Hai, Takaiters!

Masih ingat waktu Takaitu ajak kamu jalan-jalan ke D’Qiano Park di Dieng? D’ Qiano adalah salah satu waterboom dengan airnya yang hangat di tengah alam terbuka. Kali ini Takaitu akan ajak kamu ke sebuah pemandian di alam juga, namanya Kalianget Mangungan.

Sesuai namanya pemandian ini juga memiliki air yang hangat. Bedanya dengan D’Qiano pemandian Kalianget Mangunan masih sangat sederhana hanya berbentuk sebuah kolam dengan ukuran yang tidak terlalu luas. Penasaran mau kesana? Ikut, yuk?

Lokasi dan Tiket Masuk Kalianget Mangunan

Lokasi kalianget mangunan
Foto: agoezdwiargianto.blogspot.com

Kalianget mangunan terletak di jalan raya Kalibening-Gripit,Jogjogan kec. Kalibening kabupaten Banjarnegara. Jika dari pasar Kalibening pas di pertigaan kamu belok dan terus lurus ikuti jalan tersebut. Dan Kalianget Mangunan posisinya persis di tepi jalan raya.

Kamu bisa langsung memarkir kendaraan kamu tepat di depan area lokasi. Untuk tiket masuk cukup murah hanya Rp. 10.000 ,00/orang. Biaya parkir kendaraan roda empat Rp. 5.000,00 dan Rp. 2.000,00 untuk kendaraan roda dua. Jarak tempuh dari kota Banjarnegara kurang lebih 1,5 jam dengan akses jalannya yang sudah bagus.

Panggung Kayu

Pemandian kalianget mangunan
Foto: sikidang.com

Memasuki area dari pintu masuk maka akan terlihat susunan bangku dari pohon yang ditata rapi membentuk setengah lingkaran. Di depannya terdapat panggung dari papan yang berbentuk setengah lingkaran.

Dari sini kamu bisa melihat hamparan pemandangan menghijau dan sungai di kejauhan. Juga terlihat pemandian atau kolam renang yang sangat sederhana. Dari panggung mini ini kamu bisa mengambil foto yang sangat cantik dengan alam sebagai backgroundnya.

Sedangkan bangku-bangku dari pohon tersebut bisa dijadikan untuk tempat istirahat ataupun spot selfi yang keren. Pada malam hari di panggung ini di gelar live music dengan alunan musik yang lembut dan cahaya lampu thumbler berwarna white warm yang akan membuat suasana menjadi sangat romantis. Apalagi bagi pengunjung yang datang berpasangan.

Gazebo / Pondok Kayu

Lokasi dan tiket masuk kalianget mangunan
Foto: koleksi pribadi

Menelusuri jalan setapak menuju pemandian atau kolam renang, kamu akan melewati deretan gazebo dengan tatanan yang cantik. Gazebo-gazebo tersebut dibuat dengan bahan utama kayu.

Ukurannya lumayan luas jadi bisa digunakan sebagai tempat istirahat satu keluarga atau satu rombongan. Sekeliling gazebo sangat hijau dengan rumput-rumput dan bunga-bunga yang ditanam disekitarnya. Sungguh tempat yang nyaman untuk melepas lelah.

Kolam Renang / Pemandian

Pemandian kalianget mangunan banjarnegara
Foto: instagram.com/kaliangetmangunan

Pemandian di Kalianget Mangunan ini tidak begitu luas, namun lumayan untuk berenang anak-anak. Sesuai dengan namanya yaitu Kalianget dimana kali itu sungai dan anget itu hangat maka air yang mengaliri kolam pemandian terasa hangat jadi nyaman untuk berenang di daerah yang dingin.

Jika pengunjung merasa tidak nyaman berenang di tempat terbuka, maka disini juga disediakan bilik-bilik pancuran air hangat yang tertutup. Jadi pengunjung bisa bebas mandi tanpa ada rasa sungkan.

Arena Bermain Anak

Foto: Koleksi foto pribadi

Setelah puas berenang, anak-anak bisa bermain sepuasnya di arena permainan yang di sediakan di tempat wisata ini. Disini ada ayunan, perosotan dan juga permainan-permainan yang lain yang disukai anak-anak.

Hutan Pinus

Foto: Koleksi foto pribadi

Beralih ke sisi sebelah dari kolam renang maka akan terlihat hamparan hutan pinus yang tertata rapi. Pohon-pohonnya terlihat meliuk tetapi tetap kokoh. Hal ini justru menjadi keindahan tersendiri. Di tengah hutan pinus terdapat tempat duduk yang bisa digunakan untuk bersantai menikmati sepoi-sepoi angin yang berhembus. Spot selfi berupa rumah-rumah kurcaci pun bertebaran di tengah hutan pinus ini.

Spot Selfi

Foto: instagram.com/kaliangetmangunan

Satu spot baru yang sangat menarik berada di bawah hutan pinus. Spot ini berupa rumah berbentuk segi tiga yang terbuat dari susunan kayu dan jerami. Untuk menuju kesana perlu sedikit berjalan menanjak melewati tanjakan yang sudah dipersiapkan. Sebelum tanjakan juga ada jembatan kecil dari kayu yang menarik.

Sungai

Foto: instagram.com/kaliangetmangunan

Kalianget Mangunan terletak di pinggir sungai dengan pemandangan yang menakjubkan dimana di sungai tersebut terdapat batu-batu besar yang sangat cantik untuk dijadikan spot foto. Belum lagi disekeliling sungai adalah bukit hijau yang membentang dengan keasriannya. Hal itu menjadi perpaduan yang sangat indah.

Fasilitas

Kalianget Mangunan menyediakan fasilitas bagi pengunjung yang ingin berwisata kesana seperti area parkir yang cukup luas, toilet atau kamar mandi, mushola dan juga kios-kios makanan. Jadi pengunjung tidak usah khawatir. Kalianget Mangunan buka setiap hari pada pukul 07.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB.

Takaiters, kapan nih, mau ke Kalianget Mangunan? Ditunggu, ya!