Hai, Takaiters!

Bangun pagi sangat dianjurkan dalam kesehatan. Ajaran Islam juga mengharuskan umatnya bangun pagi untuk melaksanakan salat Subuh, yaitu ibadah wajib untuk seluruh umat muslim pada waktu fajar. Bahkan dianjurkan juga untuk bangun tengah malam melakukan salat sunah Tahajud. Sebenarnya apa, sih, manfaat dari bangun pagi itu sendiri? Kita kulik, yuk, Guys manfaatnya.

Terhindar dari Penyakit

Foto: mediocostv.com

Rutin bangun pagi akan membuat tubuh terhindar dari penyakit karena pada waktu pagi udara lebih segar belum tercampur polusi asap kendaraan, pabrik, dan sebagainya. Dengan menghirup udara pagi maka akan sangat baik bagi paru-paru, pernapasan, dan juga jantung karena adanya aliran peredaran darah yang lancar ke jantung juga ke organ tubuh lainnya seperti otak yang dapat memaksimalkan fungsi otak dan meningkatkan daya ingat.

Udara pagi juga sangat membantu dalam pembentukan antibodi yang maksimal. Hal ini akan membuat sistim imun kekebalan tubuh meningkat.

Memunculkan Mood yang Bagus

Foto: pexels.com

Udara segara di pagi hari akan membuat tubuh lebih bugar sehingga mampu menciptakan mood yang bagus. Mood yang bagus ini terbentuk karena adanya hormon serotonin di dalam tubuh yang berfungsi menjaga suasana hati dan keseimbangan mental.

Rutin bangun pagi juga akan memberikan banyak pengaruh positif dalam beraktivitas dan pada lingkungan sekitar.

Membuka Pintu Rezeki

Foto: pexels.com

Dalam agama Islam orang yang rajin bangun pagi maka pintu rezekinya pun akan dibukakan dan dilancarkan. Bahkan, agama Islam menganjurkan agar di waktu pagi diawali dengan sedekah yang akan memperlancar rezeki.

Pada waktu pagi malaikat turun dan ikut mendoakan orang-orang yang bangun pagi untuk beribadah juga bersedekah. Mengawali pagi dengan sesuatu yang bermanfaat pasti juga akan mendatangkan manfaat yang lebih baik dan lebih berkah.

Mendatangkan Kebahagiaan Lebih

Foto: unsplash.com

Orang yang bangun pagi akan mendapatkan kebahagiaan yang lebih karena banyak sekali berkah yang didapat jika rutin bangun pagi dengan niat yang baik. Kebahagiaan akan ketenangan hati, terhindar dari penyakit, jauh dari rasa malas, dibukakan pintu rezeki juga merupakan kebahagiaan yang tidak ternilai harganya.

Menumbuhkan Kedisiplinan

Foto: intisari.grid.id

Dengan rutin bangun pagi maka dengan sendirinya akan tumbuh jiwa kedisiplinan karena bangun pagi itu sendiri tidak semua orang bisa melakukannya secara rutin. Dari mulai bangun pagi juga sudah terlihat rutinitas sehari-hari yang tertata. Orang yang bangun pagi tidak akan menyia-nyiakan waktunya untuk hal-hal yang tidak bermanfaat.

Menjadikan Kondisi Mental yang Lebih Baik

Foto: pexels.com

Orang yang rutin bangun pagi akan cenderung memiliki mental yang lebih baik karena munculnya aura positif dalam jiwanya. Mereka cenderung akan lebih optimis dalam menjalani hidup, positif thinking dan selalu merasa puas akan apa yang diperolehnya.

Menciptakan Ketenangan Hati

Foto: universal.org

Pada pagi hari, suasana masih terasa sunyi dan hening. Disitulah ada kenikmatan untuk benar-benar mengistirahatkan hati. Dengan bersimpuh dan berdoa pada Yang Maha Kuasa melabuhkan seluruh hati dan jiwa maka ketenangan dan damai benar-benar bisa dirasakan secara maksimal.

Takaiters, Yakin, nih, masih malas-malasan bangun pagi setelah tahu banyak banget manfaat yang bisa kamu rasakan dari bangun pagi ini? Yuk, mulai mencoba untuk rutin bangun pagi.  Berat memang mengawalinya, tetapi jika kamu sudah merasakan nikmatnya bangun pagi, kamu malah akan nyesel jika terlambat bangun sekali saja karena banyak sekali momen-momen berharga yang hilang di waktu pagi. Ayo, Guys, mulai bangun pagi!