Halo, Takaiters!

Bulan Desember identik dengan musim libur panjang. Anak sekolah biasanya libur karena telah menyelesaikan masa studi pada semester gasal dan ditandai dengan pembagian raport hasil studi. Bagi karyawan biasanya libur mulai cuti bersama Natal dan Tahun Baru sehingga biasanya dimanfaatkan untuk sekalian menghabiskan jatah cuti tahunan.

Namun, tak semua orang bisa menikmati liburan mengingat biaya besar yang harus dikeluarkan. Biasanya pada saat seperti ini tarif transportasi dan juga penginapan harganya melejit, sehingga dibutuhkan trik husus untuk bisa menikmati liburan bersama keluarga.

Berikut beberapaa trik yang bisa kamu coba, Guys.

1. Tentukan Jenis Kegiatan

Foto: pexels.com

Sebelum memulai liburan tidak ada salahnya kamu diskusiakan bersama keluarga tentang kegiatan liburan yang akan kamu jalani. Misalnya untuk liburan kali ini kamu memilih mengunjungi obyek wisata alam.

2. Siapkan Transportasi

Foto: pexels.com

Apabila liburan yang kamu  jalani memerlukan alat transportasi umum misal, pesawat, kereta, atau kapal, usahakan membeli tiket sebelum hari keberangkatan, kamu bisa browsing jauh hari sehingga bisa dapat tiket murah. Bila menggunakan kendaraan pribadi usahakan sudah dicek dahulu kondisinya sehingga tidak ada gangguan saat diperjalanan.

3. Tentukan dengan Siapa Saja

Foto: smartlifebites.com

Saat hendak berlibur kadang kita memilih untuk pergi bersama keluarga kecil atau keluarga besar. Tentu ini akan berpengaruh terhadap budget pengeluaran. Bisa jadi pergi dengan keluarga besar bisa menjadi berhemat karena biaya ditanggung bersama atau juga bisa dengan pembagian tanggung jawab terhadap keperluan selama liburan.

4. Tentukan Rute

Foto: pexels.com

Setelah tahu tempat tujuan dan dengan siapa saja akan pergi maka yang perlu disiapkan adalah rute yang akan dilalui. Bisa jadi pada rute yang kita lalui ada saudara atau teman yang bisa dijadikan tempat persinggahan atau tempat menginap. Dengan begitu selain mengurangi biaya penginapan ada keuntungan lain yaitu menyambung tali silaturrahim.

5. Siapkan Uang Sesuai Budget

Foto: pexels.com

Siapkan keuangan sesuai budget yang sudah dihitung. Meskipun nanti diperjalanan kebetulan kamu menginap tempat kerabat atau teman sehingga tidak perlu keluar uang untuk penginapan, tetapi lebih baik menyiapakan sesuai rencana awal.

6. Menyiapkan Bekal

Foto: pinterest.com

Salah satu hal penting yang juga perlu diperhatikan adalah makanan. Saat diperjalanan salah satu cara berhemat pengeluaran adalah dengan membawa bekal dari rumah. Mungkin kalau tidak perlu menginap bisa membawa bekal baik makanan kering maupun basah. Namun, bagaiman jika perjalanan liburan memakan waktu beberapa hari ini bisa disiasati dengan membawa bekal makanan kering sehingga kita hanya membeli makan berat saja.

7. Persiapkan Obat-obatan P3K

Foto: parenting.firstcry.com

Harapannya selama perjalanan semua anggota keluarga dalam keadaan sehat sampai liburan selesai, tetapi tidak salah juga mempersiapkan kotak P3K untuk kondisi darurat.

Demikian trik yang bisa dijadikan panduan pada saat liburan. Tips ini sudah penulis buktikan selama beberapa kali musim liburan. Selain berhemat juga ada manfaat dari silaturrahim, selamat mencoba Takaiters.