Halo, Takaiters!

Ramadan adalah bulan yang selalu dinanti oleh kaum muslim. Di dalamnya bertabur pahala dan keistimewaan yang tidak dapat kamu peroleh di bulan-bulan lainnya. Kita akan menjalankan ibadah puasa sekitar satu minggu lagi. Seharian Kita masih harus menahan lapar dan panasnya cuaca di bulan Ramadan yang selalu menjadi tantangan tersendiri bagi kaum muslim dalam mengoptimalkan ibadah.

Beruntung sekali, ya, Guys, kalau kamu mampu menjalani aktivitas di bulan Ramadan dalam keadaan sehat karena kamu dapat beribadah lebih maksimal.

Berikut ini ada beberapa tips yang membuat kamu tetap bugar di bulan Ramadan.

1. Pastikan Tubuh Mendapatkan Asupan Cairan yang Cukup

Foto: brotherfarma.blogspot.com

Selama bulan Ramadan, tubuh memerlukan 40 ml air/ kg berat badan. Itu artinya, kebutuhan air sebanyak 2 ( dua ) liter atau 8 (delapan) gelas sehari untuk 50 kg berat badan.
Untuk mengatasi rasa haus saat berpuasa kamu harus pintar menyiasati kecukupan asupan cairan. Terlalu banyak minum air saat berbuka atau sahur membuat kamu kurang nyaman saat beraktivitas.

Berikut ini tips memenuhi kebutuhan air selama bulan Ramadan:
– Satu gelas setelah bangun tidur
– Satu gelas selepas sahur.
– Satu gelas setelah azan magrib.
– Satu gelas setelah salat magrib.
– Satu gelas setelah makan malam.
– Satu gelas setelah salat isya.
– Satu gelas setelah salat tarawih.
– Satu gelas sebelum tidur.

Ingat, ya, Guys, kekurangan asupan cairan akan mempengaruhi stamina dan ketahanan tubuh melawan berbagai penyakit. Jika kamu merasakan sulit bernapas, jantung berdebar,dan pusing yang tidak hilang, kamu sebaiknya mencari bantuan medis. Waspadai dehidrasi.

2. Sahur Bergizi

Foto; bbc.com

Makan sahur amat penting untuk kebugaran tubuh kamu selama berpuasa. Nabi Muhammad SAW pernah bersabda, “Makan sahurlah kalian karena dalam makan sahur terdapat keberkahan.” (HR. Bukhari no. 1923 dan Muslim no. 1095).

Di riwayat yang lain disebutkan, Nabi saw. berkata ; “Makan sahur adalah makan penuh berkah. Janganlah kalian meninggalkannya walau dengan seteguk air karena Allah SWT dan malaikat-Nya bershalawat kepada orang yang makan sahur.” (HR. Ahmad 3: 44. Syaikh Syu’aib Al Arnauth mengatakan bahwa hadits ini shahih lighoirihi).

Kenapa Nabi Muhammmad SAW menyatakan bahwa di makan sahur ada keberkahan?
Ternyata, Guys, banyak manfaat yang dapat kamu dapatkan kalau kamu makan sahur. Anjuran ini sangat bermanfaat sekali untuk pemenuhan nutrisi selama berpuasa. Oleh karena itu, sahur yang bergizi tidak asal makan, Guys, tetapi harus mengkonsumsi makanan menjadi sumber energi yang dibutuhkan kamu dalam beraktivitas, seperti makanan karbohidrat kompleks, kaya protein, dan tinggi serat, jangan lupa minum yang cukup untuk mengurangi rasa haus saat berpuasa.

3. Perbanyak Sayur dan Buah

Foto: pexels.com

Konsumsi minimal 7 porsi sayur dan buah-buahan setiap hari. Di dalam sayur dan buah-buahan terkandung serat terbilang tinggi. Ini baik untuk yang berpuasa karena makanan yang tinggi serat akan lama diproses didalam perut sehingga lebih tahan lapar.

4. Buka Puasa Segera Setelah Azan Berkumandang

Foto: picdeer.com

Guys, sebaiknya ketika sore hari menjelang azan maghrib kamu tidak melakukan aktivitas yang membuat kamu tidak menyegerakan berbuka puasa. Ada baiknya, kamu menyibukkan diri membaca Al Quran, berzikir dan berdoa.

Ada sebuah hadis yang diriwayatkan dari Sahl bin Sa’ad ra, bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Manusia senantiasa berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan waktu berbuka.” (Hadits riwayat muttafaqun ‘alaih).
Rasulullah saw. menganjurkan berbuka puasa secara perlahan, diawali dengan makan 3 (tiga) buah kurma, air putih serta tidak berlebihan dalam makan dan minum. Rasa kurma yang manis dapat memulihkan energi setelah seharian berpuasa. Kurma dapat dimakan langsung atau dibuat jus.

Jus kurma, selain dapat menghilangkan dahaga juga memiliki kandungan zat besi yang tinggi, vitamin dan mineral penting lainnya.
Takaiters, apapun jenis makanan yang kamu makan saat berbuka pada prinsipnya boleh saja.
Sebaiknya, makanan itu harus cepat mengembalikan energi dan cairan yang hilang selama berpuasa serta tidak memberatkan pencernaan.

5. Olahraga yang Cukup

Foto: instahub.com

Meskipun kamu puasa, tubuh harus tetap bugar dengan cara berolahraga ringan dan durasi yang tidak lama. Kamu dapat melakukan aktivitas fisik minimal selama 30 menit setiap hari. Sebaiknya dikerjakan 1,5 jam sampai 2 jam sebelum berbuka puasa atau 3 jam setelah berbuka puasa. Lakukan olahraga intensitas ringan sampai sedang seperti berjalan kaki, jogging, dan bersepeda. Jangan lupa, konsumsi makanan yang kaya protein, bergizi, minum yang cukup, dan istirahat yang cukup . Hentikan olahraga jika kamu merasakan pusing, mual, sesak napas, atau nyeri dada.

6. Hindari Kafein

Foto: cnn.com

Selama berpuasa, ada baiknya, kamu mengurangi asupan minuman mengandung kafein. Minuman berkafein seperti kopi, teh, dan minuman berenergi dapat membuat tubuh kehilangan cairan dan meningkatkan rasa haus.

7. Hindari Makanan Tidak Sehat

Foto: bangka.tribunnews.com

Makanan tidak sehat pasti tidak baik untuk kesehatan tubuh namun terkadang disukai banyak orang. Supaya badan kamu tetap bugar selama bulan Ramadan sebaiknya kamu kurangi makanan manis, gorengan, garam, dan junk food. Kentang goreng diganti dengan kentang panggang. Konsumsi sereal manis pun kurang baik, kamu dapat mencoba penggantinya dengan memakan oatmeal. Bagi pencinta telur goreng, ga ada salahnya, kan, kalau dimasak dengan cara direbus. Begitu pun, kamu yang suka dengan rasa garam disetiap masakan, dapat diakali menggantinya dengan bumbu alami.

Demikian, Guys, beberapa tips kamu tetap bugar di bulan Ramadan. Semoga selama puasa kamu tetap sehat dan bugar dapat beribadah secara optimal di bulan penuh berkah ini.