Halo, Takaiters!

Adakah Takaiters yang berencana untuk traveling di bulan Ramadan ini? Kamu tetap bisa, kok, menikmati keseruan traveling meskipun sedang berpuasa. Memang bukan hal mudah untuk menahan lapar serta haus ketika traveling, apalagi kegiatan ini juga seringkali menguras tenaga.

Sebenarnya bukan hal yang tak mungkin untuk melakukan traveling ketika berpuasa asalkan kamu memahami bagaimana cara yang benar. Ingin tahu seperti apa caranya? Intip, nih, beberapa tips traveling saat puasa yang perlu kamu perhatikan supaya perjalananmu tetap seru dan menyenangkan.

Pilih Destinasi Wisata Ramah Muslim ketika Traveling saat Puasa

Image result for destinasi wisata ramah muslim
Foto: thesonet.com

Saat ingin melakukan traveling di bulan puasa, memilih sejumlah destinasi wisata yang ramah muslim pastinya akan lebih menyenangkan. Ini akan lebih membuatmu mudah menemukan masjid untuk beribadah serta tempat makan yang halal untuk sahur serta berbuka.

Selain itu, destinasi wisata yang ramah muslim juga akan membantumu untuk tetap menikmati momen ibadah di bulan puasa terasa lebih istimewa. Untuk destinasi wisata di Indonesia, mungkin kamu tak akan kesulitan untuk menemukan pilihan yang pas dan nyaman untuk traveling saat berpuasa. Sedangkan buat kamu yang ingin traveling ke luar negeri, kamu bisa memilih untuk pergi ke Malaysia, Brunei Darussalam, Turki, Mesir, ataupun negara lainnya.

Cari Tahu Waktu Sahur dan Berbuka di Tempat Tujuan Wisata

Related image
Foto: popbela.com

Kamu pastinya sangat paham bahwa jadwal sahur dan berbuka di masing-masing tempat bisa berbeda. Inilah mengapa kamu sebaiknya mencari tahu terlebih dahulu tentang info waktu sahur dan berbuka di tempat tujuan traveling saat puasa yang akan kamu datangi baik melalui internet ataupun teman yang yang kebetulan tinggal di sana.

Cara yang paling mudah dan praktis adalah dengan mengunduh aplikasi khusus muslim di smartphone untuk mengetahui waktu sahur, berkuka, jam-jam adzan, serta kiblat shalat.

Jangan Melakukan Aktivitas Berat

Image result for jangan lakukan aktivitas berat
Foto: lifestyle.kompas.com

Meskipun siang hari bisa jadi waktu yang pas untuk menjelajah destinasi wisata, pastikan kamu benar-benar mengatur jadwal perjalananmu dengan baik. Jangan sampai kamu melakukan aktivitas yang terlalu berat ketika berpuasa.

Kamu bisa mengunjungi sejumlah tempat wisata outdoor di pagi, sore, ataupun malam hari. Sedangkan untuk siang hari, kamu bisa memilih tempat wisata indoor sehingga kamu bisa terhindar dari dehidrasi dan kuat berpuasa seharian.

Konsumsi Makanan Bernutrisi saat Sahur

Image result for menu sahur sehat
Foto: hellosehat.com

Saat berpuasa, makan sahur menjadi hal yang penting untuk diperhatikan terutama ketika kamu sedang traveling. Pastikan kamu memilih menu makanan bernutrisi saat sahur dengan memenuhi asupan karbohidrat, serat, serta protein namun tetap jangan berlebihan.

Selain itu, kamu sebaiknya menghindari mengkonsumsi kopi ataupun teh ketika sahur karena ini bisa menjadi pemicu intensitas buang air kecil sehingga bisa membuatmu mudah haus. Kamu bisa memilih untuk minum air putih atau susu sebagai penunjang kebutuhan cairan.

Sediakan Camilan dan Air Putih dalam Tas

Image result for cari tahu waktu sahur
Foto: inet.detik.com

Ini hanya untuk berjaga-jaga saja siapa tahu saat berbuka puasa tiba, kamu belum nenemukan tempat makan. Kalau bisa, persiapkan camilan manis ketika traveling saat puasa sehingga bisa membantumu memulihkan tenaga setelah berpuasa.

Nah, Takaiters, itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menikmati aktivitas traveling dengan lancar dan nyaman meski sedang berpuasa. Ingat, berpuasa tidak perlu menghalangi niatmu untuk menikmati aktivitas yang kamu sukai. Pastikan untuk merencanakan semuanya dengan matang sehingga traveling saat puasa juga jadi terasa lebih menyenangkan.