Hai, Takaiters!

Menceritakan sosok yang penuh inspirasi pasti enggak akan pernah bosan, ya, Guys. Bagaimana tidak, sosok inspirasi selalu bisa menambah energi positif untuk diri kita. Sebab, apa saja yang telah dikerjakannya dapat memotivasi kita untuk menjadi lebih baik lagi.

Nah, kali ini kita akan membahas sosok Lie A Dharmawan, seorang dokter ditengah kaum miskin yang penuh inspirasi. Disimak, yuk, Guys!

1. Kehidupan Keras Sejak Kecil

Foto: Google.com

Lie A. Dharmawan Lahir di Padang, 16 April 1946. Dokter Lie, bukanlah lahir dari keluarga yang mampu secara finansial. Siapa sangka sejak kecil dokter satu ini hidup dalam keluarga yang serba kekurangan. Sejak kepergian ayahnya diusia Lie yang baru menginjak 10 tahun, saat itulah sang Ibu harus bekerja keras untuk menghidupi Lie enam bersaudara.

Nah, Guys, ternyata dibalik pribadi luar biasa Lie terinspirasi dari Ibu yang sangat mengagumkan. Bagaimana tidak! Sang Ibu yang hanya tamatan Sekolah Dasar, berjuang keras untuk bisa menyekolahkan ketujuh anak-anaknya yang masih kecil dengan melakoni pekerjaan apa saja seperti: menjadi pencuci piring, baju, pembuat kue, hingga memasak.

2. Tekad Kuat Sejak Kecil

Foto: google.com

Lie A. Dharmawan memiliki tekad kuat menjadi dokter sejak kecil. Cita-cita itu semakin diperkuat dengan kondisi-kondisi yang dialaminya. Mulai dari prihatin melihat masyarakat disekitarnya yang juga serba kekurangan, sehingga memilih berobat ke dukun. Alternatif itu dipilih sebab biaya yang lebih murah.

Nah, Guys, tidak hanya itu, tekad itu juga diperkuat sebab adiknya yang meninggal karena diare akut yang dideritanya dan terlambat mendapat penanganan dokter dan lagi, lagi, karena finansial.

3. Memperjuangkan yang di Cita-Citakan

Foto: google.com

Saat di sekolah Lie pernah ditertawakan oleh teman-temannya, lantas dia mengungkapkan cita-citanya untuk menjadi dokter. Kenapa ditertawakan, ya, Guys? Karena Lie berasal dari keluarga miskin. Mungkin teman-temannya menganggap cita-cita itu terlalu tinggi, ya, Takaiters.

Namun, itu tidak mematahkan semangat seorang Lie untuk mewujudkan cita-citanya. Dengan belajar keras dan doa yang tak pernah putus, Lie, lakoni untuk terwujudnya sebuah cita-cita mulia yang ditanamkannya sejak kecil.

4. Jerman Pintu Pertama Cita-Citanya

Foto: google.com

Sejak bertekad dengan cita-cita untuk menjadi seorang dokter, Lie menuliskannya dalam doa-doa supaya bisa kuliah di Jerman. Lie sempat kuliah beberapa hari di sekolah kedokteran Universitas Res Publica (URECA) di Indonesia, kemudian bubar karena Universitas itu dibakar oleh massa.

Setelah perjalanan panjang pahit, Lie lulus tes kedokteran di sebuah Universitas Jerman tanpa beasiswa. Itu artinya Lie harus berjuang lebih keras lagi, Takaiters, untuk memenuhi biaya hidup dan kuliah yang sedang berjalan. Lie melakoni dengan kerja serabutan.

Nah, yang juga jadi inspirasinya, nih, Lie Dharmawan tetap berprestasi meski sibuk dengan bekerja. Lie mendapat beasiswa, dan beasiswa itu digunakan untuk sekolah adik-adiknya, lo.

5. Lulus Kedokteran dengan 4 Spesialis

Foto: liputan6.com

Doa dan kerja keras yang ditanamkan kuat dalam tekad terbukti ya, Guys! Lie Dharmawan membawa gelar dokter ke Indonesia dengan 4 spesialis sekaligus yaitu dokter ahli bedah umum, ahli bedah toraks, ahli bedah jantung, dan ahli bedah pembuluh darah. Wah, inspirasi banget ya, Takaiters!

6. Mendirikan Yayasan DoctorShare

Hasil gambar untuk DoctorShare
Foto: todayonline.com

Mendirikan yayasan ini bertujuan untuk kemanusiaan. Dr.Lie tetap lurus menjalankan niatnya, ya, Guys. Nah, ini juga menjadi gerbang awal tercapainya impian Lie, untuk bisa mengobati kaum miskin. Eits, dibalik kerenya seorang Lie dan konsistensi yang dimilikinya, ternyata ada kata-kata mujarab dari sang Ibu, lo, Guys. Ibu Lie pernah berpesan “Lie, kalau kamu jadi dokter, jangan memeras orang kecil. Mereka bisa membayar kamu, tetapi ketika sampai di rumah mereka akan menangis, karena tidak mampu lagi membeli beras.” Bikin baper, ya, Guys?

7. Mendirikan Rumah Sakit Apung

Foto: google.com

Bersama DoctorShare, Lie mendirikan rumah sakit apung, dengan tujuan membantu orang-orang miskin di atas kapal yang terbuat dari kayu. Lie, rela menjual rumahnya untuk bisa membeli kapal bekas pengangkut semen, ini, lo, Takaiters. Dengan Cuma-Cuma dokter inspirasi ini menolong orang-orang miskin yang tidak dapat berobat karena masalah geografis dan finansial.  Kini rumah sakit apung itu telah membantu ribuan orang di pelosok Negeri, ini, lo.

Nah, demikian bahasan tentang Dr. Lie Dharmawan yang sangat menginspirasi. Gimana, Takaiters? Jangan mudah menyerah, ya, untuk sesuatu yang baik. Terus perjuangkan!