Siapa sih Takaiters yang belum pernah mendengar nama Kota Solo? Rasanya kota yang satu ini sudah begitu populer di bumi nusantara ini. Bukan hanya memiliki ragam destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi, Solo juga memiliki sejumlah makanan khas yang bercitarasa unik dan sayang untuk dilewatkan.

Berburu kuliner menjadi salah satu hal yang sangat seru dilakukan saat mengunjungi suatu daerah. Begitupun kota Solo yang begitu kaya dengan kuliner khasnya mulai dari yang manis, gurih, berbahan daging, ataupun lainnya. Nah, bagi Takaiters yang kebetulan berencana menghabiskan waktu liburan di kota Solo, beberapa makanan khas Solo berikut wajib banget dicobain saat berkunjung ke sana nanti.

Nasi Liwet Makanan Khas Solo yang Melegenda

Foto: 2.bp.blogspot.com

Kuliner Solo yang satu ini memang sudah sangat terkenal baik di kalangan masyarakat Solo sendiri ataupun bagi para wisatawan yang mampir ke sana. Sajian kuliner ini terdiri dari nasi yang diolah secara khusus dengan ditambahkan beberapa komponen lauk seperti sayuran, telur, opor, kumut, dan lainnya. Semua komponen makanan tersebut biasanya disajikan di atas daun pisang yang tersaji secara unik.

Menemukan warung ataupun tempat makan yang menyediakan menu nasi liwet di kota Solo pastinya bukan hal yang terlalu sulit. Namun, ada salah satu spot kuliner khas Solo ini yang sangat legendaris. Ini adalah Kedai Wongso Lemu yang ada di kawasan Jalan Teuku Umar, Keprabon. Kedai nasi liwet ini sudah ada sejak tahun 1950-an.

Tengkleng Kuliner Solo Wajib untuk Dicoba

Foto: id.openrice.com

Makanan khas lain yang tak boleh dilewatkan sata berkunjung ke kota Solo adalah tengkleng. Ini merupakan suatu sajian olahan tulang dengan sisa dading menempel yang cukup unik dan kaya rempath. Biasanya olahan yang satu ini menggunakan bahan dari hewan berkaki empat seperti kambing ataupun sapi. Sebagaimana nasi liwet, menemukan kuliner khas Solo ini sebenarnya tak cukup sulit. Salah satunya adalah sebuah warung yang ada di Pasar Klewer yang sangat terkenal dengan sajian tengkleng kepala kambingnya.

Lezatnya Sate Buntel Khas Solo

Foto: .travelingyuk.com

Mendengar kata sate pastinya sudah tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Nah, buat Takaiters yang mengaku hobi dengan sajian kuliner sate pastinya wajib mencoba sate unik khas kota Solo ini. Ya, namanya sate buntel. Sate ini memang cukup unik. Sate ini terbuat dari olahan daging kambing yang dicincang kemudian dibalut dengan lemak kambing lalu dibakar di atas bara api sebagaimana memangang sate pada umumnya.

Kelezatan dari makanan khas Solo yang satu ini memang tak perlu diragukan lagi. Penasaran dengan kuliner unik Solo tersebut? Warung Hj. Bejo bisa jadi pilihan menarik untuk dikunjung. Warung sate buntel ini sangat terkenal di Kota Solo. Uniknya lagi, para pengunjung warung sate bisa menyantap sajian kuliner lezat tersebut sambil menikmati pertunjukan langgam Jawa. Wow, unik sekali bukan.

Serabi Oleh-Oleh Menarik dari Solo

Foto: solovely.id

Kuliner yang satu ini pastinya sudah cukup familiar di telinga masyarakat Indonesia. Kota Solo rupanya juga memiliki olahan serabi yang sangat terkenal yaitu Serabi Notosuman. Hal ini memang cukup masuk akal karena sajian serabi tersebut berkembang di kawasan Notosuman. Keunikan serabi ini adalah tidak disajikan dengan kuah manis dan kental sebagaimana pada umumnya sajian serabi serta bentuknya pun lebih tipis. Selain bisa dicoba di tempat, serabi juga banyak dipilih sebagai oleh-oleh.

Sebenarnya selain keempat sajian makanan khas di atas, Solo masih memiliki beberapa sajian kuliner unik dan menarik lainnya yang sayang untuk dilewatkan seperti selat Solo, timlo, serta soto dagingnya. Nah, kira-kira Takaiters mau nyobain yang mana duluan nih saat berlibur ke kota Solo?