Hai, Takaiters!

Salat Tarawih adalah salah satu salat sunah yang hanya dilakukan selama bulan Ramadan. Salat sunah ini dilakukan setelah mengerjakan salat Isya. Jumlah rakaatnya ada yang melakukan 11 rakaat dengan Witir dan 23 rakaat dengan Witir. Salat Tarawih tidak harus dilakukan secara berjamaah di masjid ataupun musala, tetapi bisa juga dilakukan di rumah baik berjamaah maupun sendiri.

Lalu, kenapa harus ada salat Tarawih yang rakaatnya lumayan banyak sementara tubuh sudah lelah setelah melakukan puasa seharian? Allah mengatur hal demikian pasti sudah ada hikmah dan manfaat yang bisa diperoleh dengan menjalankan salat Tarawih ini. Penasaran apa manfaat dari salat Tarawih? Simak, yuk, Guys!

Menguatkan Tulang Persendian

Foto: republika.com

Jumlah rakaat yang cukup banyak dalam salat Tarawih, jika dilakukan secara rutin dan dengan gerakan yang benar maka sudah dipastikan akan membawa pengaruh besar pada tulang persendian di mana tulang-tulang persendiaan menjadi lebih sehat dan kuat.

Membakar Kalori dalam Tubuh dan Menurunkan Kadar Gula Darah

Foto: republika.com

Berbuka puasa akan cenderung menyantap hidangan dengan jumlah yang berlebih. Hidangan yang disantap pun akan cenderung manis. Sementara makanan yang manis sangat cepat meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Untuk menetralisir kadar gula darah tersebut maka harus banyak melakukan olahraga.

Nah, salat Tarawih adalah salah satu solusinya. Dengan melaksanakan salat Tarawih secara teratur dengan gerakan yang benar dan berulang-ulang maka kadar gula darah akan menurun di samping itu juga bisa membakar kalori dalam tubuh.

Menjaga Jantung Tetap Sehat

Foto: ombakbergigi.com

Salat Tarawih yang dilakukan secara rutin dengan gerakan yang benar dan teratur akan membantu menjaga keseimbangan detak jantung. Menurut riset yang dilakukan di Universitas Harvard melakukan salat Tarawih sama dengan senam jantung atau latihan kardio. Efek yang didapat dari salat Tarawih tubuh akan terasa lebih nyaman.

Mengoptimalkan Fungsi Otak

Foto: fimadani.com

Dengan melakukan salat Tarawih secara teratur maka peredaran darah akan lancar. Suplai nutrisi yang dialirkan ke otak juga lancar sehingga otak akan lebih bisa bekerja secara optimal.

Menghilangkan Stres dan Meningkatkan Mood

Foto: muslimobsession.com

Pada saat berpuasa, emosi kita akan cenderung naik. Kita menjadi mudah marah, stres, dan tidak semangat dalam melakukan sesuatu. Untuk meredamnya, yaitu dengan melakukan salat Tarawih. Pada saat salat Tarawih, tubuh akan melepaskan beberapa senyawa kimia yang bisa menghilangkan stres. Jika stres hilang, yang ada adalah kenyamanan yang nantinya bisa meningkatkan mood menjadi lebih baik.

Selain manfaat bagi jasmani, salat Tarawih juga memiliki banyak manfaat dari segi rohani. Berikut ulasannya.

Meningkatkan Keimanan

Foto: bersamadakwah.net

Memperbanyak amalan di bulan Ramadan seperti juga rutin melaksanakan salat Tarawih akan meningkatkan keimanan kita. Dengan meningkatnya keimanan maka akan tercipta ketenangan batin dan tertanam kesabaran yang dalam. Jika batin merasa tenang, dalam menjalani hidup akan terasa lebih nikmat, bahagia, dan nyaman.

Mempererat Silaturahmi dan Solidaritas Sosial

Foto: surabaya.tribunnews.com

Salat Tarawih yang diselenggarakan secara berjamaah di masjid atau di musala dapat juga mempererat tali silaturahmi. Bagi umat muslim yang biasanya sibuk dengan urusan dan kegiatan masing-masing pastinya tidak punya banyak waktu untuk mengunjungi si A ataupun si B.

Dengan adanya salat Tarawih maka secara tidak langsung akan saling bertemu satu sama lain di masjid. Hal ini akan mempererat tali silaturahmi satu sama lain. Jika silaturahmi tetap terjaga maka nilai-nilai solidaritas sosial juga akan ikut meningkat karena adanya kepedulian dan kepekaan terhadap orang-orang dan lingkungan sekitar.

Takaiters, jika awalnya kamu merasa enggan untuk melakukan salat Tarawih secara rutin, dengan mengetahui manfaatnya pastinya keengganan kamu akan hilang deh, Yuk, amalkan salat Tarawih di bulan Ramadan ini, selain banyak manfaat yang akan kamu dapat, insya allah pahala kamu akan bertambah jika kamu ikhlas melakukannya.