Hallo, Takaiters!

Sate merupakan salah satu hidangan paling populer di Indonesia. Olahan daging yang dibakar atau dipanggang ini mungkin layak disebut sebagai masakan nasional, karena bisa ditemukan di hampir semua daerah.
Indonesia memiliki beragam resep sate yang bervariasi baik dalam bumbunya ataupun dalam bentuk.

Kebanyakan sate berbahan utamanya dari potongan daging, yang ditusuk dengan bambu, yang membedakannya adalah resep dan cara pembuatan yang bervariasi tergantung daerahnya masing-masing.

Dalam beritanya, CNN Indonesia menyebutkan bahwa sate terdaftar sebagai peringkat ke-14 dalam World 50 most delicious food (50 hidangan yang paling lezat di dunia ) lho Takaiters.

Yuk simak jenis-jenis sate yang ada di Indonesia, Takaiters!

1. Sate Padang

jenis jenis sate di indonesia
Foto: ajheris.com

Ada tiga jenis sate yakni sate Padang, sate Padang Panjang dan sate Pariaman.
Sate Padang memakai bahan dari daging sapi, lidah dan jeroan. masakan Padang sangat identik dengan rasa pedas. Karena itu, sate Padang juga memiliki rasa yang original, yaitu kuah kacang yang kental beradu dengan rasa pedas dan racikan bumbu rempah yang nikmat.

Buat kalian yang belum tahu perbedaan dari ketiga jenis sate Padang ini adalah rasa dan warna kuah satenya. Sate Padang Panjang kuahnya berwarna kuning sedangkan sate Pariaman kuahnya berwarna merah. Dan sate Padang rasanya perpaduan kedua jenis sate Padang Panjang dan sate Pariaman.

2. Sate Maranggi

jenis jenis sate padang
Foto: sahabatufs.com

Untuk kuahnya dipakai saus berupa kecap dipadu acar dari irisan bawang merah, mentimun dan cabe rawit. Sate Maranggi biasa ditemukan di daerah Purwakarta Jawa Barat.

3. Sate Lilit

jenis jenis sate bali
Foto: masakapahariini.com

Sate khas Bali ini terbuat dari daging babi, ikan, ayam, atau daging sapi. Daging ini dicincang halus kemudian dicampur dengan parutan kelapa, santan, jeruk nipis, bawang merah dan merica. Daging cincang yang telah dicampur bumbu dilekatkan pada sebuah bambu kemudian di lilit (dibungkus) berbentuk datar dan lebar.

4. Sate di Lombok

Seperti halnya sate Padang, Lombok juga mempunyai 4 jenis varian sate yaitu sate bulayak, sate rembige, sate pusut, dan sate tanjung.

  • Sate Bulayak

jenis jenis sate indonesia
Foto: indonesiakaya.com

Bulayak adalah sejenis lontong yang dililit oleh daun Aren. Bentuknya memanjang seperti spriral. Bahan dasar sate biasanya adalah daging sapi dengan bumbu khas sasak.

  • Sate Rembige

Foto: tripadvisor.com

Dibuat dari daging sapi dengan bumbu khas yang sangat pedas.

  • Sate Pusut

Foto: cookpad.com

Hampir mirip dengan sate lilit khas Bali terbuat dari daging sapi giling yang dicampur dengan parutan kelapa dan bumbu yang khas. Namun sate ini lebih besar ketimbang sate pada umumnya, mengenai rasa nggak perlu ditanya lagi Guys.

  • Sate Tanjung

Foto: merahputih.com

Terbuat dari ikan cakalang yang gurih dipadu dengan santan dan rempah-rempah. Rasanya cenderung pedas nih, Takaiters. Jadi buat kalian yang hobi pedas, sate ini pasti pas di lidah.

Nah takaiters, tertarik untuk mencoba satu-satu jenis-jenis sate nusantara ini?