Merantau adalah tradisi mutlak bagi masyarakat Minangkabau. Sudah menjadi hal yang wajar bagi kita ketika melihat anak Minang berada di seluruh wilayah nusantara. Hal inilah yang membuat anak muda Minang terkenal dengan julukan anak rantau sejati.

Tapi anak rantau juga manusia, mereka-mereka yang jauh dari kampung halaman selalu merasa rindu kepada kampung halaman. Hal inilah yang membuat anak rantau sering berkumpul dan membicarakn mengenai kampung halaman-nya

Untuk kalian anak rantau Minang yang berada di Jakarta, kalian nggak perlu khawatir lagi. Karena sekarang kalian bisa mengunjungi tempat-tempat khas Minangkabau yang berada di Jakarta yang mungkin tempat melepas rindu terhadap kampung halaman sendiri.

1. Pasar Tanah Abang

Tempat Pelipur Lara Anak Minang untuk melepas rindu
Tanah Abang salah satu tempat untuk menemukan orang minang (Foto : viva)

Mungkin pasar ini lebih dikenal dengan toko grosir. Tapi siapa sangka kita bisa mengunjungi tempat ini dan bertemu dengan banyak teman-teman yang berasal dari Minang. Kamu bisa berbicara, membeli, menawar ala minang di pasar tersebut. Mereka pasti akan mengerti, dan tentu saja mereka akan ngobrol dengan kamu lebih dalam.

PILIHAN EDITOR

Memang kebanyakan para pedagang di pasar Tanah Abang ini berasal dari Minang. Mereka akan sama mengerti tentang rasa rindu kita terhadap kampung halaman. Untuk itu takaitu.com sarankan untuk selalu berkunjung ke tempat ini untuk kalian yang sedang rindu kampung halaman.

2. Kedai Kopi Kawa Wahidin

Tempat Pelipur Lara Anak Minang untuk melepas rindu
Kedai Kawa Wahidin tempat tongkrongan anak-anak minang (Foto : qraved.co)

Ini nih tempat tonkrongan anak muda Minang di Jakarta. Cafe khas minang ini terletak di sekitar tebet jalan saharjo Jakarta Selatan, Cafe ini juga menyediakan kuliner khas minang seperti teh talua, kopi kawa daun dan banyak lagi. Yakinlah, ketika kamu mengunjungi tempat ini, suasana minang akan terasa banget, sebab orang-orang di sekitar tempat duduk kamu kebanyakan berbahasa Minang loh!

3. Teras depan Mesjid Sunda Kelapa

Tempat Pelipur Lara Anak Minang untuk melepas rindu
Teras Masjid Sunda Kelapa (Foto : airyrooms.com)

Di tempat ini kamu tidak cuma bisa ngobrol dengan bahasa Minang, tapi kamu juga bisa mencicipi banyak masakan khas minang. Pasti seru kan? Belum lagi kamu bisa makan lontong Pical, Lapek, Lamang dan masih banyak lagi makanan khas Minang yang bisa kamu dapatkan disini. Pokoknya tempat ini sangat rekomended banget deh buat kamu para perantau minang.

4. Bendung Hilir

Tempat Pelipur Lara Anak Minang untuk melepas rindu
Tempat Jajanan Nusantara (Foto : misteraladin.com)

Sebentar lagi kita akan menyambut bulan puasa, mungkin buat kamu yang suka berburu takjil di Jakarta sudah tidak asing lagi dengan tempat ini. Sebab pasar tumpah Benhil sering sekali menyuguhkan banyak makanan khas dari seluruh nusantara.

Jika nusantara tentunya makanan khas Minang lebih mudah ditemui disini. Untuk kalian yang memang benar-benar rindu dengan masakan kampung halaman, tidak ada salahnya mengunjungi pasar Benhil sebagai menu buka puasa kalian nanti.

5. Festival Kampoeng Minangkabau

Tempat Pelipur Lara Anak Minang untuk melepas rindu
Ilustrasi Festival Kampoeng Minangkabau (Foto : anakjajan.com)

Nah, untuk kamu yang udah kangen banget sama kampung halaman. Festival ini bisa bikin kamu merasa berada di kampung halaman Minangkabau. Acara ini akan diselenggarakan di Lapangan Banteng-Jakarta Pusat pada 28 April-1 Mei 2017.

Bukan hanya kuliner sebenarnya, kalian juga bisa bertemu dengan teman-teman dari Takaitu.com loh! Pokoknya dijamin seru, dari pada kalian beli tiket pesawat buat pulang, lebih baik kalian berkunjung ke festival ini.

Itulah beberapa tempat yang bisa kalian kunjungi untuk menghilangkan rindu kampung halaman Minangkabau. Tunggu apa lagi, ajak seluruh orang yang kamu cinta untuk mengunjungi tempat-tempat ini. Kamu juga bisa kenalin ke gebetan, pacar dan mantan tentang kampung halaman yang dulu pernah menjadi tempat kamu dibesarkan.