tahun baru
Foto: traveler.id

Area camping ini ada di Desa Sukajadi Kec. Taman Sari, Bogor, Jawa Barat. Untuk sampai kesana kamu harus melewati hutan dan perbukitan. Uniknya, wilayah camping dan jalan menuju area ini terpisah oleh sungai yang berada diantaranya. Ada 2 curug lain yang bisa jadi alternatif wisata disini yaitu Curug Kawung dan Curug Daun.

6. Kampung Awan Camping Ground

Camping Ground keluarga
Foto: kampoengawan.com

Area camping yang satu ini memiliki akses pemandangan ke tiga gunung yaitu, Gunung Gede, Gunung Pangrango dan Gunung Salak. Dijamin memanjakan mata siapapun yang melihatnya.

Terletak di wilayah Mega Mendung, sekitar 45 menit dari Tol Gadog. Kampung Awan memiliki fasilitas yang cukup lengkap dengan aula kapasitas 300 orang, toilet, dan jalur trekking. Sungguh sayang kalau dilewatkan, ya, Takaiters.

7. Cilember Camping Ground

tempat camping paling hits

Last but not least! Camping ground yang berdekatan dengan air terjun Cilember ini terbagi menjadi 3 area yakni, Area Camp Curug 7, Area Camp Lembah Pakis, dan Area Camp Curug 5 yang masing-masing menunjukkan jarak dekat atau jauhnya area camping dengan air terjun.

Fasilitas yang bisa dinikmati tentu saja air terjunnya. Hilang lenyap lelah dan letih bila sudah tiba di curug, melihat keindahan alam dan merasakan dinginnya cipratan air terjun Cilember.

Gimana Guys? Siap pergi tampil beda liburan akhir tahun ini? So, siapkan perbekalan yang cukup agar kamu bisa menikmati liburan di camping ground pilihan kamu!