Hai, Takaiters!

Tidak salah jika Dieng dijuluki dengan sebutan Negeri Atas Awan. Alamnya yang memesona dengan semua keindahan dan keunikan yang dimilikinya bak lukisan dalam diorama negeri kahyangan. Tak heran jika Dieng menjadi tujuan wisata yang diburu para wisatawan.

Apalagi akses untuk menjangkau semua tempat wisata di Dieng cukup mudah bahkan wisatawan dari arah pantura juga sudah dimudahkan dengan dibangunnya Tol Kahyangan. Tol yang sedang viral akhir-akhir ini. Takaiters, Penasaran dengan Tol Kahyangan Dieng ini? Yuk, cus kesana?

Awal Dibangunnya Tol Kahyangan

jalan tol kahyangan dieng
Foto: liputan6.com

Tol Kahyangan dibangun karena kepedulian pemerintah Banjarnegara terhadap masyarakat sekitar dimana mereka yang seharusnya bisa mengolah lahan untuk bercocok tanam dan menjual hasil pertanian atau perkebunan justru terkendala dengan akses jalan yang nota bene adalah faktor utama untuk mempermudah distribusi mata pencaharian mereka sebagai petani.

Menyikapi hal tersebut maka lahirlah inisiatif dari pemerintah Banjarnegara untuk membangun jalan yang bisa menghubungkan dengan pusat keramaian, salah satunya adalah kabupaten Batang.

Disebut Tol Kahyangan

tol kahyangan dieng batang
Foto: liputan6.com

Jalan yang awalnya dibangun untuk akses para petani Dieng ini justru menjadi salah satu tujuan wisatawan saat datang ke Dieng Banjarnegara. Hal ini karena pemandangan alam di sepanjang jalan ini begitu eksotis dan mengagumkan.

Sehingga jalan ini dinamakan dengan sebutan Tol Kahyangan. Kahyangan yang identik dengan keindahan yang mengagumkan yaitu keindahan di negeri atas awan. Tak heran jika akhirnya jalan ini menjadi viral.

Keunikan dan Keindahan Tol Kahyangan

Memburu keindahan tol kahyangan dieng
Foto: youtube.com/ganjarpranowo

Jika tol-tol pada umumnya berada di kota-kota besar untuk memperlancar arus lalu lintas, Tol Kahyangan ini justru berada di sabuk pegunungan Dieng dengan ketinggian kurang lebih 1700 mdpl. Lebar jalannya 5 meter dengan panjang jalur kurang lebih 8,9 km.

Dengan melihat letaknya yang membelah sabuk pegunungan Dieng sudah bisa dibayangkan pada sisi kanan dan kiri Tol ini adalah hamparan lembah pegunungan yang menghijau. Apalagi jika waktunya tepat maka kamu akan disuguhi hamparan awan putih bak permadani di kanan kiri Tol ini.

Inilah sisi unik dari Tol Kahyangan yang menjadi salah satu spot favorit bagi para traveler. Keindahan alammnya mampu membius mereka untuk berlama-lama berada di sepanjang Tol Kahyangan ini.

Akses dan Fasilitas

Keindahan tol kahyangan dieng batang
Foto: merdeka.com

Akses menuju Tol Kahyangan ini cukup mudah. Jika datang dari Dieng maka jalur yang di tempuh adalah melalui jalur kawah Sileri atau Pemandian D Qiano terus lurus melaui desa Bitingan. Jika dari arah pantura maka jalur yang ditempuh adalah menuju ke Batang Banyuputih hingga di alun-alun Bawang.

Dari sini kamu bisa masuk ke desa Candigugur dan terus masuk ke perbatasan Banjarnegara yang kurang lebih berjarak 9 km. Fasilitas untuk Tol Kahyangan ini adalah jalannya yang sudah bagus dan mulus. Di sepanjang jalan juga akan dijumpai warung-warung yang berderet yang menjual makanan dan minuman.

Bahkan ada warung yang sengaja menyediakan spot selfi khusus bagi para traveler yang ingin mengabadikan keindahan Tol Kahyangan ini.

Takaiters, buat kamu yang penasaran dengan Tol Kahyangan Dieng ini, kamu bisa mengunjunginya kapan saja, kalau kamu suka keramaian, maka waktu yang tepat untuk kesana adalah saat weekend.

Jangan lupa perhatikan kondisi kendaraan kamu, karena jalannya adalah tanjakan dan turunan yang cukup tajam. Selain memastikan kendaraan kamu prima kamu juga harus memastikan kondisi badan kamu yang juga harus prima. Betul begitu, Takaiters? Happy holiday, Takaiters?