Hai, Takaiters!

Pepatah lama yang berbunyi sekali merangkuh dayung, dua, tiga pulau terlampaui, sepertinya sangat cocok dengan petualangan kali ini dalam mengarungi 6 Pulau di Kepulauan Riau.

Perjalanan yang dimulai dari pulau Batam, Tonton, Nipah, setokok, Rempang, Galang dan Galang Baru  bisa ditempuh hanya melalui darat.

Makanya pergi ke Batam belum lengkap bila Anda belum ke 6 jembatan yang menyatukan 6 pulau tersebut. Ke 6 jembatan ini di beri nama BARELANG, diambil dari nama 3 pulau yaitu BAtam, REmpang, dan GaLANG.

Diprakarsai oleh B.J.Habibie, pembangunan jembatan ini untuk memfasilitasi ketiga pulau tersebut yang dirancang untuk dikembangkan menjadi wilayah industry di Kepulauan Riau.

Takaiters, Jembatan Barelang ini telah menjadi ikon kota Batam bahkan telah popular sebagai landmarknya Pulau Batam. Dibangun dalam masa 6 tahun (1992-1998) dan telah menghabiskan dana sebesar 400 Miliar, seperti yang dilansir di Wikipedia.com. Ke 6 jembatan Barelang tersebut mempunyai nama-namanya sendiri, yaitu:

  1. Jembatan I bernama Tengku Fisabilillah

jembatan barelang batam malam hari
Foto: kepri.haluan.co

Jembatan ini lebih sering disebut jembatan Barelang atau jembatan Habibie. Jembatan yang menghubungkan pulau Batam dan Pulau Tonton inilah yang menjadi Ikon kota Batam. Disini kita akan disuguhi dengan jagung bakar dan buah naga.

Jadi sangat cocok buat kongkow bareng teman-teman sambil menikmati kulinernya. Diperjalanan menuju jembatan II, Anda juga akan menemui banyak resto seafood yang masakannya enak dan lezat.

  1. Jembatan II bernama Nara Singa

jembatan barelang batam baru
Foto: batam.tribunnews.com

Jembatan ini memiliki view yang bagus untuk melihat jembatan I dan sering dijadikan tempat berfoto wisatawan dengan latar belakang view jembatan I dari samping secara keseluruhan. Dengan jembatan ini menghubungkan pulau Tonton dan pulau Nipah.

  1. Jembatan III bernama Raja Ali Haji

gambar jembatan barelang batam
Foto: posmetro.co

Jembatan yang sering dijadikan tempat memancing ini menghubungkan pulau Nipah dan pulau Setokok.

  1. Jembatan IV bernama Sultan Zainal Abidin

wisata jembatan barelang batam
Foto: posmetro.co

Jembatan yang juga sering dijadikan tempat memancing ini, menghubungkan pulau Setokok dan pulau Rempang. Di sini Anda dapat singgah di kebun buah naga yang luasnya mencapai 4 hektar. Buah naga merah ini dapat Anda jadikan sebagai buah tangan karena rasanya yang manis dan tahan lama. Tidak hanya buahnya, kebun ini juga menjual bibit buah naganya.

  1. Jembatan V bernama Tuanku Tambusai

jembatan barelang batam adalah jembatan terpanjang di dunia
Foto: batam.tribunnews.com

Jembatan ini mempunyai view lautan yang cantik. Jembatan ini menghubungkan pulau Rempang dan pulau Galang. Tidak jauh dari jembatan, anda dapat mengunjungi kampung Vietnam, kampung yang dulunya jadi tempat para pengungsi Vietnam.

Wisata sejarahnya mulai dari museum sampai kapal yang mereka tumpangi dapat menjadi tambahan pengetahuan kita akan penderitaan orang Vietnam pada masa peperangannya.

  1. Jembatan VI bernama Raja Kecik

Jembatan ini memanjakan mata kita dengan pemandangan laut yang luas dan jejeran pulau-pulau kecilnya. Dan juga jembatan ini yang menghubungkan kita ke pulau Galang Baru. Pulau paling ujung yang mempunyai objek wisatanya yang terkenal yaitu pantai Barelang Bay Cakang Galang Baru.

Selain objek wisata yang disebut di atas, masing-masing pulau juga memiliki wisata pantai yang indah dan menyenangkan buat berenang. Pantai Melur yang asik buat berenang, Pantai Mawar dengan kuliner seafood gonggongnya yang enak saat lagi musim.

Pantai Mirota dengan pasir putih dan penginapan tepi pantainya dan masih banyak pantai lainnya akan membuat Anda dimanjakan oleh pemandangan indah dan kulinernya. Disetiap pulaunya juga terdapat perkebunan buah naga, yang dijadikan rakyat setempat sebagai salah satu penunjang ekonomi mereka.

Kehadiran jembatan barelang telah memberikan manfaat yang besar bagi penduduk pulau untuk berpergian ke pulau-pulau lainnya dan terutama ke pulau Batam sebagai pusat perekonomian di Kepulauan Riau. Manfaat lainnya mampu mendorong perekonomian mereka untuk bergerak lebih maju dan cepat.