Hai, Takaiters!

Enggak enak pastinya kalau siklus haidmu tidak lancar. Situasi menstruasi tidak lancar atau tidak teratur merupakan kondisi ketika siklus menstruasi menjadi lebih lambat, lebih cepat, lewat beberapa bulan, atau bahkan tidak terjadi sama sekali.

Kamu tidak perlu panik jika mengalami hal ini. Terdapat beberapa bahan alami yang bisa kamu coba untuk mengatasi keluhanmu. Berikut manfaat beberapa bunga untuk mengatasi haid tidak lancar, Takaiters!

  1. Bugenvil

mengatasi haid tidak lancar secara alami
Foto: intisari.grid.id

Tanaman ini banyak ditemukan di seluruh daerah tropis. Bunganya cantik dengan berbagai warna. Dibalik kecantikan bunganya terkandung kandungan kimia yang sangat bermanfaat. Seperti B. glabra var. Sanderiana Hort., telah diisolasi 4 jenis bougenvillein, yaitu betanidin, isobetanidin, 6-o-beta-sophoroside, 6-0-rhamnosysoproroside.

Untuk mengatasi haid yang tidak teratur, ambillah bunga dan batang yang telah dikeringkan sebanyak 9-15 gram. Direbus lalu diminum. Rasa yang didapat yaitu pahit, kelat, dan hangat. Keputihan juga bisa diatasi dengan cara yang sama, lho, Takaiters!

  1. Mawar

cara mengatasi haid tidak lancar secara alami
Foto: greeners.co

Mawar menjadi salah satu jenis bunga paling populer yang biasanya diberikan sebagai hadiah untuk orang tersayang. Mawar ternyata juga bermanfaat buat kamu yang punya masalah keputihan dan haid tidak teratur. Di dalamnya terdapat kandungan kimia seperti sitral, sitronelol, geraniol, linalol, nerol, eugenol, feniletilalkohol, farnesol dan nonilaldehida.

Untuk keputihan, ambillah 9-15 gram akar mawar. Direbus lalu diminum. Sedangkan haid tidak teratur, ambil 15-21 gr bunga segar. Diseduh dan diminum beberapa kali setiap hari.

  1. Kembang sepatu

cara mengatasi haid tidak lancar karena kb
Foto: satuharapan.com

Kembang sepatu termasuk popular di kalangan anak-anak tahun 90an. Karena menjadi salah satu bahan yang dipakai dalam permainan anak perempuan di jamannya. Kembang sepatu memiliki kandungan kimia seperti taraxeryl acetate, cyaniding-diglucoside, dan hibisetin.

Untuk melancarkan haid/kadang-kadang abortivum: 3 kuntum bunga dicuci lalu digiling halus. Tambahkan ¾ cangkir air masak dan cuka secukupnya. Diperas lalu disaring. Minum 2-3 kali sehari.

  1. Rumput teki

cara mengatasi haid tidak lancar akibat suntik kb
Foto: greeners.co

Rumput yang keberadaanya selalu terabaikan ternyata punya manfaat untuk mengatasi haid yang tidak teratur. Bahkan merupakam obat penting untuk gangguan vital energy dan penyakit-penyakit pada wanita (gynecological diseases).

Bagian yang biasa dipakai adalah umbi (rimpang). Ambil 6-9 gr umbi. Direbus dan diminum. Bisa dicoba untuk mengatasi siklus haid yang tidak lancar sekaligus meringankan sakit datang bulan.

Nah, itulah beberapa bunga yang bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi haid tidak lancar, Takaiters! Tanamannya pun sangat mudah kita temukan disekitar kita. Jadi, jangan minum obat melulu, ya! Karena kurang baik juga untuk kesehatan kamu. Silahkan mencoba, Takaiters!