Tato merupakan suatu tanda yang dibuat dengan memasukkan pigmen ke dalam kulit, tato ini bisa dibuat pada kulit manusia maupun kulit hewan. Namun seiring dengan perkembangan zaman bagi pria maupun wanita yang memiliki tato pada tubuhnya biasanya akan dianggap negatif oleh sebagian orang yang melihatnya.

Hal ini bukan tanpa alasan, stigma negatif bagi mereka yang memiliki tato di tubuhnya seringkali dilambang sebagai orang-orang nakal, berandalan, prema, tukang bikin onar, dan juga tukang mabuk.

Padahal bagi beberapa suku di belahan dunia sana bahkan Indonesia, tato merupakan suatu hal yang dianggap prestisius dan juga melambangkan kekayaan kebudayaan yang mereka miliki. Buktinya beberapa suku di dunia menggunakan tubuhnya untuk sebagai kanvas seni yang diyakini memiliki banyak nilai-nilai religius yang terkandung dalam seni lukis tubuh tersebut. Seperti menceritakan mengenai ideologi, status, dan lain sebagainya.

Nah, daripada kamu berpikir negatif mulu mengenai mereka yang bertato, ada baik kamu simak dulu info berikut ini mengenai 5 suku di dunia dengan tatto pada tubunya yang melambangkan kepercayaan terhadap kebudayaan.

Suku Mentawai – Indonesia

suku mentawai suku tertua di indonesia
Foto : 3.blogspot.com

Tatto Mentawai dinobatkan sebagai tatto tertua di dunia yang lebih dikenal dengan sebutan Titi. Dimana seni lukis tubuh itu sendiri sudah ada sejak 1500-500 SM, bagi Suku Mentawai tatto tersebut memiliki fungsi sebagai simbol keseimbangan alam dan menggambarkan identitas diri dan status sosial di Suku Mentawai.

Pilihan Editor

Suku Dayak – Indonesia

Foto : 3.bp.blogspot.com

Bagi suku Dayak tatto yang melekat pada tubuh merekan merupakan sebuah hal yang dianggap sangat sakral, dikarenakan pada tatto tersebut terkandung nilai-nilai filosofis yang diyakini mampu menjaga pemilik tatto dari pengaruh roh-roh jahat, sebagai identitas diri dan perbedaan status sosial, sebagai bukti bahwa seseorang asli keturunan suku Dayak dan masih banyak lagi.

Suku Maori – Selandia Baru

suku unik dengan tatto
Foto : tempo.co

Suku Maori merupakan suku asli dari negara Selandia Baru, di suku ini bagian kepala dianggap bagian tubuh paling suci dibandingkan bagian tubuh lainnya, karena itu banyak dari masyarakat suku Maori yang memiliki banyak tatto di wajahnya atau dikenal dengan sebutan Moko.

Dimana tatto Moko terdiri dari bentuk melengkung dan spiral yang biasanya menutupi seluruh bagian wajah orang-orang suku Maori, hal ini menggambarkan kekusaan, pangkat, status sosial dan gengsi.

Suku Hawai – Kepulauan Hawai

suku unik dengan tatto
Foto : misteraladin.com

Tatto yang dimilik oleh suku Hawai menjadi salah satu karya seni lukis tubuh yang paling hebat. Mengapa? Sebab, tatto yang dibuat memiliki presisi yang sangat luar biasa alias sempurna dan dibutuhkan keahlian khusus bagi para pembuat tattonya. Desain yang terdapat pada tatto suku Hawai melambangkan kepercayaan terhadap dewa dan dewi suku Hawai.

Suku Tharu – Nepal

suku unik dengan tatto
Foto : tstatic.net

Tatto juga sering dianggap sebagai bagian dari seni, namun berbeda halnya yang terjadi di suku Tharu di Nepal Tengah. Dimana para wanita di suku tersebut sengaja menggambari tubuh dengan tatto agar terlihat jelek dan tidak dijadikan sebagai budak seks oleh anggota keluarga kerajaaan negara tersebut.

Terdapat tiga alasan mengapa wanita disana memiliki banyak tatto pada tubuhnya. Pertama untuk menghentikan perbudakan seks disana, kedua sebagai cara untuk mengusir para penculik-penculik yang ingin menjadikanya budak seks dan alasan yang terakhir adalah bahwa gadis-gadis suku Tharu percaya tatto tersebut memiliki nilai-nilai spritiual.

Itulah beberapa suku di dunia dengan tatto pada tubuhnya yang melambangkan kekayaan kebudayaan dari masing-masing suku tersebut. Jadi mulai sekarang kamu jangan berpikiran negatif dulu ya! bagi mereka yang memiliki tatto di tubuhnya. Ternyata nggak semua orang yang bertato itu identik dengan orang-orang jahat melainkan tatto tersebut dapat menggambarkan kepercayaan dan kebudayaan di daerah setempat.