Hallo, Takaiters!

Bagaimana, nih, puasanya Guys, kita sudah memulai pekan ketiga Ramadan. Masih semangat, ya, Guys, sama semangatnya dengan nunggu THR buat beli baju Lebaran. Sambil menunggu libur dan cuti Lebaran, kita kenali Kota Mahasiswa di Jawa Barat, yuk, Guys.

Jatinangor adalah sebuah kecamatan di Sumedang, Jawa Barat, dikenal juga sebagai Kota Mahasiswa. Bagaimana tidak, berbagai universitas negeri dan swasta ada di sini, Guys. Mulai dari ITB, universitas ternama di Indonesia yang baru beberapa tahun pindah, ada juga IPDN, ada calon pegawai pemerintahan yang bergengsi. Selain itu, ada juga UNPAD yang sangat terkenal, Universitas Padjadjaran ini memiliki dua kampus, salah satunya, ya, di Jatinangor ini.

Ada apa, sih, di Kota Mahasiswa  ini? Kenali lebih dekat, yuk!

Pertukaran Pelajar dari Berbagai Daerah

Foto: tribunnews.com

Di sini banyak siswa yang berasal dari daerah lain di Indonesia, Guys. Meskipun tak jarang ada pula yang lebih dari negeri seberang, seperti Malaysia, India, hingga Amerika. Maka tak heran berbagai wisma, kost, kontrakan, sampai yang elit seperti apartemen pun tersebar di mana-mana, hal ini untuk memudahkan para mahasiswa. Tetapi, jika Lebaran tiba mereka ikut mudik ya, Takaiters, meskipun tidak semua.

 Makanan Unik yang Murah Meriah

Foto: republika.co.id

Di wilayah Jatinangor ini kamu enggak perlu khawatir dengan makanan, Guys. Sepanjang jalan banyak yang menyediakan aneka jenis makanan dan minuman, pastinya ramah di kantong juga. Berbagai kedai sampai gerobak kaki lima ada, lo, ini yang juga menjadi peluang bagi warga sekitar untuk menjadi mata pencaharian.

Makanan tradisional Bandung seperti cilok, batagor, seblak, surabi, dan tahu Sumedang sangat mudah dijumpai. Tapi tak hanya makanan lokal, kuliner khas negeri seberang seperti sushi, ramen, yakiniku, dan steak ada di sini. Pokoknya lengkap untuk kamu yang ingin berwisata kuliner.

Tempat Belanja yang Asyik Dikunjungi

Foto: hipwee.com

Setiap pekan ada pasar Minggu pagi diadakan di antara jalan UNPAD dan ITB, biasanya orang-orang datang untuk berolahraga lari, bersepeda, hingga keranjang yang bisa dilakukan di lapangan terbuka kampus UNPAD.

Tapi banyak juga, lo, yang berniat untuk berbelanja saja. Sebab, berbagai macam barang bisa kamu temukan di sini, Guys. Mulai dari pakaian, aksesoris, boneka, sampai perabotan rumah tangga lengkap, deh, Guys. Walaupun di bulan puasa, pasar UNPAD ini tetap ramai, hanya saja tidak ada yang menjual makanan jadi, tak seperti hari biasanya.

Tempat Menyalurkan Hobi

Foto: bunikahyangan.wordpress.com

Bagi kamu yang ingin menyalurkan hobi sambil menunggu waktu berbuka, di Jatinangor juga banyak tempat asyik, lo. Ada Bumi Perkemahan Kiara Payung untuk kamu yang suka berkemah misalnya.

Atau kamu suka dengan alam dan ingin hiking? Ada Gunung Geulis dan Gunung Manglayang yang siap untuk dijelajahi. Berbagai olahraga lain seperti Gym, Basket, Golf, hingga Biliar lengkap. Atau kamu mau nonton film box office terbaru? Tenang, ada Jatoz yang menyediakan gudang 21 yang keren dan nyaman dilengkapi dengan pusat perbelanjaannya.

Nah, bertanya sekilas tentang Jatinangor, Guys. Bukan hanya pendidikan dan hiburan saja yang ada, tapi kuliner juga bisa kamu eksplorasi di Kota Mahasiswa ini. Jadi, kapan saja kamu ke Jatinangor, Guys?