Hai, Takaiters!

Apa itu lapar mata?  Yang kita pahami maksud dari lapar mata adalah membeli sesuatu karena hasrat ingin memiliki yang begitu besar, hingga akhirnya menyadari bahwa kita belum atau memang sama sekali tak membutuhkannya.

Apa kamu pernah atau sering mengalaminya, Guys? Jika iya,  berhati-hatilah. Bisa-bisa uang belanja akan selalu menipis ataupun kekurangaan. Miris, kalau di akhir bulan kita sudah tak memegang uang lagi. Hanya menunggu gaji atau pemasukan di  bulan depan.

Nah, agar kita tak minus selalu, mulailah bijak dan bersikap tegas pada diri sendiri. Baca dan simak  tips-tips menghindari lapar mata ini.

1. Catat setiap Kebutuhan yang akan Dibeli saat Berbelanja

Foto: brangkas.id

Teliti mencatat apa-apa saja kebutuhan yang benar-benar harus segera dibeli. Jangan sampai kita mendahulukan membelanjakan yang bukan  prioritas.

2. Belanja di Pasar

Foto: thedailyoktagon.com

Utamakanlah belanja di pasar!  Tentu harganyapun lebih murah daripada di pusat perbelanjaan modern. Di pasar,  berbagai macam kebutuhan sehari-hari tersedia. Terkadang, di supermarket ada keperluan yang tidak kita temukan  seperti di pasar atau mungkin bisa saja tempatnya berjauhan dari satu tempat  bahan kebutuhan ke tempat lainnya.

3. Kurangi Keinginan untuk Selalu ke Mal ataupun Pusat Perbelanjaan Modern Lainnya

Foto: arsitag.com

Di sini kamu memang akan  menemukan banyak kenyamanan, tetapi sadarilah di situlah letak daya tariknya. Pajangan-pajangan yang tertata rapi,  kebersihan dan suasana sejuknya membuat kita sering tergiur. Apalagi tawaran-tawaran menariknya, sungguh merupakan marketing yang hebat. Tanpa sengaja kita pun tergoda untuk membeli barang ataupun bahan kebutuhan sehari-hari yang terkadang belum atau sama sekali tidak kita perlukan.

4. Sebisa Mungkin Berusahalah Menolak atau Menjauhi Teman yang Konsumtif

Foto: cnnindonesia.com

Tak bisa dimungkiri, bagaimanapun pergaulan akan sangat memengaruhi. Jika memang tujuannya baik tak ada salahnya, kok, kamu menghindari berteman dengan orang yang konsumtif. Daripada merugikan diri sendiri, kan? Berteman dengan orang yang hobi belanja, otomatis kamu akan mengikuti gaya hidupnya.

5. Sisihkan dan Simpanlah Uang  untuk Keperluan Tak Terduga

Foto: freepik.com

Ingat ini ketika lapar mata mulai mendera, Guys! Karena kita tak pernah tahu apa yang akan terjadi atau peristiwa apa yang akan kamu alami di masa depan. Biasakanlah untuk selalu menyisihkan sejumlah uang sebagai simpanan, sebagai budget tak terduga. Uang ini kelak akan sangat berguna, misalnya saja untuk persiapan biaya kesehatan, atau hal urgent lain yang membutuhkan biaya mendadak dan banyak.

Nah, mulai sekarang, lebih ariflah bersikap dalam berbelanja! Insyaallah lapar mata akan menjauhimu. Pasti kepuasan akan tercipta jika kita  mampu mengucapkan bye-bye pada lapar mata.