Hai, Takaiters!

Minum teh termasuk rutinitas yang dilakukan oleh banyak orang. Apalagi saat musim hujan seperti ini, teh akan membuat badan lebih hangat. ‎Pada pagi hari sebelum berangkat kerja, di kantor atau sore hari saat berkumpul dengan keluarga adalah waktu yang biasa digunakan untuk minum teh. Minuman teh juga sering disuguhkan pada acara-acara formal ataupun untuk tamu yang datang berkunjung karena di samping rasanya yang segar teh juga menyehatkan.

Teh tersedia dalam banyak varian, ada teh melati, teh hijau, teh hitam, dan teh merah. Semuanya memiliki khasiat dan kegunaan yang berbeda. Untuk kesehatan dalam menyeduh teh biasanya digunakan tumbuhan herbal ataupun sejenisnya. Untuk membuatnya juga tidak rumit. Takaiters, bisa melakukannya sendiri di rumah. So, apa saja, sih, yang bisa digunakan untuk menghasilkan minuman teh yang menyehatkan? Kamu bisa praktikkan di rumah, ya, Guys?

Teh Serai

Foto: bangka.tribunnews.com

Teh serai memiliki banyak khasiat bagi kesehatan yaitu menjaga fungsi pencernaan, mengatasi tekanan darah yang tinggi, menyembuhkan batuk, dan pilek, meredakan nyeri haid, dan mengontrol kesehatan jantung. Cara membuatnya juga cukup mudah. Kamu tinggal memasukkan serai yang sudah dicuci bersih dan diiris-iriske dalam rebusan air. Setelah air mendidih kemudian masukkan teh dan serai kering agar teh lebih segar.

Teh Jahe

Foto: viva.co.id

Cara membuatnya hampir sama dengan teh serai. Hanya saja irisan serai diganti dengan irisan jahe. Pada saat memasukkan teh ke dalam air yang telah mendidih, kamu bisa menambahkan jeruk nipis, lemon ataupun madu. Khasiat teh jahe juga banyak, yaitu mengatasi mabuk perjalanan, menjaga kesehatan jantung, mengurangi rasa sakit atau nyeri, dan mencegah kanker.

Teh Hijau

Foto: beritasatu.com

Teh hijau banyak dijumpai di toko-toko ataupun di tempat perbelanjaan. Teh yang memiliki zat antioksidan yang tinggi ini sangat baik buat kesehatan. Beberapa manfaat teh hijau seperti menjaga elastisitas kulit, menyembuhkan noda, dan bekas luka pada kulit, mengobati jerawat, mencegah penuaan dini, menyamarkan lingkar hitam pada mata, dan bisa digunakan untuk diet.

Teh Madu

Foto: babelriview.com

Mencampur teh dengan madu selain menambah rasa agar lebih nikmat, teh madu ini juga berkhasiat untuk meningkatkan konsentrasi otak, menjaga mood agar tetap stabil, menguatkan tulang agar tidak mudah keropos, dan jika dikonsumsi pada malam hari setelah melakukan aktivitas yang melelahkan, teh madu ini akan berfungsi untuk menenangkan dan membuat tubuh lebih nyaman dan rileks.

Teh Lemon

Foto: babelriview.com

Perpaduan teh dan lemon menghasilkan minuman yang benar-benar berkhasiat bagi tubuh karena keduanya memiliki kandungan nutrisi dan vitamin yang sangat tinggi. Pembuatannya juga simple. Kamu tinggal menambahkan perasan lemon pada seduhan teh kamu yang tengah mendidih. Teh lemon atau lemon tea juga bagus digunakan bagi yang sedang menjalani program diet karena lemon tea ini sangat rendah kalori.

Teh Kunyit

Foto: m.medcom.id

Kunyit ternyata tidak hanya digunakan sebagai bahan dasar pembuatan jamu kunyit atau dalam bahasa Jawa lebih dikenal dengan istilah jamu kunir asem. Namun, kunyit juga bisa dicampurkan dengan teh. Caranya kunyit yang telah diparut dimasukkan ke dalam air mendidih. Kemudian masukkan teh ke dalam air mendidih tadi. Kamu juga bisa menambahkan madu sebagai pemanisnya. Teh kunyit memiliki khasiat meredakan pilek dan flu juga untuk menghangatkan badan.

Nah, Takaiters? simple bukan cara pembuatannya? Selain bahannya yang mudah didapat khasiatnya juga sangat luar biasa, lo? Sekarang kamu bisa mencobanya di rumah, ya.