Hai Takaiters!

Virus corona yang bukan lagi sebagai wabah melainkan statusnya sudah sebagai pandemi sangat begitu berpengaruh terhadap kehidupan. Tidak hanya mengancam jiwa manusia, tetapi juga virus corona mampu memporak-porandakan tatanan sosial, perekonomian, dan pendidikan. Kenapa bisa demikian? Karena virus yang sudah ditetapkan sebagai pandemi ini sudah menyebar hampir keseluruh belahan bumi. Penyebarannya sangat cepat dan dampak yang ditimbulkan juga sangat mengerikan karena bisa menyebabkan kematian bagi yang terjangkit virus ini.

Menyikapi hal tersebut, maka upaya dari WHO (World Helath Organization) adalah berusaha agar tidak ada korban lagi dari virus ini. Banyak sekali upaya-upaya yang harus dilakukan seperti menghindari tempat keramaian, mengurangi kontak dengan orang lain di mana tidak bersentuhan fisik dengan orang lain, dan sebagainya. Kenapa hal itu dianjurkan? Karena virus ini penularannya sangat cepat melalui kontak mata, bersentuhan dari benda-benda yang ada di sekeliling kita dan juga dalam jarak radius 1 m juga bisa tertular.

Langkah pencegahan atau inkubasi dari virus ini adalah tidak mengurangi aktivitas di luar rumah. Untuk itu pemerintah telah mengumumkan libur selama 14 hari atau dua pekan bagi dunia pendidikan, perkantoran dan tempat-tempat keramaian. Tujuan dari merumahkan para pelajar, pendidik dan juga pekerja kantoran ataupun perusahaan adalah agar mereka benar-benar menjaga kesehatan diri mereka, menstimulan tubuh dengan makanan yang sehat dan istirahat yang teratur agar tubuh benar-benar memiliki stamina atau kekebalan tubuh yang oke punya. So, agar waktu dua pekan di rumah tidak terasa membosankan, kegiatan-kegiatan apa saja sie yang bisa kita lakukan bersama anggota keluarga? Intip, yuk, Guys?

Olahraga

Foto: pexels.com

Olahraga adalah salah satu cara untuk mendapatkan kebugaran tubuh. Untuk itu lakukan olahraga secara rutin bersama anggota keluarga. Tidak harus pergi ke tempat kebugaran atau lapangan, kamu bisa mengajak anggota keluarga untuk berolahraga di halaman rumah ataupun di dalam rumah.

Di halaman rumah kamu bisa melakukan lari-lari kecil, senam, ataupun badminton. Jika halaman rumah sempit lakukan olahraga di dalam rumah. Putar kaset senam zumba, erobik ataupun kamu bisa melakukan yoga.

Memasak

Foto: pexels.com

Agar tubuh benar-benar sehat, kamu harus benar-benar perhatikan pola makan dan gizi dari makanan yang kamu makan sehari-hari. Dengan adanya waktu dua pekan di rumah, kamu bisa mulai memperbaiki asupan makanan yang selama ini dirasa kurang sehat.

Memasak dengan anggota keluarga adalah hal yang menyenangkan. Susunlah menu-menu yang akan kamu masak agar tiap hari selalu ada tantangan membuat masakan yang berbeda dan baru. Masaklah dengan memilih bahan makanan yang sehat yang mengandung nutrisi yang benar-benar diperlukan oleh tubuh.

Menyalurkan Hobi yang Sudah Lama Tidak Dilakukan

Foto: pexels.com

Jika selama beraktifitas di luar seperti sekolah ataupun bekerja, otomatis untuk menyalurkan hobi menjadi sangat jarang, waktu dua pekan ini bisa kamu gunakan untuk menyalurkan kembali hobi kamu, lo, Guys.

Kamu yang suka melukis, bisa melukis di rumah. Bagi yang suka membuat prakarya atau kerajinan juga bisa membuatnya lagi di rumah. Jika hobi kamu nonton, kamu pun bisa ajak anggota keluarga nonton film bersama-sama di rumah, buatlah seperti bioskop mini dengan lampu yang temaram. Bagi yang memiliki hobi membaca, kamu bisa lihat kembali koleksi buku-buku kamu, barangkali ada yang belum di baca. Banyak, lo, Guys kegiatan yang bisa kamu lakukan agar tidak bosan dirumah.

Membersihkan Rumah

Foto: prelo.com

Agar terhindar dari virus apapun, selain kondisi tubuh yang sehat, lingkungan rumah juga sangat berpengaruh. Untuk itu upayakan agara rumah kamu selalu bersih, ya, Guys. Manfaatkan liburan dua pekan ini untuk membersihkan rumah. Mulailah dari kamar masing-masing.

Lalu, bersihkan ruang keluarga, ruang makan, ruang tamu, kamar mandi, dapur, dan halaman rumah. Dijamin liburan kamu tidak akan membosankan dan rumah pun akan menjadi bersih dan rapi.

Tetap Melakukan Aktivitas Rutin di Rumah

Foto: pexels.com

Meskipun libur dua pekan, tetapi bukan berarti aktivitas rutin ikut libur juga. Bagi kamu para pelajar, harus tetap belajar di rumah, kerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru-guru di sekolah, dan tetap membaca materi agar tidak tertinggal terlalu jauh.

Bagi para pekerja kantoran, kamu juga bisa melakukan pekerjaan rutin kamu di rumah. Lihat kembali to do list yang telah kamu buat. Kerjakan mana yang belum kamu kerjakan dengan semua bahan yang sudah kamu persiapkan selama libur dua pekan. Bagi para pendidik atau guru juga bisa mengerjakan tugas-tugasnya seperti membuat soal-soal ulangan, membuat RPP, dan juga mengoreksi hasil tugas online dari siswa-siswanya.

Memperbanyak Ibadah

Foto: madaninews.id

Dengan adanya libur dua pekan, kamu bisa memanfaatkan juga untuk memperbanyak ibadah. Bagi umat muslim, yang tadinya jarang melaksanakan salat sunah karena waktu bekerja yang padat bisa mulai melaksanakan salat sunah seperti salat duha dan salat sunah lainnya, memperbanyak membaca Al-Qur’an dan menambah hafalan Al-Qur’an.

Takaiters, dengan banyak melakukan aktivitas, dijamin waktu dua pekan di rumah tidak akan membosankan. Happy trying, Takaiters?