Hai, Takaiters!

Selama wabah corona melanda, pemerintah sudah melakukan berbagai upaya agar penyebarannya dapat diminimalisir. Social distancing adalah upaya yang sudah dilakukan di mana kita harus menjaga jarak terhadap orang lain.

Dalam social distancing semua diharapkan agar bisa mengurangi interaksi dengan orang lain seperti berkumpul di tempat keramaian, kontak fisik dengan orang lain melalui jabatan tangan dan sebagainya. Hal ini disebabkan virus corona ini penyebarannya melalui kontak fisik, mulut, hidung, dan mata bahkan dalam jarak kurang lebih 1 meter virus ini dapat menular.

Setelah social distancing diberlakukan dan ternyata masih kurang maksimal maka pemerintah mengimbau untuk stay at home bagi semua masyarakat Indonesia selama dua pekan. Stay at home diberlakukan sebagai preventif terhadap penyebaran virus corona. Bukan untuk jalan-jalan atau bepergian keluar kota dengan sesuka hati karena adanya aji mumpung ada kesempatan libur. Itu adalah pemikiran yang keliru.

Bagi pelajar, stay at home bukan berarti mereka tidak belajar. Mereka tetap belajar di rumah dengan waktu yang sama seperti di sekolah hanya tempat dan pendampingnya yang berbeda, sedangkan bagi para pekerja kantoran ataupun perusahaan, stay at home  di sini juga bukan berarti libur kerja. Mereka tetap melakukan pekerjaan dari rumah atau istilahnya Work From Home.

Bagi yang memiliki kesempatan stay at home sebaiknya digunakan semaksimal mungkin. Tidak keluar rumah jika memang tidak diperlukan. Kurangi berinterksi dengan orang lain dengan mengindari tempat-tempat keramaian ataupun berkumpul dengan orang lain.

Namun, bagaimana dengan kamu yang tidak bisa stay at home karena tuntutan pekerjaan yang mengharuskan kamu ke luar rumah? So, apa yang harus kamu lakukan agar tetap aman dari virus corona ini?

Niatkan Ibadah dan Positif Thinking

Foto: hariananalisa.com

Bagaimana lagi jika memang harus tetap bekerja dalam kondisi seperti ini? Karena siapa pun pastinya tidak ingin mengambil risiko apalagi berhadapan dengan yang namanya corona, virus yang mematikan yang penyebarannya sangat cepat. Apalagi bagi mereka paramedis yang harus berada di garda terdepan, sangat tidak memungkinkan untuk stay at home.

Jika memang harus berangkat kerja ataupun mencari nafkah, niatkanlah hal itu sebagai ibadah. Pasrahkan pada Tuhan yang sang Penjaga dan Pemberi Perlindungan. Berpikirlah positif bahwa kamu tidak akan terkena virus ini. Yakin dan tetap positive thinking.

Gunakan Masker

Foto: walipop.com

Saat ke luar rumah pastilah akan bertemu dengan banyak orang. Begitu juga di tempat kamu bekerja akan banyak berinteraksi dengan rekan-rekan kerja yang lain. Kamu tidak akan tahu kondisi orang-orang yang berada di sekelilingmu karena virus ini tidak langsung menampakan tanda-tanda yang signifikan bagi mereka yang sudah terkena. Untuk melindungi diri dan berjaga-jaga gunakanlah masker. Masker dapat menutup mulut dan hidung kamu karena virus corona penularannya bisa melalui mulut dan hidung.

Jaga Kesehatan Tubuh

sauted mixed vegetables
Foto: freepik.com

Menjaga kesehatan tubuh adalah hal yang wajib dilakukan. Kondisi tubuh yang lemah akan mudah terjangkit virus ini. Untuk itu mulailah menjaga kesehatan tubuh masing-masing. Sering-seringlah mencuci tangan dengan menggunakan sabun dan air yang mengalir.

Biasakanlah sarapan sebagai suplemen tubuh setelah mengalami istirahat panjang, yaitu tidur semalaman. Perhatikan pola makan dan asupan gizi yang terkandung dalam tiap makanan yang dikonsumsi. Makanlah vitamin sebagai suplemen tubuh agar tetap fit.

Istirahat Cukup

Foto: pexels.com

Selain memperhatikan pola makan dan asupan gizi, istirahat yang cukup juga perlu dilakukan. Dengan istirahat yang cukup maka metabolisme tubuh akan tetap terjaga. Metabolisme yang terjaga akan berpengaruh pada pikiran yang nyaman tidak stres dan tetap tubuh akan tetap bugar. Usahakan jangan tidur terlalu malam sehingga bisa bangun lebih awal dipagi hari agar dapat menghirup udara pagi yang masih bersih.

Selesai Kerja Usahakan Langsung Pulang

Foto: etaustralia.com

Jika selama ini terbiasa mampir ke tempat-tempat keramaian seperti pusat perbelanjaan, pasar ataupun toko-toko selepas kerja, usahakan agar hal itu tidak dilakukan lagi. Segeralah pulang dan sesampainya di rumah cucilah tangan dan juga bersihkan badan.

Takaiters, bagi kamu yang memang harus tetap pergi kerja, mungkin cara di atas bisa kamu jadikan catatan penting agar kamu tetap save meskipun harus pergi kerja dalam situasi seperti ini. Positive Thinking dan Be sure kamu akan selamat.