Hai, Takaiters!

Setelah lulus dari jenjang SMA/MA, kamu yang memilih kuliah pasti dibingungkan dengan beberapa opsi. Tak jarang dari kamu meminta saran dari orang tua sebelum memilih jenis perguruan tinggi. Ada pula yang konsultasi ke ruang BK untuk mendapat informasi lanjutan.

Sayangnya, sebagian siswa SMA yang melanjut ke perguruan tinggi negeri belum memiliki pemahaman yang cukup mengenai dunia kampus. Mereka asal memilih kampus saja saat mendaftar. Lalu, setelah merasakan bangku perkuliahan, mereka baru mengetahui betapa pentingnya tahu jenis-jenis perguruan tinggi.

Saat kamu merasa bingung memilih Perguruan Tinggi Negeri, kamu pasti semakin bimbang. Agar kamu tidak salah pemahaman, inilah jenis-jenis perguruan tinggi negeri di Indonesia yang bisa menjadi salah satu pilihanmu!

Memilih Perguruan Tinggi Negeri
Foto: tekno.tempo.com

1. Universitas Negeri

Universitas negeri pada umumnya banyak dikenal oleh siswa SMA atau MA. Hal ini dikarenakan mereka lebih banyak mengetahui informasi mengenai ini dari alumni maupun sekolah. Di universitas negeri, kamu bisa memilih jurusan yang kamu sukai. Sangat banyak pilihan jurusan di sana.

Yang perlu di garis bawahi adalah universitas negeri menyediakan berbagai jalur masuk. Misalnya saja yang paling familiar kita dengar adalah melalui SNMPTN, SBMPTN, mandiri reguler, dan mandiri prestasi. Di universitas negeri, kamu hanya dibebankan UKT (Uang Kuliah Tunggal) saat kamu menjalani perkuliahan dalam 8 semester. Namun, ada juga kampus yang memberlakukan uang pangkal untuk jalur mandiri.

2. Politeknik Negeri

Politeknik identik dengan lulusan SMK yang punya keahlian khusus. Namun, jangan khawatir. Lulusan SMA juga memiliki peluang yang sama untuk psekolah di politeknik. Keunggulan belajar di politeknik adalah kamu memiliki keahlian melalui praktik yang lebih banyak daripada sekadar teori.

Untuk jalur masuk politeknik, biasanya ada SNMPN (dulu PMDK), SBMPN, dan mandiri politeknik. Politeknik menyediakan program diploma. Yang paling banyak di minati adalah D-3 dan D-4. Jadi, jika kamu ingin masuk politeknik, kamu harus banyak belajar ya. Semoga keinginanmu bisa tercapai bagi yang ingin kuliah di sini.

3. Perguruan Tinggi Keislaman Negeri (UIN, IAIN, STAIN)

Perguruan tinggi keislaman bisa menjadi pilihan untuk kamu yang ingin mendalami ilmu umum dan ilmu keagamaan. Baik lulusan SMA, MA, maupun SMK bisa mendaftar di PTKIN. Banyak jalur yang sudah disediakan. Misalnya: SPAN PTKIN, UMPTKIN, mandiri prestasi, dan mandiri reguler.

Untuk biaya yang dibebankan berupa UKT yang dibayar tiap awal semester. Keunggulan PTKIN adalah tidak membebankan uang langkal kepada mahasiswa. Mahasiswa hanya membayar UKT per semester saja. Selain mata kuliah, di PTKIN biasanya ada penunjang lain yang bisa menambah wawasan seputar keagamaan.

Itulah jenis perguruan tinggi negeri di Indonesia. Kamu bisa menimbang kembali pilihanmu agar tidak salah memilih kampus. Sebab, ini sangat menentukan masa depan kamu.

Selain itu, untuk kamu yang ingin melanjutkan kuliah, dan memilih Perguruan Tinggi Negeri, kamu harus banyak membaca dan mencari informasi. Contohnya seperti sekarang ini yang mana politeknik negeri diikutsertakan dalam jalur SNMPTN untuk D-4 saja. Sementara D-3 masih melalui jalur yang sama seperti tahun sebelumnya.

Tetap semangat jangan lupa untuk senantiasa berdoa. Ingatlah jika apa yang kamu usahakan hari ini, itulah yang akan kamu petik di hari kemudian. Kejarlah mimpimu setinggi langit. Jangan patah semangat, tetaplah bangkit!