Halo, Takaiters!

Di era millenial seperti saat ini, hampir setiap orang memiliki akun media sosial. Sebut saja diantaranya yang paling populer yaitu Facebook, Instagram serta Twitter. Keberadaan media sosial tersebut telah mempengaruhi pola hidup masyarakat kita yang menganggapnya sebagai kebutuhan. Maka tak heran, terkadang mereka bisa lupa waktu larut dalam dunia maya, terutama bagi para remaja yang baru menginjak dewasa.

Penggunaan sosial media yang cukup intens dapat memberikan dampak positif dan juga negatif. Kemudahan dalam mencari informasi adalah salah satu dampak positif dari penggunaan sosial media ini. Namun, yang lebih mengkhawatirkan adalah dampak negatif yang ditimbulkannya, seperti cyberbullying.

Cyberbullying atau intimidasi dunia maya adalah kekerasan nonverbal dengan menggunakan teknologi dunia maya atau internet. Bentuknya bisa berupa ejekan, hinaan, cemooh, intimidasi, bahkan sampai tahap mempermalukan si target bully. Lalu, apakah dampak buruk cyberbullying tersebut? Simak ulasannya dibawah ini yuk, Takaiters!

1. Cyberbullying akan menghilangkan rasa kepercayaan diri dan merasa kecewa akan diri sendiri

dampak negatif cyberbullying
Foto: klikdokter.com

Serangan yang diterima korban cyberbullying akan membuatnya berada pada titik terlemah yang membuatnya kehilangan kepercayaan diri. Pikiran negatif yang selalu menghantuinya akan membuatnya kecewa akan dirinya sendiri, merasa tidak berguna, dan merasa dirinya tidak dianggap.

2. Korban cyberbullying tidak memiliki privasi

efek dan dampak buruk cyberbullying
Foto: acamh.org

Informasi yang terus digali oleh para pelaku cyberbullying, membuat korbannya tidak memiliki privasi. Bahkan informasi yang seharusnya tidak untuk umum akan menjadi bahan konsumsi publik yang tidak baik setelah para pelaku cyberbullying menyebarkannya.

3. Korban cyberbullying akan merasa terkucilkan hingga membuatnya semakin tertutup pada sekitar

akibat dan dampak buruk cyberbullying
Foto: workingwelltogether.com.au

Para korban cyberbullying biasanya juga akan menerima perlakuan yang tidak mengenakan dari teman-temannya. Hal ini karena kekhawatiran akan teman-temannya yang akan ikut menjadi korban cyberbullying juga. Hal ini membuat para korban cenderung merasa terisolasi dari pergaulan dan tidak memiliki teman, sehingga ia akan menjadi penyendiri dan semakin tertutup akan lingkungan bahkan keluarganya sendiri.

4. Cyberbullying bisa berdampak pada kesehatan korban

Foto: klikdokter.com

Segala bentuk ejekan yang diterima membuat para korban cyberbullying memiliki pola hidup yang berantakan karena pikiran yang kacau. Telat makan, kurang tidur, dan stres yang berlebihan bisa berdampak buruk pada kesehatan korban. Mereka bisa terjangkit penyakit ringan hingga berat yang mengancam kesehatan tubuh mereka.

5. Frustasi, stres berlebihan, kehilangan minat hidup hingga bisa berakhir bunuh diri

Foto: japantimes.co.jp

Intimidasi yang dirasakan oleh para korban cyberbullying membuatnya berpikir bahwa bahagia adalah sesuatu yang sulit untuk dicapai. Perasaan kecewa dan merasa diri tidak berguna akan mengakibatkan frustasi dan stres yang berlebihan. Tak jarang bunuh diri adalah jalan yang mereka pilih sebagai dampak dari cyberbullying yang mereka terima.

Takaiters, itulah beberapa dampak buruk Cyberbullying. Yuk, lebih respek terhadap sesama agar hidup kita tentram, Takaiters!