Hai, Takaiters!

Bagaimana kabar skripsimu hari ini? Sudah sampai mana, Guys? Sudah rampungkah? Atau masih stuck di lembaran word kosong, nih? Wah, jangan-jangan kamu hanya bengong lalu tak bisa keluarkan sepatah katapun. Duh, jangan bilang juga kamu punya niatan buat mundurin kelulusan, lagi, Guys! Hmm… Jangan, ya, Guys. Skripsi tak semenakutkan itu kok.

Skripsi atau karya tulis memang sering menjadi momok yang menakutkan bahkan membuat galau akut bagi Mahasiswa dan Mahasiswi tingkat akhir. Nah, padahal, nih, enggak sama sekali, lo. Asal kamu tahu cara tepat untuk menyelesaikannya, yakinlah kelulusan menanti.

Ngomong-ngomong, biar galau sebab skripsi tidak lagi terjadi, Takaitu punya tips, nih, agar kamu bisa sukses mengerjakan skripsi. Bagaiamana tipsnya? Yuk, disimak Guys!

1. Kuatkan niat dan tekad

tips lulus kuliah
Foto: Pexels.com

Semua berawal dari niat. Hasil akhirpun bisa terjadi sebab niat. Nah, demi tercapainya skripsi yang sukses, mulailah dengan niat dan tekad yang kuat, ya, guys. Coba deh kamu ingat lagi perjuangan orang-orang tercinta untuk kamu, sampai bisa kuliah. Atau terlebih untuk dirimu sendiri deh, apa saja yang telah kamu korbankan dan ingin kamu berikan untuk orang-orang terkasih. Ini bisa jadi bahan perenungan buat diri, ya, guys. So, jangan menyerah, ya, Takaiters. Terus berjuang!

2. Pahami! Apa itu Karya Tulis?

lulus ujian skirpsi
Foto: Pexels.com

Nah, memahami karya tulis, ini, menjadi point penting setelah niat dan tekad yang kamu punya, ya, Guys. Jika kamu belum memahami apa itu karya tulis, pasti akan kerepotan nantinya. Takaiters akan bingung harus memulai darimana, sebab point-point dalam karya tulis itu wajib banget untuk dipahami dulu sebelum mulai mengerjakan skripsimu.

Bagaimana strukturnya?  Bagaimana tata cara penulisannya?  Bagaimana mekanisme pengerjaan skripsi?  Ini, menjadi penting kamu tahu. Dari sini, Takaiters akan punya gambaran apa saja yang akan dijadikan rujukan bahan penyelesaian skripsi. Terlebih, Takaiters tahu harus memulai darimana, ya.

3. Pilihlah judul dari topik yang paling kamu kuasai

cara lulus skripsi
Foto: Pexels.com

Memilih judul dari tema yang paling kamu kuasai juga sangat penting, lo, Guys. Sebab tepatnya pemilihan judul yang sesuai dengan kapasitas dirimu akan sangat membantu dalam penyelesaian skripsi. Seringkali, nih, terjadi pemilihan judul yang asal-asalan “yang penting diterima”, ini, sebenarnya menjadi masalah awal kesulitan penyelesaian skripsi.

Kalau sudah begini ujung-ujungnya Mahasiswa jadi galau sendiri, juga merasa tertekan untuk kelanjutan skripsinya. Jadi, memilih judul harus dari tema yang Takaiters kuasai, ya. Agar skripsi dapat segera tuntas dan berjalan lancar. Kelulusan pun bukan sekadar khayalan yang sulit tercapai.

4. Kenali karakter Dosen Pembimbing

lulus skripsi
Foto: Pexels.com

Kenapa ini masuk ke dalam point penting dalam tingkat kesusksesan skripsi? Ya, karena jika kamu memahami karakter dosen pembimbing maka akan lebih mudah berkomunikasi dan mengerti apa yang dosen maksud saat proses bimbingan. Ingat pepatah “Tak Kenal Maka Tak Sayang”, ini, Guys. Maka mengenali karakter dosen pembimbing itu penting.

Tidak hanya itu, lo, Guys. Kamu juga dapat meminimalisir kesalahan dalam skripsi.  Nah, dengan memahami karakter dosen pembimbing, skripsimu akan lebih mudah di Acc, lo! Enggak percaya? Dicoba saja Guys!

Dan seringnya, lagi, nih, Mahasiswa dan Mahasiswi belum memahami betul karakter dosen pembimbing, sehingga saat pelaksanaan bimbingan dan banyak terjadi kesalahan hanya berpikir “Yah, banyak baget coretannya.” “Revisi lagi dan lagi.” “Ini, apa maksudnya, ya?” terus ujung-ujungnya coretan dosen jadi hal yang paling menakutkan dan bagai mimpi buruk. Efeknya bisa buat frustasi, nih.

Hmm… Jangan sampai ini terjadi pada, Takaiters, ya. Makanya Takaiters sangat perlu mengenali karakter dosen pembimbing ini supaya miskomunikasi tidak pernah terjadi. Komunikasi lancar, bimbingan aman tanpa baperan, dan kelulusan segera tercapai. Mau kan, Guys?

5. Banyak membaca sebagai sumber informasi

tips lulus skripsi
Foto: Pexels.com

Kamu harus banyak-banyak membaca buku untuk investasi isi kepalamu, ya, Guys. Jangan lupa membaca itu makanan bergizi buat otak, lo. Apalagi untuk menyelesaikan sebuah karya tulis, kamu wajib banyak-banyak melakukan riset untuk hasil yang maksimal. Dengan begitu skripsimu pun isinya lebih berbobot dan dapat dipertanggungjawabkan.

Jika saja Mahasiswa malas membaca atau bahkan hanya membaca satu-dua buku maka kamu pasti akan kesulitan dalam menyelesaikan skripsi. Sebab menyelesaikan skripsi itu sulit-sulit mudah, lo. Kalau kamu tidak membaca atau hanya sedikit sekali membaca, lalu apa yang bisa kamu tuliskan untuk menjadi isi skripsimu, Guys?

Riset membutuhkan banyak bahan pendukung untuk penyelesaian study kasus dalam karya tulis dan salah satunya dengan membaca. So, jangan pernah malas membaca, ya, Guys.

Nah, itu dia tips-tips agar skripsimu sukses. So, jangan pernah menyerah, ya, guys. Lakukan pengorbanan yang terbaik maka hasilpun akan sebanding dengan yang kamu lakukan.