Hi, Takaiters!

Siapa nih yang hobinya nonton drama Korea? Kalau nonton drama korea biasanya kamu terfokus kemana? Apakah pemainnya yang cantik atau ganteng? Atau alur kisahnya yang menarik?

Banyak hal yang membuat orang untuk mengikuti drama Korea yang sedang tayang. Tapi, jika kamu menonton drama Korea, jangan hanya sekedar menonton ya, Takaiters!

Kenapa? Karena akan selalu tersirat pelajaran dari drama tersebut. Salah satunya drama Start-Up.

Drama Start-Up menceritakan tentang bagaimana anak muda yang bekerja keras untuk membangun sebuah perusahaan rintisan. Drama ini dibintangi oleh Bae Suzy, Nam Joo Hyuk dan Kim Seon Ho.

Mau tahu, pelajaran menarik yang bisa kita petik dari Drama Start-Up? Lets, see!

1. Pantang Menyerah Dan Jangan Pernah Ragu Untuk Mencoba

drama korea start up 2020
Foto: instagram.com/tvn_startup

Dalam tahap awal membangun perusahaan rintisan memang tak selalu berjalan mulus. Dalam drama ini kita dapat memetik pelajaran hal itu, disaat Nam Do San dan teman-temannya, selalu berusaha dalam mencari investor untuk mengembangkan bisnis mereka. Mereka membuat suatu alat berteknologi AI (Artificial Intelligence).

Sempat diremehkan, mereka akhirnya mencoba untuk mengikuti kompetensi teknologi yang diadakan di USA. Dengan keyakinan mereka, tanpa mereka duga, mereka dapat memenangkan kompetensi tersebut.

Jangan biarkan pendapat seseorang menjadi kenyataanmu“. Ini bisa menjadi kata motivasi kita untuk bisa menyaring pendapat orang lain agar tidak mudah terpengaruh.

2. Untuk mendapatkan Investor, Bisnis kita harus memiliki strategi yang jelas

Foto: instagram.com/tvn_startup

Jika kamu mengikuti drama ini, kamu bisa melihat kesalahan yang dilakukan Nam Do San bersama teman-temannya dalam mencari investor.

Kegagalan mereka terjadi dikarenakan bisnis mereka tidak memiliki strategi yang jelas. Mereka tak mampu menjawab pertanyaan investor mengenai keuntungan yang akan didapatkan dari teknologi yang mereka buat.

Meskipun kita memiliki ide bisnis yang bagus, namun tidak memiliki kejelasan untuk dipasarkan kemana dan keuntungan yang didapatkan. Semuanya hanya sia-sia.

3. Jangan mudah percaya

drama korea start-up episode 2 subtitle indonesia
Foto: instagram.com/tvn_startup

Perusahaan rintisan biasanya memang jarang diketahui oleh orang lain. Yang perlu kamu ketahui, bukan ide kamu yang tak bagus, hanya saja bisnis kamu belum banyak diketahui orang lain.

Pencurian ide bisnis perusahaan Start-up sering terjadi. Seperti yang ditayangkan dalam drama Start-up ini. Suatu kelompok mengaku ingin menjadi investor usaha mereka, dengan modus untuk kejelasan bisnis mereka. Kelompok ini justru menanyakan semua hal teknologi yang digunakan dan beserta rinciannya. Serta merekam semua keterangan teknologi milik Nam Do San dan teman-temannya.

Perlu kamu ketahui, dari drama ini, kita diberitahu apabila ingin mendapatkan investor, kita harus mengetahui terlebih dahulu asal usul calon investor, perusahaan apa, posisinya apa. Jangan mudah percaya, jangan sembarang memberi ide bisnis kamu. Karena orang lain bisa saja meniru ide bisnis kamu.

4. Lakukan Survey Lapangan

Foto: instagram.com/tvn_startup

Ingatkah adegan saat Suzy yang berperan sebagai Seo Dal Mi di toko buku? Adegan sederhana ini memberikan pelajaran untuk kita. Jangan mudah memutuskan untuk membeli produk secara cepat tanpa dilakukan survey lapangan.

Jangan mudah ditipu orang lain. Meskipun kita sangat mengharapkan produk tersebut, jangan terburu-buru untuk mudah dipengaruhi orang lain membeli produk tersebut dengan harga mahal hanya karena ketersediaan terbatas.

5. Kamu tetap butuh Mentor dalam berbisnis

Foto: instagram.com/tvndrama.official

Pelajaran dari drama Start-up ini, saat mendirikan perusahaan rintisan, kamu tetap membutuhkan seorang mentor. Yang sangat memahami dunia bisnis yang kamu geluti dan orang tersebut dapat dipercaya.

Dalam drama ini, Kim Seon Ho yang berperan sebagai Han Ji Pyeong, pemilik perusahaan investasi besar di Korea. Secara tidak langsung membimbing Nam Do San dalam membangun bisnis.

Meskipun kata-kata yang digunakan sangat menjatuhkan dan terkesan meremehkan. Namun, dia selalu memberikan nasehat hal-hal yang dibutuhkan dalam sebuah bisnis dan apa yang perlu dilakukan.

6. Tepat Dalam Memilih Rekan Kerja

download drama korea start up 2020
Foto: instagram.com/tvn_startup

Perusahaan start-up merupakan perusahaan yang masih labil dan rentan. Dalam memulainya, kamu harus berhati-hati dan memilih rekan kerja yang tepat.

Tidak hanya yang memiliki semangat dan loyalitas tinggi. Namun kamu juga harus memilih rekan yang memang kamu butuhkan.

7. Tepat memilih CEO

nonton drama korea start up
Foto: instagram.com/tvn_startup

Ini tak kalah pentingnya. Dalam drama tersebut, kamu bisa memetik pelajaran. Bahwa CEO suatu perusahaan haruslah seseorang yang paham akan trend yang terjadi di kalangan masyarakat saat ini.

Tidak hanya itu, tapi juga dia yang memiliki pengetahuan yang lebih luas mengenai bisnis kamu. Dan tegas dalam menentukan pilihan.

Karena, CEO bukan hanya suatu jabatan saja, namun juga menjadi penentu kesuksesan perusahaan tersebut. Terlebih untuk perusahaan rintisan.

8. Ada yang tidak dapat dibayar dengan uang

drama korea start up suzy
Foto: instagram.com/tvn_startup

Dalam berbisnis, hal ini juga berlaku. Seperti dalam kisah yang ada di drama Start-up ini. Sehebat apapun kamu, sekaya apapun kamu. Ada hal yang tak bisa dibeli dengan uang. Yaitu kepercayaan, relasi, balas budi, ketulusan, dan lainnya.

Hal ini yang terjadi oleh Han Ji Pyeong, yang merasa tak mampu membayar dengan nominal berapa pun untuk membayar kebaikan seorang nenek yang menolongnya di masa lalu.

Ketulusan Han Ji Pyeong dan nenek Seo Dal Mi tersebut tetap dirasakan hingga Han Ji Pyeong kini menjadi sukses. Itu sebabnya dia berusaha untuk tidak membuat sang nenek kecewa dan sedih. Dan Han Ji Pyeong rela membantu untuk kebahagiaan Seo Dal Mi sesuai yang diinginkan sang nenek.

Nah, itulah pelajaran yang bisa kita ambil dari drama Start-Up dalam membangun perusahaan rintisan, Takaiters!

Mau tahu lebih lanjut? Kamu bisa tonton dramanya, yang tayang setiap Sabtu dan Minggu pukul 21.00 waktu Korea di stasiun tv TVN.