Halo, Takaiters!

Masih  dalam suasana tahun baru Hijriah yang ke 1441, semoga hidup dan urusan kita sepanjang tahun ini berkah. Aamiin.

Guys, Tahun Baru Hijriyah atau biasa disebut tahun baru Islam yang bertepatan dengan hari Sabtu, 31 Agustus 2019. Tanggal 1 Muharam 1441, sudah mulai terhitung di hari itu. Tentu saja umat muslim banyak yang merayakan permulaan tahun Hijriyah  ini dengan mengadakan perayaan.

Begitu pun dengan pemerintah provinsi DKI Jakarta, Sabtu lalu merayakan perayaan tahun baru Islam yang ke 1441. Tampak pada layar televisi (Trans TV, CNN Indonesia) acara tersebut dihadiri oleh para duta besar negara-negara tetangga dan tentu saja oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Kemeriahan itu turut pula dirasakan oleh masyarakat sekitar dan warga DKI yang berkumpul di kawasan Bundaran HI. Acara dimulai sejak sore hari, yakni sekitar pukul 16.00 WIB pada hari Sabtu (31/08/2019).

Foto: detik.com

Acara perayaan menyambut Tahun Baru Islam diberi nama Festival Muharam itu merupakan acara yang diadakan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta guna memperingati datangnya Tahun Baru Islam 1441. Di mana acara dipusatkan di Bundaran Hotel Indonesia. Namun, kawasan sekitar Monas, Jalan Sudirman-MH Thamrin turut digunakan juga. Diperkirakan jumlah peserta yang hadir mencapai 20.000 orang. Wow, ramai sekali, ya, Guys!

 

Jika kemarin kamu menonton acaranya, kamu bisa merasakan kemeriahan berbagai pertunjukan kekinian seperti Water Screen, 3D Projection Mapping, Fire Dance, Halal Food Festival, Accoustic Band, Beauty Jakarta Festival, dan Piala Gubernur Pawai Obor Electric, keren-keren banget,  rasanya seperti menonton acara besar di luar negeri, lo.

Jika kemarin kamu belum sempat pantengin acaranya, kamu  bisa saksikan siaran ulangnya di channel Youtube. Acara yang kaya gini, Guys, yang wajib ditonton.

Foto: insertlive.com

Sederet artis ibukota yang turut serta memeriahkan Festival Muharam ini di antaranya dimeriahkan oleh Opick, Band Kotak, Pasha, Wali Band, Potret Band, Koes Plus Jr, Wika Salim, Kanda Brothers, Jiung Band. Rangkaian acara ditutup pukul 23.00 WIB dengan menampilkan Fire Dance sampai Beauty of Festival.

Takaiters, apakah kamu tahu bahwa acara Festival Muharam ini baru pertama kalinya diadakan di DKI Jakarta dan diselenggarakan oleh Pemprov DKI sendiri?

Foto: insetlive.com

Menariknya, acara ini tentu merupakan angin segar bagi warga Jakarta dan sekitarnya. Di tengah keriuhan mengenai kepindahan ibu kota, acara menyambut tahun baru Islam ini sejenak mampu membuat warga ibu kota Jakarta bersuka ria. Masyarakat juga dihibur dengan pertunjukan kesenian daerah Betawi seperti Tari Topeng, Palang Pintu, dan kesenian asli Jakarta lainnya.

Tidak lupa pula penyampaian tausiyah oleh para pendakwah kondang, yakni Ustaz Maulana dan Ustaz Syamsuddin Noor. Sementara acara besar ini dipandu oleh host terkenal dan biasa memandu acara-acara syiar dan dakwah semacam ini, yakni Irfan Hakim, Fadli Fadlan, dan pasangan suami istri Arie Untung beserta Fenita Arie.

Foto: kepri.antaranews.com

Sungguh sebuah pagelaran acara dengan paket komplit bagi penonton dan warga Jakarta tentunya. Di sini, penulis mencoba menyimpulkan dan menarik benang merah antara isu kepindahan dan inisiatif Pemprov DKI bahwa semua ini dilakukan demi kebaikan masyarakat. Di mana dengan gencarnya isu yang menerpa perihal perpindahan ibu kota, sedikit banyaknya tentu saja mempengaruhi psikologis warga. Misalnya kepanikan warga, dengan membuat berbagai meme yang kini banyak berseliweran di sosial media.

Fyi Guys, di dalam ilmu Teknologi Pikiran (Mind Technology) : Pikiran Bawah Sadar (PBS), ada baiknya segala sesuatu yang terjadi di lingkaran hidup ini ditanggapi secara positif. Maka hasilnya akan positif untuk diambil hikmahnya.

Jadi, menurut saya pribadi sebagai warga Ibukota Jakarta, bahwa di momen Tahun Baru Islam ini, marilah kita jadikan sebagai langkah awal guna membangun kembali rasa nyaman tinggal di Ibukota Jakarta. Bahwa kota Jakarta dengan segala masalah macet dan polusinya, masih menjadi kota idaman banyak orang. Setuju, Guys?