Sudah sejak lama disepanjang jalan Pramuka dan Salemba Jakarta Pusat banyak yang menawarkan jasa ”Cat Duco”. Biasanya harga yang ditawarkan mulai dari ratusan ribu hingga jutaaan rupiah, Tergantung dari kualitas kerja yang diinginkan costumer.

Selasa, 31 Januari lalu team Takaitu.com berkesempatan melewati kawasan Salemba dan memperhatikan si penawar jasa Cat Duco sedang menyelesaikan pekerjaan renovasi mobil yang mengalami kerusakan dibagian pintu mobil bagian belakang.

Hasan salah seorang penawar jasa Cat Duco di Salemba mengaku sudah sejak tahun 1990 menawarkan jasa Cat Duko di sepanjang jalan Pramuka dan Salemba. Menurutnya kawasan tersebut memang sudah terkenal dengan pangkalan penawar jasa Cat Duco.

jasa cat duko
Sipenjual Cat Duco ( Takaitu.com/Anggrayni )

“ Kalau dulu kita suka tempel di pohon lebel Cat Duco, kalau sekarang kita mangkal dengan pake kaos dan rompi dengan tulisan Cat Duco, dan ini sudah ada sejak Tahun 90 an,” ungkap Hasan lelaki setengah baya yang telah lebih dari 17 tahun ber-profesi sebagai penawar jasa Cat Duco di Salemba.

Sementara itu Mita, salah seorang pelanggan yang siang itu sengaja mengantar kendaraannya untuk diperbaiki mengaku harga jasa Cat Duco di Salemba sangat ekonomis. Meskipun pengerjaannya tidak sebaik kualitas bengkel show room tetapi lumayan cepat menyelesaikan persoalan kerusakan kendaraannya.

“ Kalau dilihat cara pengerjaannya, Cat Duco di Salemba ini sepertinya memang sudah professional, ini kali kedua saya kesini. Untuk kasus yang urgent, jasa Cat Duco pinggir jalan ini boleh menyelesaikan persoalan kerusakan kendaraan dengan cepat,” ungkap Mita.

Lebih lanjut Mita menjelaskan, jika memiliki waktu yang lebih luang sebaiknya pilihlah ke show room, karena disini kualitas pengerjaannya tidak begitu memuaskan, dalam waktu empat bulan warna catnya akan memudar.

“ Harganya memang relatif murah sih, kalau cuma pengok di bemper atau cat gompel sedikit boleh lah disini. Kalau kerusakannya parah sebaiknya datang ke show room dari pada empat bulan cat nya pudar kan sayang,,, biasanya untuk kerusakan ringan bisa ditunggu dan pengerjaannya dipinggir jalan juga bisa cepat selesai,” jelas Mita.

Untuk lebih aman ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika memang harus memilih menggunakan jasa Cat Duko di sepanjang jalan Salemba :

  1. Lalukan survey harga perbaikan ke sejumlah penawar jasa untuk membandingkan harga sebelum memutuskan menggunakan jasa Cat Duco Salemba.
  2. Jika memang tidak terlalu urgent sebaiknya pilihlah bengkel yang resmi untuk memperbaiki kerusakan kendaraan.
  3. Pastikan kendaraan anda tidak ditinggal selama proses pengerjaan Cat Duco dikerjakan.
  4. Saat pengerjaan sudah selesai, pastikan warna cat yang dikerjakan sudah sesuai dengan warna kendaraan anda.
  5. Pastikan si penawar jasa memberikan garansi dengan waktu yang disepakati jika terjadi perubahan warna cat yang telah dikerjakan.
  6. Saat melakukan pembayaran mintalah kuitansi pengerjaan cat dan pastikan menyimpan nomor kontak si penawar jasa.

Pastikan tips tersebut diatas sudah terpenuhi sebelum memutuskan menggunakan jasa Cat Duco di sepanjang jalan Pramuka dan Salemba..J