Kita mungkin tidak pernah berfikir bahwa barang haram seperti ganja bisa menyembuhkan penyakit. Sedikit lucu memang, ketika penggunaan-nya dilarang oleh negara, tetapi malah bisa menyembuhkan penyakit langka seperti Syringomyelia. Fidelis Ardi Sudarwato merupakan salah satu orang yang menerima nasib ini.

Bukan, bukan dia yang terkena penyakit langka ini. Melainkan istri yang paling dia sayangi. Yeni Riawati merupakan orang yang beruntung karena telah memiliki suami seperi Fidelis, akibat penyakit yang di derita oleh Yeni, Fidelis harus rela menerima hukuman karena kepemilikan ganja sebanyak 39 batang demi mengobati sang istri.

Tapi apakah benar ganja bisa menyembuhkan penyakit? Untuk lebih mengetahuinya, mari kita lihat beberapa fakta mengenai ganja yang tidak diketahui oleh banyak orang.

Digunakan oleh masyarakat Tiongkok sebagai media pengobatan

manfaat ganja
Ganja sebagai media pengobatan (Foto : sevayogi)

Sejak ribuan tahun lalu para tabib percaya bahwa ganja dapat menyembuhkan banyak penyakit. Hal ini dibuktikan dengan adanya resep-resep obat orang Tiongkok kuno yang menyatakan bahwa ganja memiliki khasiat yang sangat luar biasa. Hemp yang merupakan salah satu dari jenis tanaman ganja yang memang terbukti memiliki banyak manfaat.

Pilihan Editor

Melalui negara Tiongkok inilah ganja banyak dikenal orang sebagai media pengobatan. Masyarakat Tiongkok sering sekali menggunakan ganja sebagai penghilang rasa nyeri dan masih banyak lagi penyakit yang dapat di sembuhkan oleh tanaman ini.

Penggunaan ganja sebagai media keagamaan Buddha

manfaat ganja
Manfaat ganja untuk meditasi agama Buddha (Foto : pixabay)

Sebuah fakta mengatakan bahwa ganja menjadi penghubung agama Buddha dengan tuhan mereka. Bagi para pengikut agama Buddha di Tibet pecaya bahwa tanaman ganja merupakan tanaman suci yang sangat sakral. Siddhartha Gautama yang merupakan pendiri agama Buddha pernah memakai ganja sebagai meditasi untuk bertemu dengan tuhan. Hal ini menunjukan bahwa ganja memiliki hubungan yang erat dengan agama sebagai media meditasi.

Manfaat ganja untuk kebutuhan industri

manfaat ganja
Manfaat ganja untuk bidang industri (Foto : netz)

Apa yang sia-sia ketika Tuhan telah menciptakan? Sama seperti ganja, setiap bagian dari tumbuhan ini semuanya bisa kita manfaatkan. Kertas, tambang bahkan ganja juga bisa menggantikan bahan bakar yang sering kita gunakan. Hal ini jelas memiliki bukti yang nyata. Ribuan tahun lalu orang banyak menjadikan ganja sebagai salah satu komoditif utama mereka.

Sebuah pertanyaan besar, mengapa Indonesia tidak memanfaatkan ganja?

manfaat ganja
Memanfaatkan ganja sebaik mungkin (Foto : netz)

Sebuah pertanyaan besar, mengapa Indonesia tidak bisa memanfaatkan ganja untuk semua kebutuhan kita? Padahal ganja asli Aceh merupakan ganja terbaik yang memiliki zat THC tertinggi dari semua tanaman ganja. Siapa yang salah? Semoga Indonesia bisa melihat tentang potensi ganja yang berada di Indonesia, dapat dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan dari beberapa penyakit seperti kasus yang dialami Fidelis dan Yeni.

Itulah beberapa fakta serta manfaat mengenai ganja yang tidak diketahui oleh banyak orang. Di balik penggunaanya dilarang oleh negara, ternyata ganja memiliki nilai manfaat yang tinggi bagi khalayak umum.