Hai, Takaiters!

Masih kecewa karena putus cinta? Tenang, dunia belum berakhir kata Melly Goeslaw. Itu benar, lo! Kenapa? Karena masih ada keluarga, tetangga, teman juga sahabat di sekitar kita. Bahkan, orang di luar sana justru menantikan kesendirianmu!

Nah, apa saja yang perlu kamu lakukan agar secepatnya bisa move on? Berikut bocorannya agar hati tidak ikut bocor hanya karena perkara cinta.

1. Lebih Dekat dengan Pemilik Hati

Foto: dewandakwahaceh.com

Ketika move on sulit didapat, besar kemungkinan ada rasa kurang menerima apa yang sudah didapat. Iya, apalagi kalau kenyataan bahwa mantan sudah menjadi status baru. Berdamailah. Tenanglah. Tarik naoas lebih dahulu.

Ingat, Tuhan tak pernah meninggalkan. Bahkan, lebih sering kitalah yang meninggalkan. Putus cinta bisa jadi sinyal Tuhan agar kamu bisa kembali dekat dengan dengan-Nya. Kembali dekat dalam setiap ibadah yang sudah disediakan. Resapi lagi setiap ibadah yang sudah dilakukan agar kamu merasakan bahagianya ketenangan. Cara terampuh terlepas dari setiap masalah.

2. Perbanyak Sedekah

Foto: medium.com

Ketika berbagi kepada orang lain apa yang kamu rasakan? Pasti bahagia. Nah, perasaan seperti inilah yang harus dikejar. Berbagi bisa dalam bentuk makanan, pakaian, uang ataupun ilmu. Intinya semua kebaikan bisa dibagi.

Ketika sulit move on, perasaan kamu sudah pastinya selalu merasa tak karuan. Kecewa, sedih, marah bahkan tak nafsu makan seakan selalu menjadi teman. Dengan mengagendakan kegiatan berbagi. Terutama kepada anak yatim piatu, korban bencana alam atau orang miskin, maka perasaan dihargai akan mendominasi. Iya, karena kamu sudah menciptakan ruang bahagia bagi orang lain. Perasaan inilah yang dibutuhkan agar bisa menghadapi hari tanpa harus berlarut-larut dalam kesedihan.

3. Tingkatkan Minat Baca

Foto: pexels.com

Sudah saatnya kamu dekat kembali dengan bacaan untuk mengisi waktu. Entah itu buku, majalah, bacaan digital atau kitab suci yang mungkin saja paling sering dilupakan.

Banyak hal yang bisa ditemukan dalam bacaan. Entah itu pengetahuan, pelajaran bahkan ketenangan. Mulailah membuka tiap lembarannya lagi. Agar kesibukan tak hanya menguras kelelahan, tetapi ada nilai baru menambah stamina kehidupan.

4. Jalin Persahabatan

Ketika masalah datang sudah menjadi kebiasaan untuk mencurahkan segala yang dirasa kepada sahabat. Sejatinya, Takaiters hanya butuh didengar. Solusi kebelakang. Nah, itulah pentingnya sahabat. Dan, pastikan jangan salah memilih siapa yang pantas menjadi sahabat.

Dengan kehadiran sahabat terkadang di situlah perasaan menjadi lebih kuat. Karena bagaimanapun Takaiters adalah makhluk sosial yang tak bisa hidup seorang diri. Butuh yang namanya teman atau sahabat.

Sahabat bukan sekadar orang yang tak sedarah dan mengerti kita. Orang tua, saudara pun bisa menempati posisi ini. Sudah saatnya kamu lebih care dengan orang-orang yang ada di dalam rumah. Karena bagaimanapun merekalah orang pertama yang akan selalu membantu setiap kali dibutuhkan.

5. Berfokuslah pada Hobi

Foto: pixabay.com

Tak ada hobi yang dikerjakan tanpa membawa kebahagiaan. Jadi, lakukanlah semua hobi yang kamu inginkan agar tak selalu terbayang masa lalu yang ingin dilupakan.

Dengan fokus pada hobi yang membahagiakan akan menimalisir mengingat kenangan. Intinya, bersibuklah dengan hobi. Agar hobi tak sekedar menjadi ruang pelampiasan, tetapi bisa membantu orang lain terbahagiakan.

Itulah lima trik penstimulasi kebahagiaan untuk bersegera move on. Selamat mencoba, Takaiters!