Halo, Takaiters!

Ada beberapa jenis buah yang kaya nutrisi sampai ke kulitnya. Termasuk buah jeruk yang memiliki kandungan minyak esensial, minyak inilah yang menjadikan khasiat untuk kecantikan.

Mau tahu gimana cara memanfaatkan kulit jeruk untuk perawatan kecantikan? Yuk, kita kupas ragam khasiatnya dilansir dari situs style Craze dan DIY Natural.

1. Minyak untuk Mandi

cara memanfaatkan kulit jeruk lemon
Foto: indozone.id

Air mandi yang dicampur minyak jeruk alami bisa menstimulasi kulit. Caranya, tambahkan kulit jeruk yang sudah diatur ke dalam air mandi kita.

2. Manicure Kulit Jeruk Guna Menjadikan Kuku berkilau

cara mengolah kulit jeruk untuk kesehatan
Foto: shopee.co.id

Minyak alami yang terkandung dalam kulit jeruk bisa juga digunakan untuk menjadikan kuku bersinar. Caranya cukup mudah, gosok kuku dengan bagian luar kulit jeruk.

3. Mencerahkan Kulit dengan Parutan Kulit Jeruk

cara mengolah kulit jeruk nipis
Foto: beautynesia.id

Parutan kulit jeruk yang campur dengan yogurt tawar atau susu bisa dipakai sebagai masker. Ini berguna menjadikan kulit lebih cerah dan bercahaya dengan alami.

4. Mengusir Nyamuk dengan Olesan Kulit Jeruk

Foto: rumah123.com

Nyamuk tidak menyukai aroma yang dikeluarkan oleh kulit jeruk karena itu kita bisa menggunakan kulit jeruk untuk mengusir nyamuk. Caranya cukup mudah, oleskan bagian luar kulit jeruk ke kulit kita.

5. Atasi Ketombe untuk Tonik Kulit Jeruk

Foto: okezone.com

Caranya, campur parutan kulit jeruk dengan air lalu biarkan semalaman. Terapkan pada rambut guna menyingkirkan ketombe, campuran ini juga bisa membantu membersihkan dan menutrisi rambut.

6. Bubuk Kulit Jeruk Untuk Menurunkan Berat Badan

cara memanfaatkan kulit jeruk untuk wajah
Foto: tribunnews.com

Diketahui bahwa kulit jeruk membantu meningkatkan metabolisme tubuh. Metabolisme yang aktif akan membantu menurunkan berat badan, dengan mengonsumsi kulit jeruk yang sudah diolah menjadi bubuk itu sangat membantu menurunkan berat badan.

7. Masker Kulit Jeruk Untuk mengangkat Sel Kulit Mati

Foto: pikiran-rakyat.com

Cara membuat masker kulit jeruk, bersihkan kulit jeruk lebih dahulu dan lumatkan. Tambahkan satu sendok makan yogurt buatlah pasta dari campuran tersebut. Cuci wajah dengan sedikit air hangat guna menghilangkan kotoran. Oleskan masker kulit jeruk secara merata ke seluruh bagian wajah, gosok dengan gerakan melingkar, lalu biarkan selama 30 menit. Kemudian basuh wajah dengan air dingin.

Masker alami ini bisa mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran pada wajah, sehingga wajah akan tampak lebih bercahaya dan segar.

Demikian cara memanfaatkan kulit jeruk guna perawatan kecantikan wajah. Silahkan dicoba! Kita bisa menggunakan jeruk mandarin, keprok, santang, siam, atau clementine. Intinya gunakan jeruk yang berwarna kuning atau oranye dan berkulit tipis. Jeruknya dimakan, kulitnya buat perawatan wajah. Enak sekali, kan, Takaiters!