Halo, Takaiters!

Siapa, sih, yang tidak tahu keindahan Danau Toba di Sumatera Utara? Danau ini telah menjadi tujuan wisata utama di Indonesia. Sekalipun belum pernah berkunjung ke sana, hampir setiap orang tahu keindahannya dari banyaknya media yang menginformasikan.

Yang tidak semua orang tahu adalah bahwa Danau Toba terbentuk dari letusan gunung berapi super (supervolcano) Toba.

Berikut ini adalah fakta-fakta tentang Danau Toba yang telah diteliti oleh para ilmuwan.

1. Terbentuk dari Letusan Supervolcano Toba

Foto: intisari.grid.id

Para ilmuwan memperkirakan bahwa Danau Toba terbentuk saat ledakan supervolcano Toba terjadi sekitar 69.000-77.000 tahun yang lalu. Supervolcano adalah gunung berapi yang mampu menghasilkan letusan vulkanis dengan ejekta lebih besar dari 1.000 kilometer kubik, yang lebih besar dari peristiwa vulkanis mana pun dalam sejarah.

Setelah letusan supervolcano Toba,  terbentuk kaldera (lekukan besar) yang kemudian terisi air. Tempat itu sekarang dikenal dengan nama Danau Toba.

2. Pulau Samosir di Tengah Danau adalah Akibat Tekanan Magma

Foto: 1001wisata.com

Setelah letusan yang membentuk kaldera, aktivitas supervolcano menimbulkan tekanan ke atas dari magma yang belum keluar. Tekanan ke atas itu menyebabkan munculnya pulau di tengah danau yang kemudian dikenal sebagai Pulau Samosir.

Dengan luas 630 kilometer persegi, pulau Samosir memiliki panorama alam yang indah serta budaya dan adat istiadat suku Batak yang memukau.

3. Danau Terbesar di Indonesia

Foto: sulawesita.com

Danau Toba merupakan danau terbesar dan terluas di Indonesia. Berada di ketinggian 905 meter di atas permukaan laut, panjang danau mencapai 100 kilometer dengan lebar 30 kilometer dan kedalaman mencapai 505 meter pada titik terdalamnya. Luas permukaannya mencapai 1.130 kilometer persegi dengan volume air mencapai 240 kilometer kubik.

Karena luasnya itu, banyak pengunjung yang nyaris tidak percaya bahwa itu adalah danau, dan merasa seperti berkunjung ke laut.

4. Danau Vulkanik Terbesar dan Terindah di Dunia

Foto: faktualnews.co

Kita patut berbangga, Danau Toba termasuk dalam daftar danau vulkanik terbesar sekaligus terindah di dunia. Tak heran banyak wisatawan baik domestik maupun mancanegara selalu antusias berkunjung ke sana.

Daratan sekitar danau berupa hutan hujan, termasuk hutan pinus tropis Sumatera di daerah pegunungan yang lebih tinggi.

Rumah-rumah adat Batak dengan bentuk atap yang khas dan warna-warna yang cerah turut menambah keindahannya.

Itulah beberapa fakta di balik keindahan Danau Toba, Guys. Menakjubkan, ya? Bagaimana, sudah menjadwalkan kunjungan ke sana?