Hai, Takaiters!

Salah satu keuntungan tinggal di daerah tropis seperti di Indonesia yaitu melimpahnya beragam jenis buah-buahan sepanjang tahun.

Seperti kita sama-sama ketahui, selain kaya akan serat, buah-buahan tropis dikenal pula kaya akan vitamin, mineral,  dan antioksidan (zat yang dapat mencegah atau memperlambat kerusakan sel akibat radikal bebas).

Beragam vitamin, mineral, serta antioksidan yang terkandung dalam buah-buahan tropis bakal memberi manfaat positif bagi tubuh kita.

Berikut adalah beberapa buah tropis kaya nutrisi yang bisa menjadi pilihan kamu, Takaiters, baik untuk dikonsumsi sebagai camilan, hidangan pembuka maupun sebagai hidangan penutup (pencuci mulut).

1. Pisang

Buah Tropis Kaya Nutrisi
Foto: klikdokter.com

Pisang mempunyai nutrisi yang tinggi. Buah ini mengandung vitamin A, B, C, serta kalium. Pisang juga mengandung asam amino yang disebut triptofan, senyawa yang dapat meningkatkan suasana hati (mood) kita.

2. Pepaya

Apakah pepaya Buah Tropis Kaya Nutrisi
Foto: alodokter.com

Pepaya sangat baik untuk membantu memperlancar sistem pencernaan. Buah berwarna cerah ini juga kaya akan serat, vitamin, dan karoten, yakni senyawa nutrisi yang memiliki fungsi antioksidan kuat.

3. Nanas

Macam-macam Buah Tropis Kaya Nutrisi
Foto: klikdokter.com

Nanas segar bukan hanya camilan yang penuh vitamin C, tetapi juga dapat ikut membantu sistem pencernaan karena mengandung enzim pencerna protein yang disebut bromelain. Selain dikonsumsi dalam keadaan segar, nanas biasa pula disantap dalam bentuk rujak bersama sejumlah buah lainnya.

4. Nangka

Buah Tropis Kaya Nutrisi untuk kesehatan
Foto: halodoc.com

Nangka memiliki rasa dan aroma sangat khas. Buah yang oleh orang Inggris disebut jackfruit ini mengandung vitamin C, A, kalium, magnesium, dan kalsium. Saat matang, daging buah nangka dapat dimakan langsung, atau dijadikan campuran minuman, dikolak maupun  digoreng. Sementara itu, nangka muda dapat diolah sebagai sayur gudeg yang lezat.

5. Mangga

Apakah mangga Buah Tropis Kaya Nutrisi
Foto: suara.com

Mangga kaya akan vitamin C, vitamin A, dan antioksidan pelawan kanker. Buahnya dapat dimakan segar. Tapi, bisa juga dibuat menjadi berbagai hidangan penutup. Contohnya, puding dan jeli mangga, yang cukup populer di Singapura dan Hong Kong. Adapun di Negeri Gajah Putih, Thailand, buah mangga yang matang kerap disajikan bersama ketan dan santan.

6. Alpukat

Foto: republika.com

Alpukat mengandung lemak baik sehingga bagus bagi kesehatan jantung. Di samping itu, buah ini mengandung pula kalium, vitamin C, E, dan vitamin B serta omega-3. Asam lemak omega-3 adalah nutrisi kuat yang berkontribusi dalam pencegahan penyakit jantung, menurunkan risiko peradangan dan kolesterol.

7. Kelapa

Foto: halodoc.com

Di negara-negara Barat, buah kelapa sering disebut-sebut sebagai superfood. Air kelapa adalah cairan elektrolit yang sangat baik dan cocok untuk menghidrasi tubuh di iklim lembab. Sementara itu, daging buah kelapa mengandung sejumlah vitamin, mineral, antioksidan, dan serat.

Unsur lemak dalam kelapa bermanfaat dalam menjaga kesehatan usus dan membantu penyerapan vitamin A, D, E, dan K, serta menghambat pertumbuhan jamur, seperti Candida albicans, yang dapat memicu infeksi di pencernaan.

8. Belimbing

Foto: beautynesia.com

Dengan bentuknya yang seperti bintang dan daging buahnya asam-manis dan berair, belimbing memiliki kandungan kalori paling rendah di antara buah-buahan tropis. Buah ini tinggi kadar vitamin C, fitonutrien, serat, vitamin B kompleks, dan mengandung sedikit kalium, fosfor, seng serta zat besi.

Dalam pengobatan tradisional Tiongkok, belimbing lazim digunakan sebagai obat batuk dan obat radang tenggorokan.

Nah, Takaiters, mengingat beragam kandungan nutrisinya yang sangat berfaedah bagi kesehatan tubuh, jangan lupa, rajin-rajinlah kalian mengkonsumsi buah tropis kaya nutrisi di atas, ya!