Hello, Takaiters!

Sudah tahu belum mengenai Bandara Kertajati di Majalengka, Jawa Barat, Takaiters? Warga Jawa Barat punya bandar udara internasional baru yang diresmikan Presiden Joko Widodo tanggal 24 Mei 2018 kemarin.

Bandara tersebut merupakan Bandara Internasional Jawa Barat yang disebut bandara udara internasional terbesar kedua di Indonesia, setelah Bandara Seokarno Hatta. Keren!

Seperti dilansir liputan6.com, (24 Mei 2018), Bandara Kertajati ini termasuk terbesar kedua di Indonesia setelah Bandara Soekarno Hatta. Bandara Kertajati bisa menampung kurang lebih 5,6 juta penumpang pada tahap pertama.

Bandara Kertajati dibangun di atas lahan seluas 1.800 ha dan memiliki landas atau pacu runway berukuran 2.500 x 60 meter dan akan diperpanjang menjadi 3.000 x 60 meter.

Bandara Kertajati ini akan melayani 5 rute penerbangan ke Kota Denpasar, Surabaya, Ujung Pandang dan Balik Papan. Dengan jumlah penduduk Jawa Barat yang mencapai 46 juta orang, potensi bandara ini sangatlah besar. Hal itu disampaikan Kadishub Provinsi Jawa Barat, Dedi Taufik.

Pilihan Editor



Penerbangan komersil ini akan dimulai pada tanggal 8 Juni 2018 mendatang, lho, Takaiters. Selain melayani pemudik lebaran di bulan Juni, Bandara Kertajati pun di persiapkan untuk melayani para jemaah haji di bulan Juli 2018.

Selain terkoneksi dengan jalan tol Cipali, nantinya akan ada rute kereta api ke arah Bandara Kertajati. Kereta api dari Stasiun Gambir ke Bandara Kertajati ditempuh selama 2 jam perjalanan. Rute kereta melalui Bekasi Timur, Cikarang, Karawang dan Cikampek.

Menurut Dirjen Udara Kementerian Perhubungan, Agus Santoso, saat ini juga tengah dibangun jalan tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu). Dengan ada tol ini, Bandara Husein Sastranegara di Bandung akan terintegrasi dengan Bandara Kertajati. Tol ini diharapkan rampung pada akhir 2018.

Oleh karena itu, dengan adanya Bandara Kertajati ini diharapkan menjadi alternatif baru warga Jawa Barat. Dan tentunya dengan keberadaan Bandara Kertajati di Majalengka ini bisa bikin kamu bangga, kan ya?

Gimana Takaiters, kira-kira bakal tertarik  enggak buat mencoba rute penerbangan di Bandara Kertajati, Majalengka, Bandara udara  internasional kedua terbesar di Indonesia?