Halo, Takaiters!

Liburan sudah dekat, apakah kamu  sudah punya rencana bagaimana cara menghabiskan waktu bersama keluarga? Liburan merupakan waktu yang menyenangkan karena pada saat inilah keluarga bisa bebas berkumpul dan meluangkan waktu bersama. Kamu bisa mudik atau bahkan pergi melancong keluar negeri.  Namun, bagaimana jika kamu tidak memungkinkan untuk melakukan perjalan jauh karena waktu atau budget terbatas?
Jangan khawatir Takaiters, kamu bisa mencoba 7 tips liburan murah-meriah ini, yang tidak kalah menariknya dengan mudik atau bahkan melancong keluar negeri:

1. Berkumpul Bersama Keluarga dan Bernostalgia

Foto: sutterstock.com

Takaiters, jangan sedih apabila waktu liburan kamu singkat dan tidak memungkinkan untuk melakukan perjalanan. Kamu bisa membuat rencana untuk berkumpul bersama keluarga besar dan bernostalgia, seperti merencanakan acara masak-memasak di halaman rumah. Kamu juga bisa melanjutkan dengan acara permainan seru, seperti bermain kartu, monopoli, atau karaoke bersama. Seru dan berkesan, bukan?

2. Piknik Bersama ke Pantai atau Taman Kota

Foto: tandaseru.id

Liburan yang tidak kalah menarik dan seru adalah piknik, Guys. Kamu bisa memilih pantai jika tempat tinggalmu tidak jauh dari pantai, tetapi jika tidak ada pantai, kamu bisa memilih taman kota untuk tempat berpiknik. Bawalah tikar, makanan, minuman juga camilan yang kamu sukai. Jangan lupa membawa gitar atau alat musik praktis lainnya. Kebersamaan akan lebih terasa dengan tertawa dan bernyanyi bersama, selain alat musik kamu juga bisa membawa bola, seru banget, kan? Senangnya dapat, sehatpun dapat.

3. Berkemah

Foto: creativeparentingways.blogsopt.com

Tidak ada salahnya mencoba kegiatan baru yang tidak biasa karena selain mengasyikkan, berkemah menantang kamu keluar dari zona nyaman. Kamu yang biasanya tidur di rumah saja, saat berkemah, kamu bisa merasakan tidur di alam terbuka. Jangan lupa untuk melengkapinya dengan acara api unggun dan permainan, ya, Takaiters!

4. Reuni Bersama Teman

Foto: riversideproperties.com

Berani mencoba kegiatan yang lagi tren, Takaiter? Kegiatan ini tujuannya mempertemukan kembali kamu dengan teman-teman yang sudah lama berpisah, baik teman sekolah ataupun teman kerja. Hubungi teman-teman lama kamu dan tentukan acara dan tempat berkumpul sebelum waktu reuni tiba, supaya pertemuan kamu terencana dengan baik dan berkesan. Kamu bisa belajar merencanakan dan mengorganiser acara dengan baik.

5. Mengunjungi Orang Tua atau Keluarga yang Tinggal di Kota yang Sama

Foto: familysearch.com

Kegiatan ini merupakan pilihan yang bagus karena di zaman sekarang, semua orang sibuk dengan urusannya sendiri-sendiri, sehingga walapun tinggal di kota yang sama bukan jaminan bisa sering bertemu. Jadi, kamu memanfaatkan waktu liburan untuk menjalin kembali tali persaudaraan. Jangan lupa membawa buah tangan seperti buah-buahan atau kue buatan sendiri.

6. Mengunjungi Museum dan Situs Bersejarah

Foto: tempatnongkrongasyik.com

Takaiters, mungkin mengunjungi museum bukan kegiatan yang biasa buat kamu, tapi tidak ada salahnya, lo, kamu coba. Pergi ke museum bermanfaat untuk merangsang rasa ingin tahu dan kamu bisa belajar hal baru tentang sejarah dan budaya Indonesia, begitu pula dengan situs bersejarah, kamu pasti akan penasaran dan berusaha mencari lebih banyak informasi setelah kunjungan ini.

7. Jalan-Jalan ke Perpustakaan Umum atau Toko Buku

Foto: genpi.co

Berkunjung ke  tempat ini sangat menyenangkan dan bermanfaat. Membaca dapat menumbuhkan minat kamu terhadap pengetahuan dan meningkatkan kecerdasan. Kamu juga bisa mengalihkan perhatian anak-anak dari kegiatan rutin bermain gadget, lo. Sangat bermanfaat, kan? meminjam dan membeli buku merupakan langkah awal memuaskan rasa ingin tahu kamu, Guys.

Takaiters, jangan ragu mencoba salah satu tips liburan di atas dengan hati riang gembira, sehingga liburan yang singkat atau tidak sesuai rencana akan menjadi sangat menyenangkan. Setelah itu, kamu pasti akan ketagihan untuk mencoba tips lainnya atau bahkan berkreasi menciptakan acara liburan sendiri yang kreatif dan berkesan. So, Selamat berlibur, Takaiters! Buatlah liburan kamu luar biasa dan tidak terlupakan walaupun waktu dan budget terbatas. Semangat!