Hallo, Takaiters!

Indonesia merupakan negara yang kaya makanan lezat penggugah selera. Kamu wajib bangga dong dengan produk makanan Indonesia. Jangan salah, ternyata banyak produk asli Indonesia yang dikenal di mancanegara.

Bahkan mungkin kamu tidak menyangka produk-produk ini merupakan produk asli Indonesia. Selain dari namanya, cita rasa dan konsepnya membuat kita tidak menyangka bahwa makanan yang digemari banyak orang ini hasil kreasi putra-putri Indonesia. Apa saja produk makanan asli Indonesia tersebut? Yuk kita simak, Takaiters!

  1. Silverqueen

makanan Indonesia-Silverqueen
Foto: tasikmalaya.pikiran-rakyat.com

Siapa yang tidak suka coklat? Katanya makan coklat dapat membuat mood kembali membaik dan hati senang lho. Coklat batangan yang diolah dengan topping kacang almond dan kacang mede ini sangat terkenal.

Banyak yang mengira Silverqueen adalah produk luar negeri. Padahal Silverqueen diproduksi oleh PT Petra Food yang berada di Bandung, Jawa Barat, satu produksi dengan merk coklat tabur Ceres dan coklat Delfi.

Produksi Silverqueen telah mengalami pasang surut. Di bawah naungan perusahaan keluarga milik Ming Chee Chuang, Silverqueen terus bertahan sampai sekarang. Bahkan saat ini telah menguasai pasar coklat nomor tiga di dunia.

Dari awal berdiri, Ming Chee Chuang tidak pernah melakukan PHK terhadap karyawannya yang telah berjasa turut memperbesar Silverqueen sebagai coklat yang digemari semua kalangan, terutama anak muda. Karyawan hanya keluar karena dua alasan, yaitu meninggal dan melakukan tindak pencurian.

  1. La Fonte

produk makanan kemasan asli indonesia yang sangat terkenal sampai nigeria
Foto: shopee.co.id

Mendengar namanya mungkin kamu mengira La Fonte adalah produk Italia. Apalagi pasta, spageti dan makaroni yang merupakan produk La Fonte kurang familiar dengan lidah orang Indonesia.

Ternyata La Fonte merupakan salah satu produk dari pabrik penggilingan terigu terbesar Indonesia, yaitu Bogasari. La Fonte mulai diproduksi pada tahun 1991 di pabrik yang berlokasi di Jakarta.

  1. Excelso

produk makanan dan minuman asli indonesia
Foto: harga.web.id

Kamu penggemar kopi? Kenapa tidak mencoba Excelso? Excelso mempunyai gerai yang sangat nyaman untuk menikmati kopi sambil bersantai, ngobrol, mengerjakan tugas atau melakukan meeting. Saat ini gerai Excelso banyak dijumpai di mall-mall besar, bandara dan stasiun.

Banyak yang mengira Excelso adalah produk kopi luar negeri karena gerainya yang nyaman, mewah dan rasa kopinya yang nikmat. Padahal kopi yang banyak digemari ini adalah produk lokal Indonesia yang diproduksi dalam satu pabrik dengan kopi Kapal Api.

Excelso menyasar konsumen menengah ke atas. Rasa khas kopi yang baru digiling sesaat sebelum diseduh membuat kualitas Excelso selalu terjaga.

  1. Hoka-hoka Bento

produk makanan kemasan asli indonesia terkenal di nigeria
Foto: wowkeren.com

Melihat gambar kemasan, menu dan namanya kamu pasti mengira Hoka-hoka Bento merupakan produk dari Jepang. Ternyata Hoka-hoka Bento merupakan produk asli Indonesia lho. Hoka-hoka Bento berarti makanan hangat dalam kotak, sama seperti cara penyajiannya.

Meskipun menunya merupakan makanan Jepang namun Hoka-hoka Bento sangat cocok dengan lidah orang Indonesia sehingga banyak yang menyukainya. Produk yang biasa dikenal dengan nama Hokben ini mulai dipasarkan pada tahun 1985 oleh Hendra Arifin dengan restoran pertama di Kebon Kacang, Jakarta Pusat.

  1. J.Co Donut And Coffe

Foto: tripadvisor.co.id

Kamu pasti tahu dong salon Johnny Andrean. Pemilik salon yang namanya sama dengan nama salonnya ini ternyata juga mempunyai usaha makanan, yaitu J.Co Donut And Coffe. Ide awal usaha donat khas Amerika ini awalnya karena Johnny sangat menyukai donat.

Konsep gerai yang berkelas, rasa yang nikmat dan banyaknya variant donat serta minuman membuat J.Co sangat digemari kalangan menengah ke atas. Saat ini gerai J.Co tidak hanya tersebar di Indonesia tetapi sudah merambah Malaysia, Singapura, Thailand dan Tingkok.

Takaiters, kamu pasti sudah familiar dengan produk makanan di atas. Kita pantas berbangga karena ternyata banyak produk makanan asli Indonesia yang banyak diminati pasar luar negeri. Bahkan mungkin kamu menyangka produk tersebut merupakan produk luar negeri.