Halo, Takaiters!

Pasti seru setelah lebaran kita membahas tentang tubuh yang ikut melebar. Ada, dong, Takaiters yang langsung tersenyum. Inilah fakta menarik yang terjadi setelah hari raya Idulfitri. Penyebab utamanya sudah pasti faktor makanan. Godaan makanan khas di hari raya Idulfitri, seperti lontong, rendang, opor ayam, belum lagi kue kering yang sudah pasti menyumbangkan lemak sehingga timbangan bergeser ke arah kanan. Selanjutnya, faktor kurang gerak dan berolahraga, istilah zaman now-nya mager alias malas gerak. Paket lengkap yang menyebabkan berat badan dengan mudah bertambah dan pintu gerbang penyakit terbuka lebar.

Takaiters, boleh khilaf saat lebaran, namun sebaiknya segera perbaiki pola hidup kita. Jangan sampai terlalu lama terjebak dengan gaya hidup tidak sehat. Gaya hidup sehat nantinya akan berpengaruh positif terhadap berat badan yang ideal. Jadi, sebaiknya luruskan niat bukan hanya sekadar diet semata-mata hanya untuk berat badan dan bentuk tubuh, namun mulailah dengan niat melakukan pola hidup sehat. Berikut 6 tips sederhana untuk Takaiters.

1. Smart dalam Memilih Makanan yang Akan Dikonsumsi

Foto: pexels.com

Takaiters, di zaman sekarang ini, begitu banyak pilihan makanan enak yang tersedia. Ditambah dengan kemudahan pemesanan secara online yang membuat kamu tidak perlu repot-repot pergi ke tempat makan. Tapi yang wajib Takaiters garis bawahi adalah, enak belum tentu sehat dan bergizi. Batasi tubuh dalam mengonsumsi makanan yang bisa mengundang kolesterol, diabetes dan penyakit berbahaya lain. Makanan terbaik bagi tubuh adalah sayur dan buah dengan pengolahan yang benar dan baik. Tidak perlu saklek, sekali-sekali kamu boleh, kok, cheating makanan enak.

2. Jangan Malas Gerak

Foto: id.theasianparent.com

Takaiters, kamu bisa bermain smart phone selama satu jam, bahkan lebih dari itu tanpa terasa daripada melakukan aktivitas fisik, seperti berjalan kaki di pagi hari. Jika kendalanya adalah pekerjaan, kamu bisa melakukan aktivitas fisik dengan cara senam, gym, atau olahraga ringan pada sore atau malam hari. Masih berat juga? Tantang diri kamu untuk tidak bergantung pada eskalator, naik tangga manual menuju lantai kerja. Lain lagi, turun cukup jauh dari area kantor kemudian jalan kaki ringan menuju kantor. Intinya anti jangan malas gerak, ya, Takaiters!

3. Cukup Tidur

Foto: pexels.com

Sudah terlalu sering dibahas untuk poin ketiga ini, cukup tidur dan istirahat. Tapi percayalah banyak di antara kita yang belum bisa melakukan dengan baik. Tidur menjadi sebuah fondasi di mana pikiran dan tubuh yang sehat terbentuk. Jika fondasi ini sudah tidak baik, tentunya akan berdampak pada kesehatan.

4. Jangan Mau Terjebak Stres yang Berlebih

Foto: pexels.com

Siapa, sih, di dunia ini yang tidak ada masalah. Seorang artis yang hidupnya terlihat sempurna dan instragmable pun akan dihinggapi stres, jenuh bahkan tekanan batin. Lawan stres dengan berpikir positif, melakukan hal positif dan bergaul dengan orang-orang yang memberikan dampak positif bagi kehidupan kamu. Masih kurang, berarti kamu harus lebih mendekatkan diri pada Tuhan karena jawaban dari semua masalah adalah menyerahkan semuanya pada Sang Pencipta.

5. Banyak Bekerja Kurang Tertawa, Lupa Bahagia

Foto: pexels.com

Pola kerja masa kini identik dengan kesibukan luar biasa. Enggak seru kalau enggak sibuk dengan pekerjaan. Terkadang kesibukan membuat seseorang lupa berkomunikasi dengan keluarga dan teman. Bahkan membuat seseorang lupa untuk tertawa dan bahagia. Takaiters, hidup cuma sekali, buatlah dirimu merasa bahagia. Jika dengan berlibur membuat bahagia, maka luangkanlah waktu untuk berlibur ke tempat favorit.

6. Lakukan Pemeriksaan Medis secara Berkala

Foto: pexels.com

Banyak orang enggan melakukan pemeriksaan medis dengan alasan biaya yang mahal. Tidak jarang di antara kita ke dokter atau pusat kesehatan ketika tubuh drop dan membutuhkan konsultasi dengan para medis. Padahal, sebaiknya kita melakukan pemeriksaan medis secara berkala, seperti setahun sekali.

Takaiters, melakukan pola hidup sehat adalah kewajiban bukan pilihan. Dengan menerapkan pola hidup sehat, secara tidak langsung kita telah makukan diet. Tidak hanya memberikan berat badan yang ideal, namun juga kesehatan sebagai investasi jangka panjang.

Selamat mencoba, Takaiters!