Holla, Takaiters!

“Asal” adalah panggilan para guru serta ulama Makkah pada sosok muda berparas tampan yang bernama Syekh Asal Syu’bah bin Haji Yanto al-Makki al-Banjari atau akrab disapa ustaz Asal Yanto. Ustaz Asal memang lahir dan besar di kota Makkah, tetapi beliau adalah pemuda asli Indonesia, lho. Sosoknya pun wara-wiri di sosial media. Muda, tampan, cerdas, bersuara merdu, dan berprestasi membuat pemuda Banjar ini mudah sekali dikenali oleh masyarakat.

Bagi kamu yang penasaran dengan sosok imam tetap masjid di kota Makkah ini, simak ulasannya, ya, Guys!

Ustaz Asal Yanto lahir dari keturunan Indonesia asli, lho

Ustaz Asal Yanto lahir di kota Makkah pada tahun 1997. Ia merupakan putra pertama dari ustaz Yanto dan ustadzah Mariyati. Meski menetap di Makkah, tetapi ia masih berstatus sebagai warga negara Indonesia, lho. Kedua orang tuanya berasal dari Ambutan, Kandangan, Kalimantan Selatan.

Tidak seperti ustaz lain pada umumnya, ustaz asal ternyata tidak pernah mengenyam pendidikan pesantren. Ia hanya tinggal di rumah orang tuanya, lho. Meski begitu, ustaz Asal termasuk salah satu pemuda berprestasi yang giat mendalami Alquran, Guys. Prestasinya pun membawa harum nama Indonesia di mata dunia. Subhanallah!

Tidak hanya tampan, ustaz Asal Yanto juga punya segudang prestasi yang berhasil diraih pada usia muda

Pada usia 12 tahun, ustaz Asal sudah berhasil menyelesaikan hafalan Alquran dengan predikat Excellent dari Lembaga Hafalan Alquran tingkat Kota Makkah. Selain itu, ia juga berhasil menamatkan Alquran riwayat Syu’bah bin ‘Ashim Al-Kufi di bawah bimbingan Imam masjid Al Haram, lho, Guys.

Tidak puas sampai di situ, ustaz Asal juga pernah mendapat juara pertama Musabaqah Tilawatil Quran Tingkat Kota Makkah. Jika di Indonesia saja penampilannya menjadi viral, apalagi di tanah kelahirannya. Tak heran jika ustaz Asal juga kerap tampil di televisi serta pada acara-acara tertentu yang dihadiri oleh syekh serta ulama di kota Makkah.

Sejak usia 15 tahun, ustaz Asal sudah didaulat menjadi imam tetap di kota Makkah

Tidak cukup dengan segudang prestasi yang diraih pada usia yang masih belia, sekali lagi ustaz Asal membuktikan bahwa dirinya memang layak diperhitungkan. Didaulat menjadi imam tetap di kota Makkah sejak usia 15 tahun, pun membuktikan jika kemampuannya dalam menguasai ilmu agama terutama Alquran memang tidak main-main, Guys. Jadi imam di kota Makkah, kota suci bagi umat Islam tentu bukanlah hal mudah. Terutama bagi remaja seusianya. Tetapi, ustaz Asal membuktikan jika dirinya mampu dan patut dibanggakan.

Pada tahun 2012, ustaz Asal mulai menjadi imam di beberapa masjid di kota Makkah

Selain sibuk mengajar hafalan, tahsin serta tilawah Alquran, ustaz Asal juga menjadi imam di beberapa masjid di kota Makkah sejak tahun 2012 silam. Di antaranya adalah masjid Al-Bashawiri dan masjid ‘Asyur Bukhari pada tahun 2012, masjid Ar-Ridha pada tahun 2013, masjid Syekh ibn Utsman pada tahun 2014, masjid Bin Laden pada 2015, serta masjid Birrul Walidain pada 2016 dan 2018. Sedangkan pada tahun 2017, ustaz Asal pulang ke Indonesia, Guys.

Ini, lho, Guys pesan ustaz Asal Yanto untuk semua pemuda termasuk kamu

Buat kamu para generasi muda, jangan sampai kalian sibuk dengan hal yang tidak perlu, Guys. Sibukkanlah diri dengan Alquran seperti pesan yang disematkan beliau untuk para pemuda seperti kamu.

Alquran adalah kitab Allah yang paling mulia, diturunkan kepada Nabi Mumahammad saw, nabi terakhir yang sangat dimuliakan juga. Jangan menunggu waktu luang untuk membaca dan mempelajari isinya, tetapi luangkan waktumu untuk Alquran. Insya Allah, Allah akan melapangkan waktu itu untuk melakukan banyak hal yang lebih bermanfaat. Allah yang akan mengatur jika kamu mau mendekatkan diri pada Alquran, Guys. Yuk, rajin baca Alquran lagi!