Hai Takaiters!

Takaiters pasti sudah tidak asing bukan dengan web browser?

Web browser merupakan perangkat lunak yang diciptakan untuk menjelajahi dunia internet. Terdapat bermacam-macam web browser yang bisa Takaiters gunakan seperti Google Chrome, Mozilla firefox, maupun Opera Mini.

Namun, tahukan Takaiters apa perbedaan antar ketiganya jika ditinjau dari kelebihan serta kekuranganya? Jika belum, berikut Takaitu.id rangkum kelebihan dan kekurangan yang menjadi perbedaan web browser tersebut dari beragam sumber.

1. Google Chrome

perbedaan web browser dan search engine
Sumber: zdnet.com

Google Chrome adalah web browser yang dikembangkan oleh Google pada tahun 2008. Pada mulanya, google chrome hanya ditunjukan untuk Microsoft Windows. Namun  kemudian, hal tersebut berubah ketika web browser ini di porting ke Linux, macOS, iOS, hingga Android.

Diperkirakan oleh StatCounter dan NetMarketShare pada Mei 2020. Chrome akan memiliki 68% pangsa pasar peramban di seluruh dunia setelah memuncakinya pada November 2018.

Tingginya pangsa pasar tersebut juga tidak lepas dari kelebihan yang diberikanya pada pengguna seperti desainnya yang simpel, minimalis dan praktis. Sehingga halaman situs yang sedang dibuka akan terlihat lebih lapang dan luas, sistem security kuat. Dan menjadi browser yang paling tahan terhadap serangan hacker.

Terintegrasi dengan Google Translate dan Google Search yang memungkinkan pengguna untuk menterjemahkan halaman. Halaman yang sedang dibuka ke berbagai bahasa termasuk bahasa Indonesia. Serta dapat mencari informasi via Google hanya dengan memasukan kata kunci dalam address bar Google Chrome.

Namun, dari kelebihan tersebut pula terdapat kekurangan yang harus Takaiters ketahui. Seperti lambat jika dipasang terlalu banyak add-ons/extensions, Error saat membaca CSS termasuk java scriptnya serta tidak bisa membuka situs atau halaman tertentu.

2. Mozila Firefox

perbedaan web browser dan web server
Foto: mozilla.org

Mozilla Firefox adalah web  browser yang dikembangkan oleh Yayasan Mozilla dan ratusan sukarelawan pada 9 November 2004. Firefox telah di unduh lebih dari 5 juta kali dalam 12 hari pertama rilisnya dan 6 juta hingga 24 November 2004.

Fitur yang ditawarkan Firefox meliputi penggunaan tab, pengecekan ejaan, pencarian, bookmark, mengembalikan session, pengunduhan, serta private browsing.

Untuk kelebihan yang ditawarkan oleh Mozila Firefox, pengguna akan mendapat sistem security yang kuat, bisa membuka halaman Website yang dikhususkan untuk ponsel. Serta kemudahan dalam memperbaharuinya.

Namun, ada beberapa kekurangan yang harus Takaiters hadapi ketika menggunakanya seperti loading yang lumayan lama hingga terkadang  terjadi hang atau crash.

3. Opera

Opera Mini adalah web browser yang dirancang khusus untuk ponsel, PDA Phone dan Smartphone. Web browser ini tersedia dalam beberapa platform seperti Java MIDP 2.0/ Java J2ME, Android, Windows Mobile, iOS, BlackBerry OS, UIQ3, Symbian, dan Zeebo.

Beberapa keunggulan yang diberikan oleh opera seperti memiliki email client dan rss sendiri (terintegrasi) sehingga Takaiters tidak perlu memakai email client lain seperti Outlook, Thunderbird dan lainnya.

Selain itu, opera juga memiliki pemanggilan kembali Cache yang cepat, memiliki fitur mouse gestures, memiliki fitur Turbo yang mampu mengkompres halaman saat koneksi lambat serta mampu diintegrasikan (sinkron) dengan Opera Mini khusus ponsel.

Kekurangan sendiri adalah opera sedikit lambat dalam membaca script pada beberapa halaman situs serta terlalu banyak menu/bar sehingga terkesan kurang praktis. Lebih lanjut, apabila koneksi Takaiters lambat.

Maka fitur turbo kurang begitu terasa dan dengan sistem kompres yang melekat padanya akan menyebabkan gambar dan/atau multimedia akan terlihat kurang jelas dan buram.

Itulah perbedaan Web Browser yang sering kita gunakan, Takaiters! Dari ketiga Web Browser ini, Takaiters lebih nyaman menggunakan yang mana?