Halo, Takaiters!

Tidak terasa, tahun 2020 sudah hampir tutup buku. Di penghujung tahun ini memang selalu memiliki hal menarik untuk diketahui, apalagi kalau bukan tentang menyambut tahun baru. Di Indonesia sendiri, masyarakat punya berbagai cara dalam merayakannya. Mulai dari membuat acara keluarga, menonton pertunjukan musik, berdoa, berdzikir bersama sampai pesta kembang api.

Akan tetapi, negara-negara luar ternyata mempunyai tradisi unik tahun baru yang hanya dilaksanakan menjelang tahun baru, loh. Apa sajakah itu? Yuk, kita simak Takaiters!

1. Hogmanay

Tradisi Unik Perayaan Tahun Baru
Foto: bookingmentor.com

Tradisi ini diadakan setiap Desember di Skotlandia, Takaiters. Hogmanay merupakan tradisi kuno membagikan roti gandum kepada orang-orang terdekat seperti keluarga dan tetangga agar mereka tidak kelaparan.

Adapun sejarah Hogmanah ialah konon, ketika daratan Eropa masih dikuasai bangsa Viking, bangsa tersebut percaya bahwa ada roh jahat yang selalu datang di penghujung tahun. Roh tadi senang mengambil makanan warga.

Meski begitu, seiring waktu Hogmanay telah bergeser makna menjadi salah satu ikon untuk menarik wisatawan.

2. Jolabokaflod

Foto: biencomun.com

Jolabokaflod ialah kegiatan membaca buku tentang Natal. Kebiasaan tersebut bermula saat perang dunia ke-II, saat itu terjadi kelangkaan kertas, sehingga orang-orang berinisiatif membagikan buku untuk hadiah Natal. Namun, di Islandia orang-orang mengubahnya sedikit dengan cara memakan cokelat sambil membaca buku kisah Natal.

3. Joya no Kane, Jepang

tradisi unik tahun baru di berbagai negara
Foto: matcha.jp.com

Ketika malam tahun baru, masyarakat Jepang akan membunyikan lonceng besar di kuil Budha, Takaiters. Adapun lonceng tersebut dibunyikan sebanyak  107-108 kali. Alasannya adalah guna mengusir kejahatan dan agar dosa manusia dapat diampuni.

4. Lempar Piring di Denmark

tradisi unik tahun baru di indonesia
Foto: medantribunnews.com

Warga di Denmark akan melemparkan piring ke pintu rumah tetangga terdekatnya tepat di malam pergantian tahun. Tidak akan ada orang yang marah sebab tradisi ini memang selalu dilaksakan setiap tahunnya. Selain itu, ada pula tradisi melompat dari kursi. Wah, aneh juga ya, Takaiters.

5. Menginap di Makam Keluarga

tradisi unik tahun baru di dunia
Foto: soloevent.id

Takaiters, apa yang pertama kali kamu rasakan saat mendengar menginap di makam? Pastinya bakal terkesan horor. Namun, warga Chile malah menjadikannya sebagai tradisi, loh. Setiap pergantian tahun, orang-orang di sana akan pergi ke pemakaman keluarga dan merayakannya. Hal ini bukan tanpa alasan. Orang-orang tadi ingin memeriahkan suasana tahun baru bersama anggota keluarga yang meninggal.

Tradisi yang cukup membuat merinding ini di percaya mengandung makna bahwa orang yang telah wafat akan menunggu anggota keluarga dan hendak merayakan tahun baru bersama-sama.

Nah, itulah 5 tradisi unik dalam merayakan tahun baru di berbagai belahan dunia, Takaiters. Meski begitu, berhubung saat ini masih dalam kondisi pandemi, tidak menutup kemungkinan perayaan-perayaan di atas tidak semeriah yang lalu-lalu.

Namun, kamu masih dapat merasakan kemeriahan tahun baru dengan membuat kegiatan-kegiatan versi kamu dan tentunya harus memerhatikan protokol kesehatan, ya, Takaiters!