Halo, Takaiters!

Industri K-Pop baru saja kehilangan salah satu artis berbakatnya, yaitu Choi Jin Ri alias Sulli eks anggota girlband f(x). Ia ditemukan tewas di apartemennya karena bunuh diri. Diduga ia melakukan hal tersebut karena depresi berat yang dialaminya. Gemerlapnya dunia K-Pop ternyata menyimpan sisi kelam yang berdampak pada kehidupan para idolanya.

Popularitas yang mereka raih berbanding terbalik dengan kenyamanan dan juga kesehatan mental mereka. Banyaknya para idola yang rela mengakhiri hidupnya karena depresi yang mereka alami adalah salah satu buktinya. Lalu, apa saja sebenarnya sisi kelam industri tersebut? Yuk, simak fakta berikut ini!

Kontrak Kerja Bagai Budak dan Kontrol Ekstrim Industri K-Pop Terhadap Kehidupan Pribadi

Foto: liputan6.com

Sebelum menjadi artis yang muncul ke publik, para idola K-Pop sudah memiliki kontrak kerja yang terkenal bagai budak. Mereka mendapat serangkaian latihan keras serta pengawasan yang ketat dari pihak label, agensi atau manajemen. Selain itu, mereka juga memiliki keterbatasan atas kehidupan pribadi mereka. Mereka harus mematuhi aturan agensi di tempat mereka bernaung.

Operasi Plastik dan Diet Ekstrim untuk Bentuk Tubuh yang Sempurna

Foto: boombastis.com

Di Korea Selatan, operasi plastik sudah menjadi budaya, terlebih untuk para idol K-Pop. Mereka akan dituntut untuk melakukan operasi plastik dan juga diet ekstrim demi bentuk tubuh yang sempurna. Selain itu, hal ini juga dilakukan untuk mempertahankan citra mereka sebagai idola.

Fans Fanatik Justru Bisa Merugikan Bintang K-Pop

Foto: tribunnews.com

Fans yang sangat fanatik terhadap idolanya terkadang meresahkan idola mereka tersebut. Misalnya dengan menunggu sang idola di bandara atau di depan kantor manajemen artis tersebut untuk mendapat kesempatan memotret atau menyentuh idoalnya. Tak sampai di situ, fans fanatik juga terkadang membahayakan idolanya karena sikap mereka yang berlebihan kepada sang idola.

Anti-fans Bisa Membahayakan Sang Idola

Foto: youtube.comAC

Selain fans fanatik, anti-fans juga tak kalah membahayakan bagi idola K-Pop. Ketidaksukaannya pada seorang idola K-Pop bisa membuatnya melakukan hal-hal yang membahayakan. Dari mulai cyberbullying sampai pada melakukan perlakuan yang jelas-jelas melanggar norma. Hal itu dikarenakan mereka tidak suka dengan salah satu idola K-Pop.

Berjuang dengan Isu Kesehatan Mental

Foto: kaltim.tribunnews.com

Sudah menjadi rahasia umum jika bintang K-Pop kerap mendapat isu kesehatan mental. Selain itu, ada beberapa di antaranya yang nekat mengakhiri hidupnya karena depresi yang berkepanjangan. Banyak bintang K-Pop yang memulai karir mereka di usia muda yang membuat tingkat stres semakin tinggi. Di samping itu, ada berbagai tuntutan dari pihak agensi dan juga fans yang mengharuskan bintang K-Pop terlihat sempurna di mata mereka.

Ternyata dahsyatnya mereka di atas panggung terdapat sisi kelam di baliknya yang jarang diketahui, Guys.