Halo, Takaiters!

Sudah nonton film Bumi Manusia? Film ini sudah mulai tayang di bioskop mulai tanggal 15 Agustus kemarin, lo. Film ini diadaptasi dari sebuah novel karya Pramoedya Ananta Toer. Film yang digarap oleh sutradara Hanung Bramantyo ini dibintangi oleh Iqbaal Ramadhan, Mawar Eva de Jongh, Sha Ine Febriyanti, dan masih banyak tokoh lainnya. Film Bumi Manusia ini bercerita tentang Minke (Iqbaal Ramadhan) dan Annelies ( Mawar Eva de Jongh), dua anak manusia yang meramu cinta di atas pentas pergelutan tanah kolonial awal abad 20. Selama produksi film ini, ternyata ada beberapa fakta menariknya, lo, simak yuk!

1. Film Bumi Manusia Berdurasi 3 Jam

Foto: beritatagar.id

Tak kalah dengan Avengers:Endgame, film ini juga berdurasi lama, yakni 3 jam dalam penayangannya. Panjangnya durasi ini disebabkan karena novel Bumi Manusia sendiri memiliki 533 halaman. Bahkan, ada beberapa adegan dalam novel yang dipotong agar durasinya tidak terlalu panjang.

2. Pemain Film Bumi Manusia Kebanyakan Orang Belanda

Foto: womantalk.com

Karena bercerita tentang bagaimana pemerintahan kolonialisme Belanda saat itu, film ini banyak membutuhkan pemeran orang Belanda guna memaksimalkan kualitas perannya.

HanungBramantyo selaku sutradara film ini menggelar casting di Belanda dan melibatkan warga Belanda asli dalam film Bumi Manusia.

3. Studio Gamplong Disulap Jadi Kota Surabaya

Foto: travel.tribunnews.com

Studio Gamplong di Yogyakarta dipersiapkan sebagai latar film Bumi Manusia ini. Studio yang memiliki luas 2,5 hektar ini disulap menjadi latar film ini. Saat ini telah dibuka untuk umum dan digunakan sebagai wisata edukasi dan barometer perfilman di Yogyakarta.

4. Kontroversi Pemilihan Pemeran Utama

Foto: kumparan.com

Sebelum diperankan Iqbaal Ramadhan, tokoh Minke akan diperankan oleh Reza Rahadian. Namun, perbedaan usia antara tokoh Minke yang berusia 19 tahun dan Reza Rahadian dinilai tidak cocok.

Namun, pemilihan Iqbaal sebagai tokoh utama juga menuai kontroversi. Selain karena sosok Dilan yang sudah terlanjur melekat pada Iqbaal, kualitas akting Iqbaal juga sempat diragukan untuk memerankan tokoh Minke yang sangat revolusioner.

5. Sempat Ditawar Tinggi oleh Sutradara Luar Negeri

Foto: brilio.net

Sebelum resmi digarap oleh Hanung Bramantyo, novel Bumi Manusia sempat ditawar oleh sutradara asing asal Amerika Serikat, Oliver Stone.

Saat itu, ia ingin menawar Bumi Manusia dengan harga tinggi senilai US$1,5 juta, tetapi Pramoedya menolak tawaran itu karena tidak mau karyanya diadaptasi orang asing.